11 Strategi Mempromosikan Konten Blog Anda yang Paling Efektif

11 Strategi Mempromosikan Konten Blog yang Paling Efektif, Cek No 2!

Strategi Mempromosikan Konten Blog yang Paling Efektif

Strategi mempromosikan konten blog sangat penting dilakukan. Tujuannya agar lebih banyak pembaca atau menambah pengunjung pada situs Anda. Mungkin saat ini ada yang belum mengetahui cara untuk mempromosikan blog agar banyak dikunjungi pembaca.

Inilah Strategi Mempromosikan Konten Blog yang Paling Efektif

Ada beberapa strategi penting yang dapat Anda coba gunakan. Berikut ini adalah strategi mempromosikan konten blog yang paling efektif.

1. Menyiapkan “Umpan” Sebelum Konten Diterbitkan

Sebelum menerbitkan sebuah konten di blog, Anda harus memikirkan strategi untuk mempromosikan konten tersebut. Pilihlah topik yang bersifat mendesak (urgent) sehingga pembaca menganggap bahwa konten tersebut harus segera dibaca.

Buatlah konten blog yang mengandung beberapa unsur yaitu kredibel, praktis, dan emosional agar menarik pembaca. Jika ketiga unsur tersebut diterapkan dalam konten Anda, maka memungkinkan pengunjung blog akan meningkat.

2. Membuat Email List

Mempromosikan konten blog menggunakan email list dapat mendatangkan pengunjung lebih mudah. Kirimkan setiap konten baru Anda melalui email list. Dengan menggunakan email list, Anda sudah mempunyai sumber traffic yang selalu ada untuk menerima konten baru yang dibuat.

3. Pasang Link ke Blog-blog Lain dari Artikel Anda

Strategi yang paling mudah untuk mempromosikan konten di blog yaitu dengan mencantumkan link ke artikel-artikel lain yang Anda buat. Usahakan mencantumkan artikel yang relevan dengan yang lain agar pembaca dapat langsung mengunjungi artikel tersebut setelah konten sebelumnya.

4. Gabung di Grup Facebook yang Populer

Anda dapat mempromosikan konten blog di grup Facebook. Jika sudah bergabung dengan grup Facebook yang sesuai dengan niche Anda, share link artikel yang ingin dipromosikan di grup tersebut.

Semakin banyak bergabung dengan grup, memungkinkan untuk meningkatkan pembaca pada blog Anda. Meskipun demikian, patuhi semua aturan yang ada di grub tersebut agar tidak di-blacklist oleh admin grup.

5. Bagikan Konten Blog di Media Sosial Lain

Selain menggunakan Facebook, Anda juga dapat mempromosikan konten blog di media sosial lainnya seperti WhatsApp, Instagram, Twitter, dan yang lainnya. Pasanglah link pada media sosial agar memudahkan pengunjung menemukan konten di blog Anda.

6. Guest Blogging di Situs Lain

Strategi mempromosikan konten blog yang paling efektif juga dapat dilakukan dengan cara guest blogging. Guest blogging merupakan suatu strategi yang digunakan untuk meningkatkan popularitas dari sebuah konten blog dengan cara menulis konten di situs lain.

Carilah situs yang mempunyai domain authority yang baik untuk menulis artikel. Sebelum menjadi guest blogging, pahami aturan-aturan yang ada di situs tersebut. Jadilah guest blogging pada situs yang dapat meningkatkan brand dan traffic pada konten blog Anda.

7. Publish di Berbagai Situs Populer

Cara lain untuk mempromosikan konten blog yaitu dengan mempublishnya di situs yang populer. Apabila konten Anda berupa artikel, ubahlah dahulu sesuai dengan kriteria dan ketentuan dari situs tersebut.

Beberapa situs yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan konten yaitu SlideShare, Youtube, Kompasiana, Scribd, dan sebagainya. Beberapa situs tersebut akan mudah untuk mendapatkan rangking di Google dibandingkan dengan website baru.

