pexels designecologist 1999463

Tips Mencegah Komputer Blue Screen Karena Overheat

Tips Mencegah Komputer Blue Screen Karena Overheat

Menggunakan komputer dalam waktu yang lama akan membuat komputer panas yang berlebih hingga menyebabkan komputer blue screen. Panas yang berlebihan atau overheat pada komputer biasanya terjadi di dalam CPU komputer, tempat semua komponen komputer bekerja.

Karena proses ini seringkali menghasilkan panas berlebih dan membuat tiba-tiba komputer mengalami blue screen. Gejala lain seperti startup melambat serta penyakit komputer yang lain sebenarnya pada beberapa komponen komputer sudah terdapat sistem pendinginan seperti pada prosessor, VGA dan juga RAM. Tetapi karena tata letak dan sirkulasi didalam CPU Komputer tidak baik yang mengakibatkan panas yang berlebih. Tentunya hal ini sangat berbahaya untuk beberapa komponen penting didalam komputer seperti prosessor, RAM dan komponen vital komputer lainnya.

Lingkungan tempat komputer berada juga dapat mengakibatkan komputer overheat / blue screen karena debu yang masuk pada CPU mengganggu keluar masuknya aliran udara. Tetapi BlueScreen juga bisa disebabkan oleh salah satu komponen yang sudah tidak bekerja dengan baik.

Tips Mencegah Komputer Blue Screen Karena Kepanasan

  • Selalu periksa kondisi didalam CPU komputer, Jika terlihat debu menebal maka segera dibersihkan menggunakan sikat halus atau lap. Dapat juga menggunakan cara lain yaitu menggunakan blower fotokopi. Debu-debu tersebut mengganggu sirkulasi udara didalam CPU yang mengakibatkan panas berkumpul di dalam CPU Komputer dan tidak keluar dengan baik, pastikan komputer mu dalam keadaan bersih.
  • Periksa sistem pendingin/fan pada VGA, prosessor dan juga fan yang menempel di casing komputer, jika tertutup debu segera dibersihkan serta cek pasta pendingin pada heatsink. Jika heatsink dan kipas mulai tertutup debu, dapat segera kamu bersihkan, untuk pasta pendingin sebaiknya segera di ganti dengan yang baru jika sudah terlihat kering. Gunakan pasta yang bagus, agar lebih awet dan optimal.
  • Pastikan suhu di dalam CPU Komputer, normalnya yaitu sekitar 19 – 28 derajat Celcius, jika lebih dari itu biasanya kinerja komputer akan melemah. Pada ruangan ber AC, biasanya suhu komputer tetap terjaga dan ini berbeda dengan suhu luar ruangan yang tidak menentu, sehingga bagi kamu yang menggunakan komputer tanpa pendingin AC harus ekstra waspada. Cara mengecek suhu komputer secara rinci biasanya langsung masuk ke BIOS. Kamu juga dapat menggunakan software untuk mengecek suhu komputer secara real time, salah satunya SpeedFan.

Cara Mengatasi

Jika sudah terlanjur terjadi komputer blue screen kamu tidak perlu panik atau bingung karena terdapat beberapa cara untuk mengatasinya:

  1. Restart Komputer

Cara pertama yang harus kamu lakukan yaitu restart terlebih dahulu komputer. Caranya yaitu tekan tombol restart kemudian tunggu hingga komputer selesai melakukan booting. Setelah proses bootingnya selesai maka jika komputer tidak mengalami masalah yang parah maka komputer akan segera kembali normal.

  1. System Restore

Jika cara pertama mengatasi komputer blue screen tidak berhasil maka kamu bisa mencoba cara ini yaitu melakukan system restore pada komputer. Berikut ini caranya:

  • Pertama matikan komputer yang mengalami blue screen dengan cara menekan tombol power button kemudian tahan hingga komputer benar-benar off sempurna.
  • Setelah beberapa saat menyalakan kembali komputer. Setelah menyalakan komputer dinyalakan dan dalam keadaan booting lalu klik F8 maka Anda akan masuk ke dalam jendela booting.
  • Akan muncul berbagai pilihan, pilihlah Safe Mode kemudian tunggu hingga proses booting Safe Mode selesai.
  • Selanjutnya klik start windows – control panel – system & security – action center – recovery – open system restore – next – finish – yes.
  • Kemudian komputer akan melakukan restart biarkan komputer melakukan booting sendiri.

Jika cara ini berhasil maka komputer akan kembali ke tampilan normal.

  1. Periksa Hardware

Jika kamu sudah melakukan berbagai cara namun komputer blue screen tak juga kembali normal maka kamu bisa memperhatikan bagian hardware dari komputer. Ceklah pada bagian hardware dengan melakukan cek pada bagian hardisk terlebih dahulu. Hard disk yang rusak atau memiliki kondisi yang kurang baik juga bisa menyebabkan terjadinya blue screen pada komputer. Karena itu kamu bisa mengeceknya. Jika hardisk baik-baik saja dan tidak mengalami masalah maka berikutnya kamu bisa mengecek RAM pada komputer. Cara untuk mengecek hardisk atau Ram ini adalah dengan membuka Start Menu kemudian ketikkan Memory Diagnostics Tool.

  1. Instal Ulang Windows

Cara terakhir yaitu instal ulang windows. Cara ini merupakan cara membangun ulang windows pada komputer agar tidak mengalami kerusakan blue screen lagi.

Demikianlah tips singkat untuk mencegah komputer blue screen karena kepanasan dan cara mengatasinya, berikan sedikit waktu kamu untuk merawat komputer kesayangan kamu, kebersihan menjadi faktor penting agar komputer tidak kepanasan. Pastikan Suhu CPU Komputer tidak lebih dari 70 derajat Celcius, karena akan membuat hardware kamu menjadi rusak.

Check Also

Cara Uninstal Aplikasi di Windows 10, yang Ke-5 Dijamin Lebih Tuntas

Cara Uninstal Aplikasi di Windows 10, yang ke-5 Dijamin Lebih Tuntas

Cara uninstal aplikasi di Windows 10 ataupun memasangnya selalu menarik untuk dikulik. Cara uninstal sendiri …