Cara Menyembunyikan Aplikasi
unsplash.com

Ini Dia 6 Cara Menyembunyikan Aplikasi di Ponsel, No 6 untuk iPhone

Cara menyembunyikan aplikasi di ponsel bisa menjadi solusi agar aplikasi yang Anda gunakan tidak bisa dibuka oleh sembarang orang. Ponsel adalah benda yang penting bagi pemiliknya dan bisa digunakan untuk melakukan berbagai hal. Karena itu tak heran jika berbagai macam aplikasi juga terpasang di dalamnya.

Mulai dari aplikasi chat hingga yang penting seperti berbagai aplikasi untuk melakukan transaksi perbankan dan lain sebagainya. Ponsel juga bukan hanya digunakan sebagai sarana berkomunikasi saja, namun juga untuk menyimpan data penting maupun data pribadi.

Cara Menyembunyikan Aplikasi
unsplash.com

Cara Menyembunyikan Aplikasi

Terkadang seseorang mungkin meminjam ponsel kita untuk keperluan tertentu. Namun tak jarang juga mereka malah membuka berbagai aplikasi lain yang kita gunakan seperti WhatsApp, galeri dan aplikasi lainnya. Hal tersebut tentunya sangat tidak nyaman bagi kita karena privasi yang dilanggar.

Tentunya Anda juga tidak suka jika privasi Anda seperti chat maupun foto dilihat oleh orang lain tanpa sepengetahuan Anda bukan? Karena itu penting untuk menjaga aplikasi-aplikasi penting agar tidak bisa diakses oleh orang lain. Salah satu caranya yaitu dengan menyembunyikan aplikasi. Dengan begitu maka tentunya aplikasi tidak bisa dibuka oleh orang lain selain diri Anda sendiri.

Cara menyembunyikan aplikasi ini juga memiliki berbagai manfaat penting lainnya. Misalnya yaitu mengurangi risiko kebocoran data pribadi dan juga membuat ponsel menjadi tidak bisa diakses sembarangan. Hal ini tentunya cukup berguna apalagi jika suatu saat ponsel Anda jatuh di tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga aplikasi-aplikasi penting yang terdapat dalam ponsel tidak bisa diakses sembarangan dan disalahgunakan.

Menyembunyikan aplikasi juga bisa dilakukan pada berbagai HP android maupun iPhone. Nah, jika Anda penasaran bagaimana cara menyembunyikannya, berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan:

1. Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Jika Anda menggunakan ponsel Samsung, berikut ini adalah cara  yang bisa Anda lakukan:

  • Pertama masuklah ke menu Home Screen pada ponsel Samsung Anda melalui menu Settings maupun dengan mencubit layar utama.
  • Kemudian klik ikon Settings atau Pengaturan yang berada di pojok kanan bawah.
  • Cara menyembunyikan aplikasi selanjutnya pilih opsi “Hide Apps atau Sembunyikan Aplikasi”.
  • Lalu tentukan dan pilih aplikasi apa saja yang ingin Anda sembunyikan. Jika sudah maka klik Done atau selesai maka aplikasi akan tersembunyi.

Jika Anda ingin mengembalikan agar aplikasi kembali muncul berikut ini adalah caranya:

  • Pertama cubit halaman utama pada ponsel Anda.
  • Klik ikon Setting atau pengaturan yang berada di pojok kanan bawah aplikasi.
  • Klik opsi Hide Apps atau Sembunyikan aplikasi lalu klik ikon strip yang tertera pada aplikasi yang ingin Anda munculkan kembali.
  • Jika sudah maka klik Done atau selesai maka aplikasi yang sebelumnya tersembunyi akan muncul kembali di Home Screen.

2. Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo

Vivo memiliki fitur bawaan untuk menyembunyikan aplikasi. Berikut ini adalah cara menyembunyikan aplikasi pada HP Vivo yang bisa Anda coba:

  • Untuk HP Vivo versi 9.0 ke atas caranya yaitu pertama buka menu pengaturan lalu pilih fingerprint, face and password. Kemudian pilih Privacy and app encryption dan masuklah ke menu Hide Apps. Pilihlah aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dengan cara menggeser toggle aplikasinya. Selesai, aplikasi tidak akan muncul pada layar utama dan tidak bisa dibuka orang lain.
  • Untuk HP Vivo versi 3.0 ke bawah caranya yaitu pertama ketuk ruang kosong di Home Screen untuk membuka Hide Icon lalu atur kata sandi privasi yang sama dengan kata sandi Hide Icon. Kemudian geser ikon aplikasi ke bawah untuk menyembunyikannya.
  • Untuk HP Vivo versi 2.6 ke bawah caranya yaitu tekan tombol Menu di sebelah kiri tombol Home lalu klik ikon Hide. Selanjutnya klik ikon aplikasi yang ingin Anda sembunyikan maka aplikasi tersebut akan hilang dari layar.

3. Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Realme yaitu:

  • Pertama buka menu settings atau pengaturan.
  • Kemudian buka menu Privasi atau Keamanan.
  • Setelah itu akan muncul berbagai menu lainnya maka cari menu Kunci Aplikasi. Saat hendak mengakses menu ini biasanya Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi privasi Anda.
  • Setelah memasukkan kata sandi maka layar akan menampilkan berbagai aplikasi yang terinstal dalam ponsel. Pilihlah aplikasi mana yang ingin Anda sembunyikan lalu klik tombol kunci yang berada di bawah layar.
  • Cara menyembunyikan aplikasi selanjutnya aktifkan opsi Sembunyikan Ikon Layar Depan maka aplikasi yang sudah Anda pilih sebelumnya tidak akan muncul dalam layar depan.
  • Setelah mengaktifkan opsi tersebut maka akan muncul pop up yang memberikan pilihan untuk menetapkan nomor akses atau tidak. Anda bisa memilih opsi menetapkan nomor akses dengan menekan opsi tetapkan nomor akses.
  • Kemudian ketikkan nomor akses yang Anda inginkan dengan memulai dan mengakhirinya dengan tanda pagar dan berisi 16 angka.
  • Setelah mengetikkan nomor maka klik tombol Selesai yang berada di pojok kanan atas layar untuk menyimpannya lalu klik Selesai untuk menyimpan pengaturan menyembunyikan aplikasi.

4. Menyembunyikan Aplikasi di HP OPPO

Selanjutnya untuk Anda yang menggunakan HP OPPO, berikut ini adalah cara menyembunyikan aplikasi yang bisa Anda ikuti:

  • Pertama buka menu pengaturan dan pilihlah menu Keamanan kemudian buka fitur Enkripsi Aplikasi.
  • Buatlah sebuah kode keamanan atau password untuk membuka aplikasi kemudian pilihlah berbagai aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dari layar depan.
  • Selanjutnya aktifkan fitur Aktifkan Verifikasi Kode Sandi dan fitur Sembunyikan Icon Layar Depan.
  • Kemudian buatlah kode akses saat akan membuka aplikasi dengan mengawali dan mengakhiri kode dengan tanda pagar.
  • Selesai. Aplikasi akan tersembunyi dan untuk membukanya juga diperlukan kode sehingga jauh lebih aman.

5. Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi bisa Anda lakukan dengan menggunakan fitur bawaan dari HP ini yaitu fitur Hidden App. Berikut ini adalah caranya:

  • Pertama bukalah menu pengaturan pada ponsel Xiaomi Anda lalu cari menu App atau Aplikasi didalamnya.
  • Kemudian buka menu Kunci Aplikasi atau App Lock kemudian pilihlah menu Hidden Apps.
  • Setelah itu Anda bisa memilih aplikasi apa saja yang ingin Anda sembunyikan.
  • Selesai, aplikasi pun tidak akan muncul dalam layar utama ponsel.

6. Menyembunyikan Aplikasi di HP iPhone

Menyembunyikan aplikasi bukan hanya bisa Anda lakukan pada ponsel Android saja namun juga bisa Anda lakukan pada iOS. Caranya juga mudah sama seperti Android. Berikut ini adalah langkahnya:

  • Pertama pada menu layar utama tentukan salah satu aplikasi yang akan disembunyikan lalu tekan aplikasi tersebut agak lama hingga muncul menu pop-up yang menawarkan berbagai opsi.
  • Pilihlah opsi remove app maka akan muncul notifikasi untuk menghapus aplikasi dari homescreen lalu klik opsi remove from home screen maka aplikasi tersebut akan tersembunyi. Lakukan hal sama untuk aplikasi lainnya.

Itulah cara menyembunyikan aplikasi pada HP Android dan IOS yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba!

 

Check Also

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Diblokir itu Mudah

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Diblokir itu Mudah

Cara mengembalikan akun Instagram yang di blog, dapat dilakukan dengan mudah jika Anda mengikuti cara …