8. Gunakan Tools yang Memudahkan Promosi Konten

Anda dapat mempermudah strategi mempromosikan konten blog dengan menggunakan tools untuk mempersingkat waktu. Pilih tools yang dapat membantu Anda dalam mempromosikan konten. Jangan memilih tools yang bersifat spam untuk mempromosikan konten Anda.

Beberapa tools yang dapat digunakan untuk mempromosikan konten blog anda diantaranya Buffer, Gmass, Ahrefs. Selain tool-tool tersebut, terdapat beberapa alternatif lain seperti Hootsuite, PostPlanner, BuzzStream, ContentMarketer.io, BuzzSumo, dan sejenisnya.

9. Gunakan Kata-Kata yang Persuasif

Perlu Anda ketahui bahwa sebelum benar-benar terjun ke Facebook, tentu ada hal yang harus diketahui serta dipelajari terlebih dahulu. Strateginya dengan memilih kata-kata yang tepat saat mempromosikan konten blog. Tujuannya agar setiap promosi yang dilakukan lancar dan tidak sia-sia. Pastikan untuk menggunakan kata-kata atau kalimat yang persuasif.

Kata-kata persuasif adalah bentuk kalimat yang secara tidak langsung mengajak seseorang sehingga mengikuti apa yang tertulis dalam tulisan tersebut. Anda perlu mengajak, namun secara tidak langsung. Hal ini berarti tidak memaksa seseorang saat berpromosi. Sebaiknya biarkan calon pengunjung blog mendapatkan kebebasan.

10. Tag Teman-Teman Anda

Strategi mempromosikan konten blog lainnya dengan tag teman-teman Anda. Terkadang saat share artikel, hanya sedikit orang yang menyadari adanya promosi tersebut. Pada akhirnya promosi tersebut tidak sampai ke banyak orang, termasuk teman facebook yang sering aktif. Oleh karena itu, Anda dapat menge-tag teman-teman tersebut. Selain itu, juga dapat menambahkan teman, ini adalah salah satu fitur facebook yang perlu dimanfaatkan.

Sehingga akan banyak teman yang memperoleh notifikasi, kemudian penasaran dan melihat tag dari Anda. Tentu saja besar kemungkinan share artikel blog akan muncul di kronologi teman Anda. Dengan begitu, akan memperbesar kesempatan lapak promosi blog dengan menggunakan facebook.

11. Blog Walking

Blog walking adalah teknik klasik paling mudah yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan dan mempopulerkan konten blog. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan traffic. Memang benar aktivitas ini dapat berpotensi untuk mendongkrak trafik atau dapat meningkatkan pengunjung ke blog Anda. Namun pastikan Anda harus mengetahui tekniknya terlebih dahulu.

Caranya, Anda perlu melakukan blog walking dengan benar. Pastikan untuk mencari blog-blog populer, namun yang memiliki topik yang sama dengan artikel yang Anda bahas. Tentunya yang sudah memiliki banyak pembaca setia. Setelah itu, berkomentarlah secara cerdas dengan komentar relevan dan informatif pada blog yang dikunjungi. Komentar cerdas akan membuat pengunjung lainnya mengunjungi blog Anda termasuk pemilik blog yang bersangkutan, meskipun tanpa Anda minta.

Itulah beberapa strategi untuk mempromosikan konten blog paling efektif yang bisa Anda coba. Dengan adanya promosi, kegiatan tersebut akan meningkatkan pengunjung pada konten blog sekaligus meningkatkan popularitas blog.

2 comments

  1. Kalau saya palingan cuma promosi di Facebook kemudian screenshot tulisan terbaru lalu jadikan story di WhatsApp.

  2. Wah promosi lewat Whatsapp juga ya, saya cuman Facebook, Twitter.

Leave a Reply

Your email address will not be published.