Akun Instagram Menjadi Private
idownloadblog.com

6 Cara Membuat Akun Instagram Menjadi Private

Cara Membuat Akun Instagram Menjadi Private

Tidak semua orang dapat mengakses konten-konten yang ada di Instagram dengan sangat mudah. Faktanya instagram dilengkapi salah satu fitur unik yaitu fitur Private Account. Lantas, bagaimana cara untuk membuat akun Instagram menjadi private?

Apa itu Private Account? Akun Privasi adalah salah satu fitur bagus yang ada di Instagram, memungkinkan untuk menjadikan sebuah akun instagram tidak dapat dilihat oleh siapapun kecuali followers akun itu sendiri.

Dengan kata lain untuk menghindari orang yang tidak diinginkan mengakses konten milik Anda di Instagram, maka dari itu ada baiknya untuk mengubah pengaturan akun Instagram Anda dari Public menjadi ke private/privasi.

Cara Membuat Akun Instagram Menjadi Private

Cara ini saya lakukan dengan menggunakan laptop, namun Anda tidak perlu khawatir karena caranya tidak jauh berbeda dengan yang ada di aplikasi Instagram.

  1. Login ke Akun Instagram.
  2. Klik Ikon Pengaturan.
    Cara Membuat Akun Instagram Menjadi Private
  3. Kemudian, Pilih Privacy and Security.
    Cara Membuat Akun Instagram Menjadi Private
  4. Lalu, Ceklis dengan cara klik pada kotak Private Account.Cara Membuat Akun Instagram Menjadi Private
  5. Selesai.

Sekarang profil Instagram Anda telah di ubah menjadi Private, yang berarti bahwa Akun Anda masih dapat dicari di Instagram.

Akan tetapi orang yang menemukan profil Anda dan belum berteman harus mengirimi permintaan pertemanan terlebih dahulu. Selain itu mereka juga tidak bisa melihat isi konten dalam profil Anda sebelum Anda me-konfirmasi Akun instagram mereka.

Apabila Anda ingin membuka kunci privasi akun tersebut, cukup mengikuti langkah yang sama seperti cara diatas. Lalu Un-ceklis(hilangkan centang).

Pilihlah Close Friends List

Apabila Anda ingin punya follower yang banyak, tentu saja Anda membutuhkan akun yang bersifat publik. Anda masih bisa untuk mendapatkan privasi dengan cara membuat daftar close friend yang terdiri atas orang-orang terdekat Anda saja, kok. Fitur tersebut bertujuan supaya Anda dapat membagikan semua momen pribadi maupun keluh kesah tanpa diketahui oleh seluruh followers Anda.

Untuk membuat akun Instagram menjadi private dengan cara memilih close friend list ini yaitu pergilah ke kamera untuk story. Lalu klik Setting pada bagian kiri atas. Di sana Anda dapat memilih siapa saja yang bakal Anda masukkan ke dalam Close Friends List. Dengan demikian, Anda dapat membagikan story kepada mereka saja.

Mengontrol Audiens Instagram Story

Apabila Anda hendak menambahkan saringan yang lebih banyak lagi, Anda dapat menghidden (menyembunyikan) update story Anda dari orang-orang tertentu. Seperti keluarga, bos, maupun teman Anda. Anda dapat mengatur (mengelola) apakah orang lain bisa membagikan (re-sharing) story Anda atau tidak.

Anda dapat mengakses pengaturan satu ini pada bagian story, lalu klik centang siapa saja yang hendak Anda block untuk melihat apa yang Anda share. Selanjutnya scroll ke bawah untuk mengatur fitur Sharing.

Nonaktifkan Activity Status

Cara lain untuk membuat akun Instagram menjadi private adalah dengan menonaktifkan activity status. Orang lain dapat mengetahui kapan terakhir kali Anda mengakses IG lewat activity status. Tetapi. tak seperti WhatsApp, pengguna IG tidak terlalu kerap memakai fitur DM lantaran masih terdapat aplikasi lain yang lebih baik.

Untuk itu, sebetulnya fitur activity tatu ini tidak punya signifikansi. Untuk mematikannya, Anda dapat mengaksesnya pada Setting > Activity status.

Sembunyikan Lokasi

Lokasi merupakan salah satu informasi paling pribadi yang dapat dieksploitasi oleh orang lain apabila tidak hati-hati. Oleh sebab itu sebaiknya jangan pernah membagikan lokasi di konten Anda serta mengabulkan permintaan akses GPS dari IG.

Untuk pengguna iOS, Anda dapat mengaksesnya melalui Settings > Privacy > Location Services. Sementara itu, untuk pengguna Android, ini berada di Settings > Security & Location.

Saring Komentar Orang Lain

Pernahkah Anda memperoleh komentar, “”Ingin turun berat badan? Yuk, cek profil kami kak!”? Komentar-komentar promosi semacam itu memang tak dapat Anda hindari, terlebih untuk akun yang bersifat publik. Tak jarang, pengguna memperoleh komentar negatif yang penuh ujaran kebencian. Apabila Anda merasa terganggu dengan hal itu, Instagram mempunyai fitur yang dapat menyaring komentar-komentar, lho.

Tersedia banyak pilihan yang ditawarkan untuk membuat akun Instagram menjadi private dengan cara ini. Apakah Anda ingin membuat blacklist atau whitelist. Selain itu, Anda juga dapat menyaringnya secara otomatis maupun manual. Cukup pergi ke menu Setting lalu pilihlah Comment control. Instagram pun memungkinkan para penggunanya untuk sama sekali tidak menerima komentar.

Check Also

Wajib Coba 3 Fitur Aplikasi Face Play yang Viral di TikTok

Wajib Coba 3 Fitur Aplikasi Face Play yang Viral di TikTok

Mungkin belakangan ini sering banyak orang yang membahas mengenai, aplikasi Face Play. Hal tersebut karena …