Simak 6 Cara Membersihkan Laptop Bagian Luar dengan Tepat!
frreepik.com

Simak 6 Cara Membersihkan Laptop Bagian Luar dengan Tepat!

Cara membersihkan laptop bagian luar membutuhkan langkah yang khusus agar kualitasnya terjamin. Oleh karena itu, akan lebih baik jika ingin melakukan pembersihan Anda segera mencari cara amannya seperti berikut ini.

Perangkat akan terjaga kualitasnya jika memang kita dengan rajin membersihkannya secara berkala. Selain itu kita sebagai pengguna juga akan jauh lebih merasakan aman dan nyaman bukan? Maka dari itulah apabila ingin mendapatkan kondisi terbaik silahkan untuk menggunakan cara dari kami.

Khususnya jika masih takut untuk membersihkannya secara mendalam. Kami memiliki langkah khusus yang akan tetap aman untuk perangkat laptop milik Anda tersebut. Langsung saja ikuti pembahasan sampai selesai untuk menghindari salah paham tentu saja.

Cara Membersihkan Laptop Bagian Luar dengan Tepat

Persiapkan beberapa peralatannya juga untuk bisa membersihkan secara mendalam tanpa merusak perangkatnya. Jadi jangan lewatkan langkah berikut ini, simak selengkapnya cara membersihkan laptop bagian luar berikut ini.

  1. Siapkan Alat dan Bahan Pembersihnya

Langkah pertama silahkan untuk membersihkan alat dan bahan yang akan membantu membersihkan laptop bagian luarnya tersebut. Mulai dari air, cairan pembersih, alkohol, spons, kapas, kemoceng udara, sikat pembersih khusus lensa, pembersih lcd, kain microfiber dan wadah.

Beberapa bahan yang sulit untuk ditemukan bisa digantikan dengan cairan pembersih saja pada dasarnya. Hanya saja jika Anda bisa melengkapi beberapa bahan tersebut bisa membersihkan dengan sangat baik. Maka dari itulah akan lebih baik jika Anda paling tidak melengkapinya.

  1.   Buat Cairan Pembersih

Lanjut untuk membuat cairan pembersihnya kita perlu mencampurkan air dengan cairan pembersihnya. Ingat tetap gunakan cairan pembersih seperti biasa digunakan untuk mencuci piring dengan takaran sedikit saja. Pasalnya jelas nanti akan menimbulkan busa, akan lebih baik jika sedikit saja kita menggunakannya.

  1.   Mulai Pembersihan

Setelah menyiapkan cairannya tersebut kita tinggal gunakan saja menggunakan spons yang sudah disiapkan. Rendam lalu peras dahulu sebelum mengusapkan ke laptop bagian luarnya tersebut. Mulai dari bagian atas, samping-sampingnya dan bawahnya.

Ingat bahwa ketika mengusap jangan sampai spons memiliki kandungan air. Karena ditakutkan bisa masuk ke dalam perangkat laptop tersebut dan merusak komponennya tentu saja. Bersihkan secara merata untuk mendapatkan kondisi terbaiknya dengan hati-hati.

  1.   Jangkau Keyboard dengan Detail

Keempat, cara membersihkan laptop bagian luar adalah menjangkau pada bagian paling sulit. Biasanya bagian ini adalah keyboard, memiliki banyak debu dan kotoran yang menempel dan sulit untuk kita bersihkan. Posisikan laptop miring dan tiup terlebih dahulu sebelum membersihkan.

Setelah itu ambil kapas dan tuangkan cairan alkohol yang akan membersihkan kotoran yang masih menempel. Apabila ingin mendapatkan kualitas paling bersih jangan sampai melewatkan bagian tutsnya satu per satu. Karena pada keyboard kami sarankan Anda untuk menggunakan alkohol saja sehingga cepat kering.

Untuk bagian yang sulit untuk dijangkau silahkan menggunakan cotton bud saja. Karena jauh lebih mudah menggunakan alat yang menjangkau bagian kecil seperti ini. Celupkan cotton bud tersebut lalu kotoran akan terserap langsung dengan mudah sekali.

  1.   Bersihkan Kipas Pendingin

Cara membersihkan laptop bagian luar yang juga jangan dilewatkan adalah bagian kipas pendinginnya. Perangkat tambahan ini menghalau suhu panas ketika laptop digunakan dalam waktu yang lama. Bahkan menghindari dari nge lag juga, maka dari itulah mulai sekarang pertimbangkan membersihkan menyeluruh.

Nantinya kit bisa menjangkau kotoran sampai dalam menggunakan kemoceng khusus atau cotton bud juga bisa. Otomatis debu akan hilang dan tidak masuk ke dalam perangkat laptop yang Anda gunakan. Sering-seringlah membersihkan kipas pendingin jika ingin memiliki laptop yang selalu bersih dan terhindar dari suhu panas.

  1.   Lalu Bagian Layar Laptop

Keenam ada cara membersihkan laptop bagian luar yang juga penting, yaitu pada layarnya. Menggunakan microfiber yang dibasahi dengan alkoholnya untuk membersihkan secara merata sampai ke LCD dan usap perlahan. Ulangi beberapa kali hingga akhirnya layar kembali jernih dan bisa kembali digunakan lagi.

Jangan lupa keringkan kembali kondisi basah pada beberapa bagian laptop tersebut. Pasalnya akan memberikan pengaruh terhadap kondisi laptopnya tersebut tentu saja.

Pada dasarnya cara membersihkan laptop bagian luar ini mudah. Hanya saja kita perlu tetap berhati-hati agar tidak malah merusak perangkat yang hanya perlu dibersihkan tersebut.

Check Also

Cara Mengupdate Aplikasi di Laptop

Cara Mengupdate Aplikasi di Laptop dan PC Paling Mudah

ABBOX.ID – Cara mengupdate aplikasi di laptop berikut ini bisa Anda lakukan untuk memperbarui aplikasi …