Cara Mengaktifkan Fitur HDR di Windows 11 Dengan Mudah
unsplash.com

Cara Mengaktifkan Fitur HDR di Windows 11 Dengan Mudah

Cara Mengaktifkan Fitur HDR di Windows 11

Banyak fitur-fitur bagus salah satunya adalah fitur HDR di Windows. Namun sayangnya tidak semua orang bisa merasakan pengalaman menggunakan windows yang masih terbilang baru ini.

Karena sebelum upgrade ke Windows 11, perangkat Kamu harus memenuhi beberapa persyaratan minimum untuk bisa menginstall Windows 11. Silahkan mengecek PC/laptop Kamu apakah memenuhi persyaratan sistem atau tidak.

Bagi Kamu yang menggunakan Windows 11 mungkin belum kenal dengan fitur HDR. Berikut penjelasan singkatnya.

Apa itu Fitur HDR di Windows 11?

HDR di Windows 11 menawarkan kecerahan dan kemampuan warna yang lebih baik dibandingkan konten tradisional (terkadang disebut konten rentang dinamis standar [SDR]). Konten tradisional biasanya menampilkan detail di bagian terang dari sebuah adegan atau bagian yang lebih gelap dari sebuah adegan, tetapi tidak di kedua bagian pada saat yang bersamaan. Misalnya, jika bidikan berfokus pada jendela terang dalam pemandangan, detail dalam bayangan akan hilang.

Mudahnya, fitur HDR adalah fitur untuk memaksimalkan cahaya, warna pada laptop Kamu ketika menjalankan game atau sedang menonton film.

 

Cara Mengaktifkan Fitur HDR di PC/Laptop Windows 11 [2022]

  1. Pilih Tombol Start Windows, lalu Pilih SettingsSystemDisplay.
  2. Pilih menu HDR – Pilih opsi On pada Play streaming HDR video.
  3. Selesai.

Cara Mengaktifkan Fitur HDR di Windows 11

Terdapat kasus bahwa fitur Use HDR di laptop saya menampilkan status Not supported, Namun Opsi untuk mengaktifkan fitur Play streaming HDR video Supported.

Use HDR (ketika di aktifkan, akan meningkatkan dan mengoptimalkan gambar dari game yang Kamu jalankan). Sementara Play streaming HDR video (akan meningkatkan gambar secara otomatis ketika Kamu melakukan streaming video/film).

Jika di laptop/PC Kamu supported keduanya, silahkan di Aktifkan saja untuk mendapatkan pengalaman menggunakan fitur HDR Windows 11. Semoga Bermanfaat.

Bagaimana Cara Mengonfigurasi Pengaturan HDR Terbaik Untuk Perangkat?

Teknologi HDR memang merupakan sebuah fitur yang dapat mengatur sebuah kecerahan sekaligus warna pada tampilan layar agar memberikan gambar serta video yang memiliki kualitas tinggi. Dalam berbagai kebutuhan seperti game kita tentu membutuhkan kualitas gambar serta video terbaik agar mampu menunjangnya.

Sehingga pada saat sebuah perangkat non HDR Anda gunakan untuk bermain game terlebih dahulu wajib untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layarnya menyesuaikan keadaan pada game. Namun hal tersebut tentu membutuhkan waktu dan jauh lebih tidak efisien bukan?

Pengaturan HDR di Windows

Adanya fitur HDR di Windows 11 maka keuntungan yang bisa didapatkan antara lain adalah layar PC maupun TV mendapatkan kualitas warna terbaik sehingga gambar yang Anda lihat pun jauh lebih berkualitas. Ketika Anda menyambungkan layar dengan WIndows yang sama-sama memiliki kemampuan dalam mendukung HDR serta WCG gambar yang tampil tentu akan jauh lebih cerah dinamis serta detail daripada jika Anda hanya menggunakan tampilan SDR.

Selain itu ketika Anda merupakan gamers maka layar haruslah memiliki kemampuan HDR untuk mendapatkan game yang berkualitas. Lalu apa saja persyaratan tampilan layar untuk fitur HDR Windows ini?
Pastikan layar Anda memang berkemampuan untuk mendukung HDR terlebih dahulu. Kemudian mulai aktifkan dan ikuti langkah berikut ini :
– Klik tombol mulai kemudian masuk ke pengaturan. Lalu masuk ke Tampilan dan Sistem

– Apalbila Anda memiliki beberapa layar yang telah tersambung pada PC maka pilihlah salah satu dengan kemampuan menerima HDR terbaik.
– Kemudian aktifkan dan HDR siap untuk digunakan.

Bagaimana Cara Mengaktifkan HDR di Windows 11?

Ketika Anda ingin merasakan penggunaannya pada saat melakukan aktivitas game maka pertama-tama yang harus dilakukan adalah aktifkan fitur HDR ini. kemudian ikuti langkah selanjutnya berikut ini.

1. Tekan tombol win+1 untuk masuk dalam mode pengaturan.
2. Buka sistem > Tampilan
3. Pilih layar pendukung terbaik untuk mendapatkan optimalisasi HDR.
4. Aktifkan tombol yang ada di sebelah opsi
5. Gunakan HDR dan siap untuk memutar streaming HDR.

Cara mengkalibrasi tampilan untuk Game HDR di Windonws 11
Melakukan kalibrasi pada sebuah tampilan memang penting adanya. Sehingga siapa saja wajib melakukan ini. Langkahnya cukup mudah pertama adalah aktifkan fitur HDR di Windows untuk tampilan di PC kemudian mulailah proses kalibrasi pada tampilan tersebut. Bagaimana cukup mudah bukan?

Baca juga: Trik Mengoptimalkan Kinerja Komputer yang Lemot