cara melacak laptop yang hilang
which.co.uk

5 Cara Melacak Laptop yang Hilang atau Dicuri, Mudah dan Cepat Ketemu

Cara melacak laptop yang hilang memang bukan perkara yang mudah. Akan tetapi, bukan berarti hal mustahil. Ya, kemungkinan ditemukannya laptop hilang tersebut masih tetap ada, kok. Kasus kehilangan notebook ataupun laptop memang tidak serawan tablet atau handphone.

Pasalnya, ukuran laptop atau notebook ini memang lebih besar. Supaya laptop yang Anda miliki tidak hilang atau dicuri, maka Anda perlu melakukan tindakan pencegahan guna memberikan pengamanan pada perangkat laptop kesayangan Anda tersebut.

Akan tetapi, apabila laptop Anda hilang atau tercuri, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna melacak keberadaan laptop tersebut. Di bawah ini merupakan ulasan mengenai berbagai cara untuk mengetahui lokasi laptop Anda yang hilang atau tercuri dengan mudah.

cara melacak laptop yang hilang
which.co.uk

Cara Melacak Laptop yang Hilang, Temukan Pembahasannya Disini!

Sekarang ini, laptop bukan lagi merupakan barang mewah. Namun laptop adalah kebutuhan yang mesti terpenuhi oleh hampir setiap orang untuk belajar maupun bekerja. Harga jual laptop yang masih tergolong tinggi jadi salah satu faktor yang menyebabkan laptop menjadi incaran perilaku kriminalitas.

Selain itu, ukuran laptop yang tak terlampau besar dan bobotnya termasuk ringan menjadikan laptop gampang dicuri. Kehilangan laptop tidak hanya menyebabkan kerugian yang besar dari segi materi (keuangan), namun juga menjadikan data, informasi, maupun file penting yang tersimpan di dalam laptop juga turut menghilang.

Bayangkan, apabila Anda menyimpan file atau data di dalam laptop tanpa lebih dulu membackup-nya, tentu saja akan sangat merugikan. Selain itu juga akan mengganggu kegiatan bekerja maupun belajar Anda, bukan?

Tak perlu cemas, apabila Anda mengalami kehilangan atau pencurian laptop, Anda bisa melakukan beberapa cara melacak laptop yang hilang berikut ini.

Aktifkan Temukan Perangkat Saya

Cara mengetahui lokasi laptop Anda yang hilang atau tercuri bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan fitur bernama ‘Temukan Perangkat Saya’ ini. Untuk pengguna Windows, Anda dapat masuk memakai akun Microsoft Anda. Akan tetapi, pastikan Anda merupakan administrator pada perangkat tersebut, ya!

Fungsi dari fitur ‘Temukan Perangkat Saya’ yaitu untuk mendeteksi lokasi perangkat walaupun pengguna lainnya menonaktifkan pengaturan lokasinya. Lalu, bagaimana cara untuk mengaktifkan fitur satu ini? Gampang, Anda dapat langsung memilih Mulai Windows > Pengaturan > Pembaruan dan keamanan lalu klik ‘Temukan Perangkat Saya’.

Nah, sesudah fitur ‘Temukan Perangkat Saya’ tersebut aktif serta Anda sudah login ke akun Microsoft, cara melacak laptop yang hilang adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah tab ‘Temukan Perangkat Saya’.
  2. Langkah selanjutnya yaitu pilihlah perangkat yang ingin Anda temukan.
  3. Klik pada ‘Temukan’ guna menampilkan lokasi perangkat Anda.
  4. Apabila Anda telah menemukan perangkat pada peta, silahkan mengunci Windows .Anda dari jarak jauh dengan memilih opsi ‘Kunci’ lalu klik ‘Berikutnya’.
  5. Selanjutnya atur ulang password atau kata sandinya guna meningkatkan keamanan.

Pemblokiran Serial Number

Cara melacak laptop yang hilang menggunakan serial number yakni dengan pemblokiran. Pada saat  kehilangan laptop, maka Anda dapat menghubungi service center vendor laptop Anda guna melakukan pemblokiran serial numbernya.

Pastikan Anda punya nomor atau alamat yang dapat dihubungi ke service center tersebut, ya. Kemudian beritahukan mengenai spesifikasi maupun serial number laptop yang tercantum di box laptop milik Anda yang hilang.

Tujuan pemblokiran serial  number yang dilakukan oleh pihak service center ini yaitu akan mempermudah pelacakan dan juga pendeteksian lokasi oleh service center tersebut pada saat laptop dipakai.

