Cara Mengetahui Pesanan di TikTok Shop
Foto: Istimewa

3 Cara Mengetahui Pesanan di TikTok Shop Hingga Cek Resi

Cara mengetahui pesanan di TikTok shop ternyata bisa Anda lakukan dengan mudah. Terlebih untuk Anda yang sudah tidak asing lagi dengan aplikasi tersebut. Bukan hanya sebagai aplikasi yang menampilkan video dengan durasi pendek saja. Melainkan aplikasi tersebut tersedia fitur untuk jualan.

Dapat dikatakan bahwa TikTok Shop merupakan salah satu platform untuk jualan yang dapat membantu pebisnis guna memperluas jangkauan pasarnya. Sehingga selain berada di marketplace, website, serta Instagram shopping, Anda bisa menggunakan pilihan lain dalam berjualan. Tentunya ini bisa membuat penjualan usaha dapat meningkat.

Namun, masih ada juga yang menjadi pelaku bisnis belum mengetahui bagaimana cara untuk melihat pesanan sampai dengan cara proses pengiriman pesanan yang berada di TikTok Shop. Untuk itu, berikut ini informasi penting untuk tips proses orderan yang mudah.

Cara Mengetahui Pesanan di TikTok Shop
Foto: Istimewa

Ragam Cara Mengetahui Pesanan di TikTok Shop

Ketika sedang berbelanja, tentunya Anda ingin mengetahui kembali pesan apa saja yang telah berhasil transaksi. Antara lain seperti perkiraan tiba, berapa lama untuk masa pengiriman, serta hal lain yang berkaitan dengan barang pesanan.

Di fitur TikTok Shop, Anda dapat melakukan dengan mudah. Untuk cara mengetahui pesanan di TikTok Shop cukup Anda mengikuti langkah-langkah berikut ini. Nantinya Anda akan menemukan pesan milik Anda.

Membuka Aplikasi

Pertama, Anda bisa membuka aplikasi TikTok. Kemudian login dengan memakai akun milik Anda. Lanjutkan dengan memasukkan nama akun beserta password. Pastikan Anda telah login dengan memakai akun yang sama dengan akun yang Anda buat untuk belanja. Apabila berbeda, tentunya tidak akan menemukan pesanan yang sudah Anda buat.

Membuka Menu Profile

Pada bagian bawah sebelah kiri, Anda bisa memilih ikon orang masuk guna mengunjungi menu profil. Di sana, Anda dapat melihat video unggahan serta profil dari akun TikTok milik Anda.

Memilih Ikon Titik Tiga

Cara mengetahui pesanan di TikTok Shop selanjutnya, Anda bisa memilih ikon titik tiga yang berada pada bagian pojok kanan atas. Pilihan tersebut akan mengarahkan Anda ke menu pengaturan serta privasi. Kemudian pindah ke bagian bawah sampai dengan menemukan kelompok pengaturan pada Akun.

Pilih Menu Pesanan

Nah, di situlah Anda dapat menemukan sejumlah pesanan yang berada di TikTok Shop yang sedang menunggu pembayaran atau hanya menunggu pengiriman saja. Nantinya, Anda juga akan menemukan riwayat pesanan yang telah Anda terima saat berbelanja sebelumnya. Cukup dengan pindah sesuai dengan keterangan yang berada di atasnya. Mudah bukan cara mengetahui pesanan di TikTok Shop?

Pilih Salah Satu Pesanan

Apabila Anda ingin melihat detail transaksi, maka Anda hanya perlu klik gambar saja. Atau keterangan pasangan. Akan muncul halaman yang sudah berisi mengenai alamat pengiriman, jumlah pesanan, harga dan lain sebagainya yang hampir sama seperti pada e-commerce umumnya.

Cara Melacak Pesanan Berada di TikTok Shop

Setelah cara mengetahui pesanan di TikTok Shop, selanjutnya Anda bisa melacak pesanan dengan cara sebagai berikut.

Selain tersedia fitur untuk melihat riwayat dari transaksi serta pesanan, TikTok Shop juga tersedia fitur tracking yang bertujuan untuk melacak sebuah pesanan. Melalui layanan fitur tersebut, Anda dapat memantau pesanan telah tiba dimana serta kapan kira-kira akan tiba pada lokasi tujuan.

Sama seperti cara mengetahui pesanan di TikTok Shop. Untuk cara melacak pesanan juga mudah untuk And lakukan. Anda hanya perlu masuk ke bagian menu pesanan pada bagian akun. Apabila masih merasa sulit, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini.

