pexels panumas nikhomkhai 1148820

7 Hal Penting Dalam Mencari Hosting Terbaik dan Termurah

Hal Penting Dalam Mencari Hosting Terbaik dan Termurah, Jangan Salah Pilih

Hosting adalah salah satu kebutuhan bagi pemilik website di internet. Dimana hosting sendiri jika kita ibaratkan adalah sebagai rumah untuk website kita di internet. Oleh sebab itu maka kita harus berhati-hati sebelum memutuskan untuk mencari hosting terbaik dan termurah, agar jangan sampai kita tertipu dengan beberapa promosi-promosi yang tidak sesuai dengan kenyataan yang kita harapkan nantinya.

Sebab saat ini juga ada banyak sekali beredar layanan hosting yang beredar di sekitar kita. Sehingga kita harus berhati-hati dan juga teliti dalam memilih layanan hosting yang akan kita pakai nantinya. Setidaknya kita harus bisa mencari layanan hosting terbaik dan termurah yang sesuai dengan kebutuhan website yang kita kelola.

Karena memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mencari hosting yang akan kita gunakan untuk kebutuhan website. Misalnya saja kita harus menyesuaikan dari segi trafik, layanan yang dibutuhkan hingga seberapa sering backup database dibutuhkan. Nah agar kamu tidak salah pilih dalam memilih hosting terbaik dan termurah pastikan kamu membaca postingan ini sampai selesai agar mengetahui apa saja tips memilih hosting sesuai kebutuhan website.

Cara Mencari Hosting Terbaik dan Termurah yang Sesuai Dengan Kebutuhan Website

Tentu saja kamu harus sadar bahwa dalam memilih suatu layanan hosting untuk website, tentu saja kita harus bisa memilih dengan kondisi yang sesuai dengan website yang kita miliki. Kita ibaratkan saja seperti akan membeli suatu rumah, tentu saja sebelumnya kita harus mempertimbangkan beberapa kondisi sebelum deal membeli suatu hunian bukan?

Begitu juga dengan memilih layanan hosting terbaik dan termurah yang akan kita jadikan sebagai rumah dari website yang kita miliki. Tentu saja juga dibutuhkan beberapa pertimbangkan sebelum benar-benar melakukan konfirmasi pembelian terhadap produk hosting yang akan anda beli. Nah memangnya apa saja sih tips ketika mencari hosting terbaik dan termurah? Berikut adalah beberapa tips sebelum mencari hosting untuk kebutuhan website.

Sesuaikan dengan Kegunaan dan Jenis Website

Hal yang paling utama saat mencari hosting terbaik dan termurah adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Anda hendak membuat website seperti apa? Apakah ingin dipakai secara personal saja atau hendak dipergunakan untuk banyak orang? Selain itu, apakah website tersebut diperuntukkan untuk komunitas atau perusahaan? Atau ingin membuat e-commerce atau toko online dan mengembangkan website bisnis online?

Semua hal tersebut harus benar-benar Anda pikirkan dengan baik an secara matang-matang lebih dulu. Silahkan menentukan tujuan Anda guna mengetahui apa yang Anda butuhkan. Sebab, tiap-tiap hosting punya kriteria yang tidak sama. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan maupun tujuan.

Sebagai contoh, Anda hendak memakai website secara personal atau sebagai blog, maka Anda dapat memilih layanan web hosting dari Exabytes. Jika Anda ingin membuat website untuk bisnis online, maka Anda dapat membeli hosting gratis domain sekaligus yang cocok untuk UMKM.

Mengecek Dulu Kualitas Dari Performa Server

Sebelum kamu mencari hosting terbaik dan termurah pastikan kamu harus mengetahui bagaimana sih kualitas dari server penyedia layanan hosting tersebut. Tentu saja ini menjadi hal penting yang jangan sampai anda lewatkan. Jangan sampai website kamu yang menjadi terhambat sebab masalah yang ditimbulkan oleh layanan hosting yang kamu pilih nantinya.

Sebab jika kamu memilih layanan hosting dengan performa server yang buruk, tentu saja bisa berdampak menjadi sulit diakses, tidak bisa dibuka dan berbagai macam masalah lainnya. Beberapa parameter yang bisa menjadi pertimbangan untuk kamu adalah seperti dimana lokasi server hosting yang akan anda pilih. Usahakan pilihlah lokasi server yang berdekatan dengan tempat calon dari pengunjung website kamu berada.

Pastikan Memiliki Customer Service Yang Selalu Online Dengan Layanan Prima

Berikutnya, ketika ingin mencari hosting terbaik dan termurah tentu saja kamu harus memastikan jika perusahaan server yang akan kamu pilih memiliki customer service yang selalu online dengan layanan prima. Secara garis besar, idealnya tim dari customer service ini harus selalu online selama 24 jam dalam sehari. Dengan begitu anda bisa melakukan komplain atau pengaduan masalah bantuan teknis lainnya dengan mudah kapan saja kamu mau.

