Cara Zoom Layar Laptop Lebih Mudah dan Praktis, Ini Tipsnya!
unsplash.com

Cara Zoom Layar Laptop Lebih Mudah dan Praktis, Ini Tipsnya!

Cara zoom layar laptop sebenarnya cukup mudah. Jika Anda belum tahu caranya, maka bisa menyimak uraian ini sampai selesai ya. Karena saat ini untuk memperbesar layar alias zoom di laptop atau PC bisa Anda lakukan secara mudah tanpa harus menggunakan software.

Khususnya pada perangkat Windows, maka cara zoom layar laptop bisa memanfaatkan fitur yang sudah tersedia dalam sistem operasi tersebut. Windows sendiri memang memiliki fitur khusus untuk melakukan zoom alias memperbesar pada layar secara mudah.

Sehingga dengan demikian memungkinkan objek yang terlihat kecil bisa langsung diperjelas tanpa harus mendekatkan mata ke bagian layar. Biasanya fitur ini juga sering digunakan oleh orang-orang untuk membuat tutorial komputer terutama dalam bentuk video.

Meski demikian, ternyata masih ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memperbesar ukuran layar laptop. Nah dengan mengetahui beberapa cara zoom layar laptop seperti itu, maka Anda bebas untuk memilih mana yang sekiranya itu mudah Anda lakukan.

Cara Zoom Layar Laptop Lebih Mudah dan Praktis, Ini Tipsnya!
unsplash.com

Simak Sejumlah Cara Zoom Layar Laptop yang Paling Mudah

Perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini begitu pesat dan maju. Sehingga tak heran mampu menjadikan banyak orang untuk bisa berinteraksi dengan orang lain secara mudah.

Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini yang membuat banyak orang sering menghabiskan waktunya dari rumah. Berbagai macam kegiatan termasuk bekerja pun sudah banyak dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan bantuan laptop.

Sayangnya tiap pengguna juga sering mengeluhkan ada kendala yang muncul, misalnya seperti layar laptop yang tiba-tiba mengecil. Tentunya hal seperti ini sangat menyebalkan, terlebih lagi saat kita sedang sibuk-sibuknya mengerjakan tugas atau pekerjaan penting.

Jika Anda mengalaminya, maka jangan langsung panik dan khawatir, sebab ada banyak solusi yang bisa Anda lakukan sendiri. Nah, berikut ini ada beberapa trik mudah yang bisa Anda lakukan untuk memperbesar layar laptop atau zoom secara efektif. Berikut beberapa cara zoom layar laptop yang mudah.

Menggunakan Magnifier

Cara zoom layar laptop untuk langkah pertama adalah bisa menggunakan Windows Magnifier, seperti pembahasan sebelumnya tadi. Jadi Windows Magnifier ini merupakan aplikasi kaca pembesar layar yang bisa Anda gunakan dan manfaatkan.

Ini merupakan sebuah fitur yang telah tersedia pada beberapa perangkat dengan sistem operasi seperti Windows 7 sampai Windows 10. Langkah yang harus Anda tempuh juga tergolong sangat mudah, cukup tekan lalu tahan tombol Windows dan (+) secara bersamaan.

Pasalnya kedua tombol ini mampu memperbesar tampilan layar laptop Anda secara mudah dan simpel. Khusus bagi pengguna Windows 7, maka bisa mengetikan “Magnifier” pada bagian tab pencarian.

Untuk pengguna Windows 8 dan 10 maka bisa menggunakan mouse dengan cara klik Settings, Ease of Access, Magnifier lalu Turn on Magnifier. Jika sudah kemudian klik tanda (+) untuk memperbesar layar dan tanda (-) untuk mengecilkan tampilan layar laptop. Mudah bukan?

Menggunakan Shortcut

Cara zoom layar laptop dengan Shortcut ini merupakan salah satu trik yang paling cepat untuk memudahkan zoom layar. Tergolong sangat mudah karena Anda cukup menerapkan Shortcut ini dengan kombinasi tombol pada bagian keyboard laptop.

Bahkan dengan menggunakan kombinasi tombol seperti ini jauh lebih praktis dan mudah daripada menggunakan mouse. Nah untuk memperbesar Anda bisa klik tombol Win + (+) dan untuk memperkecil adalah klik tombol Win + (-) saja.

