Cara Membuat TikTok Shop
Cara Membuat TikTok Shop

Cara Membuat TikTok Shop, Toko Online Untuk Bisnis Anda!

Bagi para pemula memang sedikit kebingungan mengenai tahapan cara membuat Tiktok Shop. Memang akhir-akhir ini Tiktok Shop cenderung cukup populer dan banyak digunakan. Aplikasi Tiktok menyediakan fitur yang bisa digunakan untuk berbelanja atau berjualan, dari sini banyak orang berminat untuk berjualan dengan Tiktok.

Terlebih aplikasi hiburan satu ini memang cukup banyak diminati, jika dimanfaatkan dengan baik untuk berjualan pasti aplikasi ini bisa mendatangkan keuntungan bagi Anda. Bagi yang baru pertama ingin mengaktifkan Tiktok Shop ada baiknya memang Anda memperhatikan beberapa cara.

Baca Juga : 6 Cara Membuat Akun Instagram Menjadi Private

Membuat Tiktok Shop ini bisa dibilang cukup mudah, asalkan Anda memang mengetahui berbagai cara benar dalam mengaktifkannya. Sebenarnya fitur Tiktok Shop ini sudah ada semenjak tahun 2021 lalu, fitur ini pastinya semakin memudahkan pengguna Tik Tok untuk melakukan berbagai transaksi.

Apalagi dengan banyaknya trend yang bermunculan di Tiktok semakin membuat pengguna tertarik untuk melakukan pembelian melalui Tiktok Shop. Terlebih sekarang ini sebagian masyarakat dari berbagai kalangan usia menghabiskan hampir 1 jam di aplikasi Tiktok, hal ini lah yang membuat keuntungan berjualan di Tiktok Shop.

Cara Membuat Tiktok Shop dengan Mudah, Ikuti Langkah Berikut Ini!

Bagi Anda yang berminat untuk menggunakan Tiktok Shop ada baiknya memang memperhatikan beberapa cara tepat untuk mengaktifkan fitur ini. Berjualan dengan Tiktok Shop ini juga menjadi salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan profit bisnis.

Mengingat aplikasi ini banyak digunakan maka semakin besar peluang banyak orang berbelanja melalui fitur Tiktok Shop. Namun hal ini juga tidak bisa terjadi dengan instan. Anda harus memiliki keterampilan untuk membuat berbagai konten tentang produk sebaik mungkin.

Sehingga pelanggan akan tertarik untuk membeli produk melalui akun Anda, bukan hanya menguntungkan bagi penjual namun hal ini juga menguntungkan bagi pembeli. Karena para pembeli yang tertarik dengan salah satu produk tidak perlu lagi membuka aplikasi marketplace atau toko online.

Pembeli bisa langsung membeli produk yang mereka inginkan melalui Tiktok Shop, proses pembelian dan transaksinya pun juga cukup mudah. Nah bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan fitur Tiktok Shop ada baiknya jika memperhatikan beberapa cara berikut ini.

1. Kunjungi Situs Tiktok Shop Seller

Cara membuat Tiktok Shop yang pertama Anda terlebih dahulu harus mengunjungi Tiktok Shop Seller. Bisa membukanya melalui perangkat yang Anda miliki. Setelah itu Anda harus mendaftarkan akun menjadi Tiktok Seller. Anda bisa menggunakan akun pribadi maupun membuat akun baru.

Kemudian ikuti semua langkah dan perintah dalam proses pendaftaran menjadi Tiktok Seller, cara ini sebenarnya cukup mudah Anda lakukan. Hal yang terpenting Anda harus memberikan semua informasi pribadi dengan benar ketika ingin melakukan pendaftaran sebagai seller Tiktok Shop.

Link Situs Tik Tok Shop Seller

2. Login Atau Daftar Akun Tiktok Seller

Cara Membuat tiktok shop
Login Atau Daftar Akun Tiktok Seller

Cara membuat Tiktok Shop selanjutnya Anda harus login atau mendaftar akun Tiktok Seller. Jika Anda belum pernah mendaftar maka bisa menggunakan akun lama atau membuat akun baru. Jika ingin menggunakan akun lama Anda bisa klik opsi Sing in Up With Tiktok Account. Apabila Anda sudah pernah mendaftar maka hanya perlu log in ke akun tersebut.

Namun jika belum pernah mendaftar maka Anda bisa mendaftar dengan email dan nomor handphone, Anda harus klik opsi sing in up with email & phone. Kemudian Anda bisa memasukan nomor ponsel dan email dengan benar untuk mendaftar menjadi seller Tiktok.

