pexels designecologist 1999463

Tips Mencegah Komputer Blue Screen Karena Overheat

Tips Mencegah Komputer Blue Screen Karena Overheat

Menggunakan komputer dalam waktu yang sangat lama akan membuat komputer tersebut panas yang berlebih. Panas yang berlebihan atau overheat pada komputer biasanya terjadi di dalam CPU komputer, tempat semua komponen komputer bekerja.

Karena proses ini seringkali menghasilkan panas berlebih dan membuat tiba-tiba Komputer Blue Screen. Gejala lain seperti startup melambat serta penyakit komputer yang lain sebenarnya pada beberapa komponen komputer sudah terdapat sistem pendinginan seperti pada prosessor, VGA dan juga RAM. Tetapi karena tata letak dan sirkulasi didalam CPU Komputer tidak baik yang mengakibatkan panas yang berlebih. Tentunya hal ini sangat berbahaya untuk beberapa komponen penting didalam komputer seperti prosessor, RAM dan komponen vital komputer lainnya.

Lingkungan tempat komputer berada juga dapat mengakibatkan komputer overheat / komputer blue screen karena debu yang masuk pada CPU mengganggu keluar masuknya aliran udara. Tetapi BlueScreen juga bisa disebabkan oleh salah satu komponen yang sudah tidak bekerja dengan baik.

Tips Mencegah Komputer Blue Screen Karena Kepanasan

  • Selalu periksa kondisi didalam CPU komputer, Jika terlihat debu menebal maka segera dibersihkan menggunakan sikat halus atau lap. Dapat juga menggunakan cara lain yaitu menggunakan blower fotokopi. Debu-debu tersebut mengganggu sirkulasi udara didalam CPU yang mengakibatkan panas berkumpul di dalam CPU Komputer dan tidak keluar dengan baik, pastikan komputer mu dalam keadaan bersih.
  • Periksa sistem pendingin/fan pada VGA, prosessor dan juga fan yang menempel di casing komputer, jika tertutup debu segera dibersihkan serta cek pasta pendingin pada heatsink. Jika heatsink dan kipas mulai tertutup debu, dapat segera kamu bersihkan, untuk pasta pendingin sebaiknya segera di ganti dengan yang baru jika sudah terlihat kering. Gunakan pasta yang bagus, agar lebih awet dan optimal.
  • Pastikan suhu di dalam CPU Komputer, normalnya yaitu sekitar 19 – 28 derajat Celcius, jika lebih dari itu biasanya kinerja komputer akan melemah. Pada ruangan ber AC, biasanya suhu komputer tetap terjaga dan ini berbeda dengan suhu luar ruangan yang tidak menentu, sehingga bagi kamu yang menggunakan komputer tanpa pendingin AC harus ekstra waspada. Cara mengecek suhu komputer secara rinci biasanya langsung masuk ke BIOS. Kamu juga dapat menggunakan software untuk mengecek suhu komputer secara real time, salah satunya SpeedFan.

Demikianlah tips singkat untuk mencegah komputer blue screen karena kepanasan, berikan sedikit waktu kamu untuk merawat komputer kesayangan kamu, kebersihan menjadi faktor penting agar komputer tidak kepanasan. Pastikan Suhu CPU Komputer tidak lebih dari 70 derajat Celcius, karena akan membuat hardware kamu menjadi rusak.

Baca juga: Trik Mengoptimalkan Kinerja Komputer Jadul

Leave a Reply

Your email address will not be published.