Tidak hanya selalu online 24 jam saja, namun pastikan jika customer service memiliki pelayanan yang ramah, sigap dan juga prima. Jadi nantinya anda tidak akan hanya buang-buang waktu saja jika menghubungi layanan customer service yang disediakan oleh jasa hosting tersebut.

Periksa Garansi Yang Diberikan

Berikutnya, sebelum mencari hosting terbaik dan termurah pastikan kamu harus memeriksa apa saja garansi yang diberikan. Dimana salah satunya adalah garansi uang kembali yang menjadi fasilitas terbaik yang biasanya diberikan oleh suatu perusahaan dari penyedia layanan hosting. Fasilitas ini adalah salah satu tindakan penting yang dilakukan untuk menjamin kepuasan kamu yang menjadi pelanggan perusahaan mereka.

Namun jangan terlena dengan garansi yang diberikan, pastikan kamu juga harus membaca ulang beberapa syarat serta kebijakan dari garansi yang akan diberikan. Hal ini karena memang setiap perusahaan hosting memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Jadi pahami dulu setiap syarat dan ketentuan yang diberikan oleh perusahaan layanan hosting sebelum kamu melakukan konfirmasi pembelian.

Fitur Tambahan yang Diberikan

Terakhir tips ketika sedang mencari hosting terbaik dan termurah adalah kamu harus memperhatikan fitur tambahan yang diberikan oleh perusahaan penyedia layanan hosting. Dimana selain fitur utama yang memberikan layanan hosting, tentu saja terkadang kita harus mempertimbangkan keberadaan dari fitur tambahan yang disediakan oleh perusahaan layanan hosting.

Dimana biasa nya fitur tambahan yang disediakan ini adalah seperti masalah keamanan atau proteksi. Pastikan kamu selalu meneliti masalah fitur tambahan yang ditawarkan oleh layanan jasa hosting yang akan kamu pilih tersebut. Sebab keberadaan dari fitur tambahan berupa keamanan dan proteksi ini sangat penting untuk diperhatikan.

Misalnya saja untuk mengatasi masalah spam yang bisa terjadi di website kamu. Untuk mengatasinya kamu harus memilih layanan hosting yang mempunyai fitur SpamExperts, sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi dengan ancaman spam yang datang di website kamu nantinya.

Sesuaikan Harganya dengan Budget yang Anda Miliki

Hal ini merupakan faktor penting saat Anda mencari hosting terbaik dan termurah. Jangan sampai Anda membeli hosting diluar batas budget yang Anda punya. Saat ini sangat banyak tersedia paket-paket hosting yang ditawarkan oleh perusahaan hosting dengan banderol harga terjangkau. Anda juga dapat mengecek promo hosting yang disediakan, siapa tahu Anda bisa memperoleh harga yang pas dengan anggaran yang Anda punya.

Perhatikan Review

Salah satu hal yang juga penting saat Anda mencari hosting terbaik dan termurah yaitu apakah penyedia hosting tersebut mempunyai review yang bagus dan memuaskan? Alangkah baiknya jika Anda menanyakannya kepada orang terdekat, keluarga, atau teman yang memakai layanan hosting tersebut. Dengan demikian dapat menyakinkan Anda dalam menemukan pilihan layanan hosting terbaik.

Selain itu, Anda juga dapat melihat-lihat ulasan yang terdapat pada internet, Google My Business misalnya. Namun, apabila Anda masih kurang merasa yakin, Anda dapat melihat-lihat review dari sejumlah hosting, seperti Host Advice, WHTop, Website Planet maupun ulasan yang lain.

Kriteria Web Hosting Terbaik

Nah, supaya tak salah saat mencari hosting terbaik dan termurah, tentunya Anda harus menetapkan kriteria, bukan? Ya, di dalam hal ini, terdapat 4 aspek yang harus Anda ingat ketika memilih layanan hosting, yakni:

1. Kecepatan

Silahkan memperhatikan berbagai faktor yang mendukung performa servernya. Sebagai contoh yaitu bandwith, storage, serta plugin optimasi kecepatan pada sebuah website.

2. Keamanan

Pastikan juga layanan hosting yang Anda pilih bisa menjamin keamanan website Anda. Contohnya lewat proteksi malware dan DDoS, juga gratis SSL.

3. Bantuan tim support

Anda juga harus mengetahui layanan support yang disediakan oleh penyedia hostingnya. Contohnya aala 24/7 live chat, email, serta phone support.

4. Skalabilitas

Hostingnya harus mempermudah Anda untuk berkembang. Contohnya, dengan menyediakan paket-paket yang sesuai kebutuhan website Ana

Mungkin itu saja beberapa tips dari saya ketika kamu ingin mencari hosting terbaik dan termurah di Indonesia. Semoga informasi ini dapat membantu untuk kamu yang sedang kebingungan dalam mencari layanan jasa hosting di Indonesia.

Baca juga: Template Blogger Gratis 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.