Melacak IP Address Memakai Gmail atau Dropbox

Cara melacak laptop yang hilang selanjutnya yaitu dengan memakai Gmail atau Dropbox. Ya, jika laptop kesayangan Anda hilang dicuri orang, maka Anda dapat memanfaatkan Dropbox atau Gmail guna melacak IP address si pencuri laptop tersebut.

Pada saat Anda melakukan login atau masuk ke Gmail atau Dropbox lewat komputer mana saja, maka Anda juga masuk ke IP address yang dipakai. Nah, kedua layanan ini bakal menampilkan IP address terakhir yang dipakai oleh akun Anda.

Pada akun Gmail, Anda dapat menemukannya di bagian kanan bawah yang tulisannya ‘Details’. Sementara itu, ada Dropbox, Anda dapat masuk ke bagian menu ‘Setting’ lalu pilihlah ‘Security’. Jika si pencuri laptop memakai laptop Anda, maka IP address yang tercatat kemungkinan besar adalah milik mereka. Dengan begitu, Anda dapat melacak keberadaannya.

Gunakan Aplikasi Prey

Cara melacak laptop yang hilang lainnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, bernama Prey. Supaya aplikasi Prey ini bisa beroperasi, tentu saja lebih dulu Anda mesti melakukan install.

Anda dapat menginstall aplikasi pelacak laptop hilang ini secara gratis. Namun, Anda hanya bakal memperoleh 3 fitur utama aplikasi Prey. Apabila Anda memang merasa cocok, maka silahkan langsung upgrade ke paket personal dengan membayar kira-kira Rp 67.000-an saja tiap bulannya. Selain itu tersedia paket home yang harganya Rp 200 ribu per bulan.

Cara melacak laptop yang hilang, Prey yang sudah terinstall bakal memberikan pemberitahuan atau notifikasi begitu terkoneksi ke jaringan internet. Cara menginstall aplikasi Prey pun cukup gampang. Langkah pertama, Anda mesti membuka website Prey di klik disini lewat laptop Anda.

Selanjutnya buatlah akun supaya bisa login. Nah, apabila sudah, silahkan klik opsi ‘Add New Device’ lalu tentukan jenis perangkat yang hendak Anda lindungi.

Berikutnya, install program Prey yang sebelumnya sudah Anda unduh pada laptop. Buka program itu kemudian klik ‘Existing User’ apabila Anda sudah memiliki akun. Secara default, Prey bakal memberikan update terkait posisi laptop selama 10 menit sekali.

Akan tetapi, Anda bisa mengubah pengaturan pada ‘Prey Configuration’ lalu menetapkan jangka waktu untuk update pelacakan lokasi dalam hitungan menit. Nah, sekarang laptop Anda sudah punya GPS supaya tetap aman, ya!

LockItTight

Cara melacak laptop yang hilang berikutnya yaitu dengan menginstal aplikasi LockItTight. Ya, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi LockItTight yang akan mempermudah Anda untuk melacak posisi laptop dan juga memata-matai orang yang mencuri laptop Anda.

Dengan demikian, Cara melacak laptop yang hilang atau dicuri bisa ditemukan lebih cepat dan gampang. Bahkan, Anda pun bisa melakukan screen capture terhadap seluruh aktivitas pencuri lewat webcam yang terdapat di laptop. Termasuk juga melihat situs apa saja yang pencuri tersebut buka dari laptop tersebut.

Untuk memakai aplikasi satu ini tentu saja Anda mesti menginstalnya terlebih dulu. Tersedia opsi instal secara gratis maupun berbayar alias premium. Apabila Anda install secara gratis, maka Anda akan mendapatkan lima fitur dari aplikasi LockItTight ini.

Akan tetapi, apabila Anda menginginkan untuk bisa menikmati semua fitur di dalam aplikasi ini, maka Anda harus berlangganan dengan mengeluarkan budget kira-kira 26 ribu per bulannya.

Nah, itu tadi merupakan beberapa cara melacak laptop yang hilang, baik dengan serial number maupun menggunakan cara-cara lain yang bisa Anda praktekkan. Tentu saja, hal seperti ini dapat Anda lakukan sebagai usaha untuk menjaga laptop Anda supaya tetap aman. Selain itu, jika terjadi kehilangan, Anda bisa dengan mudah dan cepat untuk mencari posisi laptop tersebut.

Check Also

4 Cara Menyambung Internet dari HP ke Laptop dengan Mudah!

4 Cara Menyambung Internet dari HP ke Laptop dengan Mudah!

Kali ini kita akan membahas cara menyambung internet dari HP ke laptop. Dahulu orang yang …