Nah, sebagai instruksi tambahan lagi, maka Anda hanya cukup menekan tombol Windows sembari menekan tombol Plus bila ingin memperbesar. Sementara itu bila Anda ingin mengecilkan layar agar kembali seperti semula, caranya adalah dengan menekan Windows sambil tekan tombol Minus.

Menariknya lagi, metode yang satu ini juga cocok Anda gunakan ketika hendak merekam video maupun live stream sekaligus secara mudah. Dari sini maka Anda harus me-minimize dahulu dialog kecil dari fitur Magnifier lalu gunakan Shortcut ketika akan melakukan zoom layar.

Memperbesar Tampilan Jendela

Cara zoom layar laptop atau memperbesar layar bisa Anda lakukan dengan memperbesar tampilan jendela. Nah, untuk cara ini biasanya sering digunakan untuk melihat satu per satu objek yang cukup kecil. Lantas bagaimana caranya?

Sebagai langkah pertama Anda bisa membuka halaman web maupun file yang ingin Anda perbesar. Cara ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan opsi atau tombol pintasan yang ada pada keyboard maupun dengan mouse.

Selanjutnya tekan dan tahan tombol Ctrl + (+) untuk memudahkan dalam memperbesar layar laptop. Anda juga bisa menekan lalu menahan tombol ini selama mungkin sampai mencapai ukuran yang Anda inginkan sendiri.

Namun jika Anda menggunakan mouse, maka bisa mengkombinasikan antara tombol Ctrl lalu gulirkan roda pada mouse ke atas. Sedangkan jika perangkat adalah layar sentuh, maka cukup menggerakkan jari ke arah yang berlawanan supaya tampilan bisa menjadi lebih besar. Mudah bukan?

Menggunakan Display Settings

Cara zoom layar laptop dengan metode ini juga tergolong mudah, sehingga bisa menjadi pilihan Anda selanjutnya. Karena melalui menu seperti ini, maka Anda bisa memilih persentase angka yang bisa disesuaikan dengan tampilan perangkat laptop.

Untuk langkah yang pertama, Anda bisa klik tombol kanan pada desktop lalu pilih opsi Display Settings dan klik. Bila sudah kemudian klik opsi 100% (recommended) yang letaknya berada pada bagian bawah menu Scale and Layout.

Atau mungkin Anda juga bisa mengklik 125% untuk tampilan yang lebih besar, lihat hasilnya lalu klik opsi OK. Apabila tampilan layar laptop masih kecil atau terlalu besar, maka cukup ganti lalu atur angkanya secara manual.

Caranya adalah dengan menekan menu Advanced Scaling Settings lalu masukkan angka yang Anda inginkan. Apabila sudah terakhir tinggal klik opsi Apple dan selesai. Bagaimana? Tergolong sangat mudah bukan?

Melalui Browser

Anda bisa juga memperbesar layar atau zoom layar laptop dengan cara melalui browser yang ada. Sehingga Anda bisa menggunakan browser yang ada pada perangkat laptop maupun komputer Anda.

Cara zoom layar laptop tergolong cukup mudah, Anda hanya perlu membuka browser yang ada di perangkat laptop tersebut. Bila sudah, kemudian klik atau pilih ikon titik tiga yang letaknya berada pada bagian pojok kanan atau di bawah tanda X.

Akan ada tanda (+) yang bisa Anda gunakan untuk memperbesar tampilan layar. Sedangkan untuk tanda (-) adalah untuk memperkecil tampilan layar laptop. Jadi apakah Anda akan memperbesar atau memperkecil ukuran layar, sesuaikan dengan keinginan masing-masing.

Sebagai informasi tambahan lain, bahwa saat ini juga sudah ada banyak orang yang sering melakukan zoom layar pada laptop mereka. Hanya saja tidak semua orang mengetahui bagaimana cara untuk melakukan zoom layar tersebut.

Bila Anda salah satunya maka jangan khawatir, sebab beberapa cara zoom layar laptop seperti tadi bisa langsung Anda praktekkan. Langkah-langkahnya pun juga tergolong sangat mudah, sehingga Anda tidak akan merasa kebingungan. Oleh karena itu bila akan melakukan zoom layar, gunakan beberapa metode mudah tersebut.

Check Also

9 Cara Mengurangi Kecerahan pada Laptop Agar Nyaman

9 Cara Mengurangi Kecerahan pada Laptop Agar Nyaman

Cara mengurangi kecerahan pada laptop penting dipahami. Pada dasarnya, tak sedikit pengguna yang belum tahu …