Cara Upload Foto di Instagram Full Size Tanpa Aplikasi!
unsplash.com

10+ Cara Upload Foto di Instagram Full Size Tanpa Aplikasi!

Cara upload foto di Instagram full size tanpa aplikasi kini mudah dilakukan. Instagram adalah salah satu aplikasi media sosial yang memiliki banyak pengguna di dunia. Aplikasi milik Meta ini, di Indonesia yang sudah memiliki Instagram adalah 99,15 juta pada awal tahun 2022.

Angka itu menunjukkan bahwa jangkauan iklan pada Instagram di Indonesia setara dengan 35.7 persen dari total populasi. Sedangkan secara keseluruhan, aplikasi Instagram telah diunduh oleh 1 miliar lebih di Google Play Store.

Instagram sendiri memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. Hingga saat ini, aplikasi ini masih menjadi media sosial yang memiliki banyak pengguna. Bahkan setiap harinya pengguna aplikasi ini terus bertambah.

Cara Upload Foto di Instagram Full Size Tanpa Aplikasi!
unsplash.com

Panduan dan Cara Upload Foto di Instagram Full Size Tanpa Aplikasi dengan Mudah 

Banyak fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Instagram. Fitur yang terus diperbarui di dalamnya membuat para pengguna tetap setia pada aplikasi ini. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk membagikan momen dalam bentuk foto maupun video. Mengunggah foto ataupun video keseharian atau hal lainnya memang menjadi hal yang menyenangkan.

Pengguna dapat mengupload beberapa gambar sekaligus dalam satu waktu. Sayangnya terkadang, kualitas gambar dan ukuran foto yang akan diupload secara otomatis diatur oleh aplikasi dalam kondisi yang terpotong atau tidak utuh. Hal itu dapat mempengaruhi tampilan maupun isi dari cerita yang akan disampaikan.

Namun bagaimana cara upload foto di Instagram full size tanpa aplikasi ini?

Apa itu Instagram? 

Instagram merupakan media sosial yang berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri dalam pemakaiannya. Cara kerjanya pun sederhana dan mudah. Sebagai tempat untuk berbagai foto dan video pendek menarik sehingga memicu banyak reaksi dari para penggunannya. Baik dari like, share, maupun berbagai cara dikenalkan sehingga mampu di ketahui oleh banyak kalangan.

Banyak juga bisnis ataupun produk yang menggunakan aplikasi ini sebagai tempat promosi. Dari pengenalan produk hingga berbagai tujuan lainnya bisa ditemukan di aplikasi ini. Pemakainya pun tidak hanya dari Indonesia saja, aplikasi ini cukup terkenal dan digunakan hampir di seluruh belahan dunia.

Berbeda dengan media sosial lainnya, Instagram hanya bisa mengupload foto dan video disertai atau tanpa keterangan sehingga tidak bisa mengirim status tanpa media. Sayangnya fitur ini tidak bisa menampilkan foto dengan ukuran penuh saat diunggah. Sehingga foto akan terpotong sebagian.

Namun secara bawaan, foto maupun video yang berada di post berbentuk kotak dengan rasio 1 : 1. Apabila tidak diatur dahulu akan membuat foto yang menggunakan ukuran 4 : 3 atau 16 : 9 menjadi terpotong.

Kali ini kita akan membahas cara upload foto di Instagram full size tanpa aplikasi. Berapa ukuran foto dan video yang disarankan, dan juga dapat digunakan untuk acuan.

Ukuran Foto yang Disarankan Untuk Feed Instagram 

Berikut ini adalah ukuran post Instagram dalam bentuk potrait atau landscape yang disarankan. Anda juga bisa menggunakan ini untuk mengatur ukuran Instagram story apabila diperlukan.

Untuk foto berbentuk vertikal ukuran pikselnya 1080 x 1350 piksel dengan rasio 4 : 5. Foto bentuk persegi ukuran pikselnya 1080 x 1080 piksel dengan rasio 1 : 1. Dan untuk foto bentuk horizontal ukuran pikselnya 1080 x 566 piksel dengan rasio 1.91 : 1.

Anda perlu memahami, berapa ukuran foto yang ideal untuk feed instagram agar tidak terpotong. Dengan demikian Anda dapat menggunakannya sebagai cara upload foto di instagram full size tanpa aplikasi.

Ukuran Video yang Disarankan untuk Instagram 

Berikut ini adalah ukuran video yang disarankan untuk Instagram. Sehingga nanti Anda dapat memanfaatkannya untuk mengatur size upload video di Instagram.