3. Lengkapi Informasi Toko

Cara Membuat tiktok shop
Lengkapi Informasi Toko

Cara membuat Tiktok Shop selanjutnya ketika sudah berhasil log in kemudian yang harus Anda lakukan adalah melengkapi informasi toko. Isikan informasi secara lengkap untuk memudahkan pelanggan. Dengan tujuan untuk memaksimalkan penjualan dan memudahkan calon pembeli untuk mengetahui informasi mengenai produk yang akan mereka beli.

Jangan lupa untuk menambahkan produk-produk yang ingin Anda jual melalui Tiktok Shop. Jangan lupa isikan alamat toko dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Setelah selesai Anda bisa klik menu Start to Add Product, tunggu beberapa saat hingga proses selesai dengan sempurna.

4. Verifikasi Tiktok Shop

Jika cara membuat Tiktok Shop sebelumnya sudah selesai, maka selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memverifikasi Tiktok Shop. Hal ini harus Anda lakukan agar produk tersebut bisa dijual pada Tiktok Shop. Sebelumnya Anda harus klik menu Verify Documents, kemudian lengkapi semua data yang dibutuhkan dalam mengaktifkan Tiktok Shop.

Jangan lupa juga mengisi jenis bisnis yang Anda jalankan seperti perusahaan atau perorangan, jika bisnis tersebut perorangan maka Anda harus mengisi data pribadi. Seperti KTP atau paspor, Anda bisa mengubah dokumen diri ini dalam bentuk pdf, jpeg, jpg atau png, yang pasti dokumen harus jelas maksimal besarnya 10 MB.

5. Menambahkan Produk Ke Tiktok Shop

Cara Membuat TikTok Shop
Menambahkan Produk Ke Tiktok Shop

Cara membuat Tiktok Shop selanjutnya adalah dengan menambahkan produk ke Tiktok Shop. Hal ini bisa Anda lakukan jika proses verifikasi sudah selesai dilakukan. Untuk menambahkan produk Anda harus kembali ke homepage. Kemudian pilih menu Add First Produk kemudian klik Add Product.

Untuk mengunggah produk ini terlebih dahulu Anda harus melengkapi deskripsi produk, seperti nama, kategori, dan brand dari produk tersebut. Namun jika produk tersebut tidak memiliki brand maka Anda bisa memilih no brand. Kemudian upload produk sesuai deskripsi untuk memudahkan pembeli.

Jangan lupa untuk mengisi informasi fisik mengenai produk tersebut, misalnya seperti berat produk hingga dimensinya. Hal ini berguna untuk menentukan ongkos kirim. Setelah selesai Anda bisa menyimpannya sebagai draft atau langsung mengunggah produk tersebut ke akun Tiktok Shop.

6. Hubungkan Ke Rekening Bank

Cara membuat Tiktok Shop selanjutnya ini bertujuan untuk memudahkan transaksi antara pembeli dan penjual, caranya pun cukup mudah dilakukan. Anda terlebih dahulu harus kembali ke Homepage. Kemudian pilih Link Bank Account dan pilih menu Link Account.

Kemudian Anda bisa mengikuti beberapa langkah selanjutnya untuk menghubungkan rekening Anda ke Tiktok Shop. Dengan ini akan mempermudah Anda mendapatkan keuntungan. Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan dengan tujuan mempermudah pembeli ketika ingin melakukan pembayaran terhadap produk yang mereka beli.

Cara Mengoptimalkan Penjualan di Tiktok Shop

Bagi Anda yang berminat untuk melakukan penjualan dengan Tiktok Shop, maka harus tahu cara mengoptimalkan penjualan agar semua produk bisa laku dan mendapat keuntungan. Anda harus selalu rajin mempromosikan produk jualan, misalnya menggunakan video pendek yang menarik dan diunggah pada akun Tiktok.

Cara untuk membuat Tiktok Shop laris selanjutnya Anda juga bisa bekerja sama dengan seorang influencer. Biasanya hal ini cukup efektif untuk meningkatkan penjualan. Bisa juga melakukan promo atau diskon agar pelanggan tertarik berbelanja di Tiktok Shop Anda.

Cara membuat Tiktok Shop tersebut dapat Anda lakukan dengan langkah yang benar. Jangan lupa konsisten untuk berjualan, maka pundi-pundi rupiah akan mengalir seperti harapan.