Membuka Aplikasi

Langkah yang serupa dengan cara mengetahui pesanan di TikTok Shop. Terlebih dahulu, Anda pastikan sudah login memakai akun yang sama dengan akun yang Anda pakai untuk membuat sebuah pesanan.

Membuka Menu Profil

Anda bisa memiliki ikon titik tiga yang berada di pojok kanan bagian atas. Pada bagian kiri bagian bawah, Anda bisa memiliki ikon orang guna mengunjungi menu profil. Apabila sudah, Anda bisa melanjutkan dengan klik ikon titik tiga untuk Android atau garis tiga untuk iOS. Hal itu Anda bisa masuk ke jendela bagian pengaturan serta privasi. Pindah ke bagian bawah sampai dengan menentukan kelompok pada pengaturan Akun.

Klik Menu Pesanan

Anda bisa menggeser ke bagian Dikirim. Jika telah berhasil masuk ke bagian menu pesanan, Anda bisa memilih barang yang telah dalam proses pengiriman serta ingin Anda lacak. Supaya lebih mudah, Anda dapat menggeser menu pesanan pada pilihan Dikirim gua melihat kelompok barang-barang yang ada pada tahap pengiriman secara khusus.

Membuka Detail Pesanan

Supaya Anda bisa melihat sampai mana proses dari pengiriman pesanan. Anda bisa membuka secara detail barang yang akan Anda beli. Nantinya akan muncul tanggal serta keterangan diantar yang terletak pada bagian atas. Lanjutkan dengan klik detail guna memperoleh informasi pengiriman secara jelasnya.

Menyalin Nomor Resi

Jika tracking tidak muncul pada aplikasi yang berada di TikTok Shop. Anda tidak perlu merasa khawatir. Selain terdapat cara mengetahui pesanan di TikTok Shop, Anda juga dapat mengetahui proses dari pengiriman dengan cara melakukan cek resi pada mesin pencari. Untuk caranya hanya dengan menyalin nomor resi pengiriman yang ada di TikTok Shop. Kemudian, masukan pada boox pencarian resi yang telah tersedia pada mesin pencarian Google.

Tips Belanja pada Aplikasi TikTok Shop

Sejak diperkenalkan pada bulan April tahun 2021, TikTok Shop sukses dalam memikat hati para penggunanya. Dengan banyak tawaran fitur yang berbeda, penjual serta pembeli yang berada di TikTok Shop dapat melakukan sebuah transaksi dalam satu tempat. Promosi yang dilakukan juga mengandalkan sebuah konten serta kreasi dari video yang menarik.

Walaupun banyak konten promosi serta video kreatif, Anda menjadi pembeli haruslah berhati-hati. Tentunya, Anda perlu melihat review produk terlebih dahulu sebelum melakukan sebuah transaksi. Paling tidak review tersebut bisa membantu Anda dalam menghindari kualitas barang yang kurang bagus.

Jika Anda membeli produk ketika penjualan live, Anda bisa memilih toko yang memperoleh viewers cukup tinggi. Walaupun bukan menjadi jaminan yang akurat, namun algoritma TikTok Shop menampilkan live product yang bisa memperoleh atensi dari publik yang cukup tinggi.

Adapun langkah terakhir, Anda bisa memilih pembayaran COD atau Cash on Delivery. Pilihan tersebut bisa membantu pembeli meminimalisir kerugian dengan cara melakukan pengembalian barang. Pembeli juga dapat mengajukan retur dengan segera sebelum pembayaran akan disampaikan terhadap penjual.

Jika Anda tertarik untuk berbelanja di TikTok Shop. Atau malah sudah mempunyai toko yang menjadi langganan. Pastikan Anda untuk selalu berbelanja secara aman serta melakukan pelacakan pada pengiriman barang dengan cara mengetahui pesanan di TikTok Shop milik Anda.

Demikian cara mengetahui pesanan di TikTok Shop, melacak pesanan, sampai dengan cek resi yang dapat Anda coba. Hal itu bisa Anda terapkan saat Anda melakukan pembelian barang melalui TikTok Shop. Pastikan terlebih dahulu, supaya Anda tidak salah dalam membeli barang.

Check Also

Cara Pakai Kuota Extra TikTok Tri

Mudah! Berikut Cara Pakai Kuota Extra TikTok Tri Sampai 10GB

Cara pakai kuota extra TikTok tri bisa Anda gunakan dengan mudah. Pasalnya provider 3 memberikan …