Cara Mudah Menonaktifkan Pemberitahuan Facebook di Android
pexels.com

Cara Mudah Menonaktifkan Pemberitahuan Facebook di Android

Menonaktifkan pemberitahuan Facebook sering dilakukan beberapa orang yang mungkin merasa terganggu dan risih dengan notifikasi tidak penting. Seringkali notifikasi aplikasi Facebook tersebut memang tidak penting dan tidak dibutuhkan sama sekali.

Cara Mudah Menonaktifkan Pemberitahuan Facebook di Android

Ada berbagai macam notifikasi yang Anda dapat dari facebook, di antaranya notifikasi komentar, tanda, pengingat, aktivitas lainnya tentang anda, pembaruan dari teman, permintaan pertemanan, orang yang mungkin anda kenal, ulang tahun, grup, video, acara, halaman yang anda kelola, halaman yang anda ikuti, penggalangan dana dan krisis, dan pemberitahuan lainnya.

Penjelasan Lengkap Notifikasi Facebook

  • Komentar : notifikasi untuk komentar di postingan dan balasan untuk komentar Anda.
  • Tanda : notifikasi saat seseorang menandai Anda dalam komentar, postingan, atau cerita.
  • Pengingat : notifikasi untuk mengingatkan tentang update yang mungkin Anda lewatkan.
  • Aktivitas Lainnya Tentang Anda : notifikasi untuk postingan ke linimasa Anda, Suka, dan Tanggapan lain pada postingan Anda, dan lainnya.
  • Pembaruan dari Teman : notifikasi tentang aktivitas teman, seperti saat mereka memperbarui status atau membagikan foto.
  • Permintaan Pertemanan : notifikasi ketika seseorang mengirimi Anda permintaan pertemanan atau menerima permintaan pertemanan.
  • Orang yang Mungkin Anda Kenal : notifikasi tentang saran Orang yang Mungkin Anda Kenal.
  • Ulang Tahun : notifikasi tentang ulang tahun teman Anda.
  • Grup : notifikasi tentang aktivitas di Grup yang Anda ikuti.
  • Video : notifikasi saat orang atau Halaman yang Anda ikuti menyiarkan video siaran langsung.
  • Acara : tentang acara.
  • Halaman yang Diikuti : notifikasi tentang aktivitas di Halaman yang Anda ikuti.
  • Marketplace : notifikasi tentang tawaran Marketplace yang Anda ikuti atau mungkin Anda minati.
  • Penggalangan Dana dan Krisis : notifikasi saat teman menandai diri sebagai selamat atau meminta bantuan saat krisis, update jika Anda sudah mendaftar untuk mendonorkan darah di dekat Anda, dan penggalangan dana yang dibuat oleh Anda atau teman Anda.
  • Pemberitahuan Lainnya : notifikasi untuk permintaan aplikasi atau game, breaking news, restoran yang mungkin ada di dekat Anda, promo yang sudah habis waktu, dan masih banyak lagi.

Sangat banyak sekali bukan notifikasi yang Anda terima dari aplikasi facebook, untuk itu jika Anda ingin mematikan notifikasi facebook tersebut, Anda bisa mengikuti cara berikut ini.

Cara Mudah Menonaktifkan Pemberitahuan Facebook di Android

  1. Tekan tombol Menu ☰
  2. Geser ke bawah ke Pengaturan dan Privasi, masuk ke Pengaturan.
  3. Geser ke bawah ke Notifikasi, masuk ke Pengaturan Notifikasi.
  4. Di sana, Anda akan melihat berbagai kategori notifikasi.
  5. Masuk ke tiap kategori untuk mengaturnya. Biasanya ada pilihan utama untuk mematikan, dan 3 pilihan sarana notifikasi (push, email, dan sms).
  6. Untuk grup, Anda harus masuk ke setelan masing-masing grup di bawah setelan utama dan mengaturnya. Selesai.

Manfaat Menonaktifkan Pemberitahuan Facebook Android

Pada dasarnya, ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan apabila menonaktifkan pemberitahuan Facebook di Android. Apa saja manfaat tersebut? Anda bisa simak ulasan di bawah ini.

Hemat Baterai

Salah satu manfaat yang akan Anda dapatkan yaitu bisa menghemat baterai ponsel. Tak bisa dipungkiri bahwa adanya notifikasi membuat kita lebih sering mengoperasikan HP dan membuka aplikasi Facebook. Apabila notifikasi terus berdatangan, maka Anda tak akan lepas dari ponsel. Hal ini jelas memakan daya ponsel.

Berbeda halnya jika Anda menonaktifkan pemberitahuan Facebook, tentu Anda tak harus membuka ponsel. Anda hanya akan membuka Facebook di waktu luang saja, bukan sengaja meluangkan waktu. Secara tak langsung, Anda bisa lebih produktif untuk menjalankan beragam rutinitas harian. Lebih bermanfaat bukan?

Tidak Ketinggalan Informasi Meski Mematikan Pemberitahuan

Saat Anda menonaktifkan pemberitahuan Facebook, tak perlu khawatir akan ketinggalan informasi. Hal ini dikarenakan Anda tetap bisa mengecek informasinya saat membuka Facebook. Bahkan saat waktu luang, Anda bisa lebih aktif dalam memainkan sosial media tersebut. Hal ini akan membuat waktu Anda lebih berkualitas.

Terhindar dari Toksik Notifikasi

Perlu untuk Anda sadari, notifikasi bisa menjadikan toksik. Seakan hari-hari Anda hanya tertuju pada notifikasi Facebook yang muncul di smartphone Android. Saat tak ada notifikasi, Anda tetap setia menunggu hp. Begitupun saat terdengar notifikasi. Anda akan langsung membuka HP dan mengeceknya. Jangan sampai Anda jadi pecandu notifikasi.

Bisa Lebih Aktif di Dunia Nyata

Notifikasi seakan membuat Anda selalu ada di dunia maya. Bahkan lambat laun kebiasaan tersebut membuat Anda lupa dengan hak dan kewajiban yang harus dilakukan setiap harinya. Maka dari itu, dengan Anda menonaktifkan pemberitahuan Facebook, jelas bisa lebih aktif beraktivitas di dunia nyata.

Anda memang boleh bermain sosial media, seperti Facebook. Hanya saja, lakukan hal tersebut secukupnya. Jangan berlebihan karena tak baik, mulai dari segi kesehatan maupun psikologis. Berlebihan bermain sosial media akan membuang waktu berharga Anda. Gunakan sosial media secara bijak dengan menonaktifkan pemberitahuan Facebook.