Untuk video yang berbentuk peregi Anda memerlukan ukuran 1080 x 1080 piksel dengan rasio 1 : 1. Video berbentuk horizontal 1080 x 566 piksel, rasionya 1,91 : 1. Untuk post Instagram story Anda membutuhkan ukuran 1080 x 1920 piksel rasio 9 : 16. Untuk IGTV ada dua pilihan, ukuran yang pertama 1080 x 1920 piksel untuk rasio 9 : 16, dan sebaliknya. Sedangkan untuk foto sampul di IGTV 420 x 654 dengan rasio 1 : 1,55. Dan yang terakhir Instagram Live membutuhkan 1080 x 1920 piksel berrasio 9 : 16.

Setelah mengetahui ukuran foto dan video di atas, sekarang Anda bisa memanfaatkannya dengan baik. Sehingga akan mudah melakukan cara upload foto di Instagram full size tanpa aplikasi.

Cara Upload Foto di Instagram Full Size Tanpa Aplikasi 

Apabila Anda tidak memungkinkan memiliki pengetahuan tentang cara upload foto di Instagram full size tanpa aplikasi, kali ini kita akan membahasnya bersama sama di sini.

Karena cara upload foto di Instagram full size tanpa aplikasi, jadi kita gunakan langsung di aplikasi Instagram.

Langkah-Langkahnya :

  1. Buka aplikasi Instagram milik Anda.
  2. Pada halaman Home tekan tombol Add yang ber ikon + di bagian kanan atas.
  3. Pada menu ini muncul menu pop-up, pilih Posting atau Post.
  4. Pada halaman New Post, pilihlah foto yang akan diunggah.
  5. Kemudian akan muncul Preview Foto yang akan ditampilkan dalam bentuk kotak 1 : 1.
  6. Apabila ada bagian foto yang terpotong, Anda bisa menekan tombol Full Size ber ikon dua panah diagonal di bagian kiri bawah.
  7. Cara upload foto di instagram full size tanpa aplikasi selanjutnya, foto menjadi dalam ukuran penuh atau full.
  8. Kemudian tekan tombol Next atau anak panah di bagian kanan atas.
  9. Selanjutnya muncul halaman Edit, Anda dapat menambahkan filter sesuai dengan keinginan.
  10. Kemudian tekan tombol next atau anak panah jika sudah selesai.
  11. Pada halaman Post, Anda bisa menambahkan lokasi, caption, tag akun Instagram lain, dan lainnya.
  12. Anda bisa menekan tombol Done atau ikon ceklis di bagian kanan atas jika sudah selesai.

Perlu Anda ketahui bahwa dengan bentuk lanskap atau menyamping, foto yang diunggah ke halaman Feed akan terlihat penuh dan proporsional. Sedangkan untuk foto berbentuk potret atau berdiri, harus tetap Anda sesuaikan agar bagian penting yang ingin ditampilkan dapat tetap terlihat.

Perlu Anda ingat, bahwa orientasi yang dipilih seperti potret, persegi, atau lanskap akan mempengaruhi foto dan video di postingan tersebut. Anda tidak bisa memilih ukuran yang berbeda untuk setiap foto atau video.

Namun, bagaimana jika Anda benar-benar tidak puas dengan hasil yang diberikan? Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Hal ini bisa Anda lakukan jika Anda tidak puas dengan kualitas atau pemotongan gambar yang disediakan pihak Instagram.

Kesimpulan 

Anda bisa sering-sering untuk mengupdate aplikasi Instagram agar mendapatkan pembaruan fitur dan peningkatan stabilitas. Anda bisa mengunjungi Google Play Store atau market store lain pada smartphone Android. Anda bisa mengecek secara berkala. Bisa juga mengaktifkan notifikasi agar nanti saat ada pembaruan Anda bisa tahu.

Dengan mengikuti panduan cara upload foto di Instagram full size tanpa aplikasi di atas. Foto yang akan Anda unggah tidak terpotong karena bentuknya sudah menjadi persegi. Namun, jika Anda benar-benar tidak puas dengan hasilnya maka Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Agar nanti hasil postingan bisa maksimal. Selamat mencoba!

Check Also

Cara Menggunakan Aplikasi Bibit

Ini Dia 8 Cara Menggunakan Aplikasi Bibit untuk Investasi

Cara menggunakan aplikasi Bibit sebenarnya mudah bagi yang sudah mengerti. Namun, bagi yang belum paham …