8 Ciri Ciri HP Terkena Malware atau Virus yang Membahayakan

8 Ciri Ciri HP Terkena Malware atau Virus yang Membahayakan

Abbox ID – Ciri ciri HP terkena malware berikut ini tentunya harus Anda waspadai dan harus segera melakukan cara penanganan yang tepat. Semua seri ponsel mulai dari HP Android hingga iOS sekalipun memang terancam dengan virus.

Keberadaan virus tersebut tentunya bisa merugikan kita sebagai pemilik ponsel. Ponsel merupakan alat elektronik yang sangat penting bagi kehidupan kita. Setiap hari kita selalu menggunakan ponsel untuk berbagai urusan. Baik itu urusan pekerjaan yang pastinya sangat penting, urusan belajar, maupun hanya untuk hiburan saja.

BACA JUGA : 3 Cara Menyimpan Reels di Instagram ke Galeri Ponsel Anda

Nah, ketika ponsel bermasalah tentunya kegiatan kita selama menggunakannya juga akan terganggu. Salah satu penyebab masalah ini yaitu adanya virus yang menyerang ponsel kita. Hal tersebut tentu tidak boleh akan biarkan sebab bisa memberikan dampak buruk kedepannya.

Ciri Ciri HP Terkena Malware yang Harus Anda Kenali

8 Ciri Ciri HP Terkena Malware atau Virus yang Membahayakan

Virus atau malware merupakan perangkat lunak yang berbahaya untuk ponsel kita. Sebab malware bisa merusak perangkat, menyebabkan kekacauan, bahkan mencuri data. Tanpa kita sadari, ada banyak kebiasaan yang membuat ponsel terinfeksi malware.

Misalnya yaitu karena menggunakan WiFi yang tidak aman seperti di tempat umum. Apalagi WiFi tersebut bisa Anda akses secara gratis tanpa perlu memasukkan sandi. Kemudian bisa juga karena membuka email yang mencurigakan dan mengharuskan kita untuk mengklik tautan. Selain itu bisa juga karena ponsel menerima pesan teks yang mencurigakan. Biasanya cara ini digunakan oleh para peretas untuk melakukan phising atau upaya penipuan.

Kemudian penyebab lainnya yaitu karena Anda memasang aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Malware atau virus bisa menyerang ponsel kapan saja dengan mudah. Karena itu Anda harus mengenali ciri ciri hp terkena malware agar bisa menanganinya dengan cepat. Lalu seperti apa saja ciri ciri tersebut? Berikut adalah beberapa diantaranya:

HP Lemot

Ciri pertama yaitu HP menjadi lemot ketika Anda sedang menjalankan aplikasi. Sebab beberapa virus bisa mempengaruhi performa HP sehingga bisa mengakibatkan error dan akhirnya merusak HP. Namun pada beberapa kasus lemot yang terjadi tidak terlalu parah.

Penggunaan Data yang Boros

Jika Anda merasa tiba-tiba kuota cepat habis daripada biasanya maka bisa jadi hal HP sudah terserang virus. Apalagi jika Anda merasa tidak melakukan aktivitas yang memakan banyak data. Karena itu Anda harus lebih teliti dan memperhatikan konsumsi data.

Booting Lama

Ciri ciri HP terkena malware selanjutnya yaitu proses booting yang lebih lama. Sehingga saat menghidupkan ponsel mati memerlukan waktu yang lebih lama pula. Jika hal tersebut terjadi maka Anda patut curiga jika memang HP terserang malware.

Baterai Cepat Habis

Selain bisa membuat data boros, malware juga bisa membuat konsumsi daya baterai menjadi lebih cepat habis. Sebab virus akan mengonsumsi banyak daya baterai untuk mengakses data yang ada di dalam ponsel. Karena itu Anda bisa mengecek apakah baterai cepat habis sebab virus atau bukan.

Muncul Banyak Iklan

Jika sebelumnya HP Anda tidak terdapat banyak iklan, namun tiba-tiba iklan sering bermunculan maka Anda wajib waspada. Sebab bisa saja iklan tersebut muncul karena adanya malware. Beberapa virus memang memberikan iklan agar Anda klik sehingga membuat HP bermasalah bahkan untuk peretasan data.

Aplikasi Terinstal Otomatis

Ciri ciri HP terkena malware berikutnya yaitu adanya aplikasi yang terinstal otomatis tanpa Anda sadari sebelumnya. Bisa saja aplikasi tersebut terinstal karena virus yang menyerang ponsel. Bahayanya aplikasi tersebut malah bisa meretas data yang tersimpan dalam ponsel.

HP Mati Saat Melakukan Panggilan

Ciri ciri HP terkena malware berikutnya yaitu HP mati secara otomatis saat Anda sedang melakukan panggilan telepon. Sebab virus juga mampu mengganggu jalannya panggilan telepon. Akibatnya tentu aktivitas menelepon menjadi terganggu, apalagi jika masalah ini sering terjadi.

Browsing Terganggu

Ketika mencari suatu informasi di internet, Anda akan menemukan beberapa iklan yang mengganggu. Bisa saja iklan tersebut muncul karena adanya malware di dalam website yang Anda kunjungi. Itulah beberapa ciri ciri HP terkena malware yang perlu Anda kenali. Jika memang HP sudah terserang malware atau virus maka Anda harus segera menghilangkan malware tersebut.

Check Also

Melacak HP Hilang Dengan NO HP

9 Cara Melacak HP Hilang Dengan NO HP, Temukan Dengan Cepat

Abbox ID – Melacak HP hilang dengan no HP terdapat banyak metode hanya dengan langkah …