Cara Kompres File PDF
pexels.com

Cara Kompres File PDF Jadi Lebih Kecil, No 3 Tanpa Apk!

Cara Kompres File PDF Jadi Lebih Kecil

Cara kompres file PDF – Banyak cara untuk mengecilkan ukuran file PDF, biasanya orang-orang akan mencari tutorial cara kompres file pdf pada saat pembukaan CPNS. Karena pada proses pendaftaran, calon harus mengupload berkas scan yang sudah panitia tentukan, ukuran file pdf tidak boleh kurang dan lebih.

File PDF yang ukurannya terkadang lumayan besar. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan kompresi pada file PDF. Perlu diketahui bahwa kompresi merupakan teknik mengecilkan ukuran data file yang besar menjadi lebih kecil tanpa mengubah kualitas isi dari file tersebut.

Tujuannya yaitu untuk menghemat pemakaian data storage dan menjaga agar kapasitasnya selalu cukup untuk menyimpan data lainnya, dan yang paling penting untuk memenuhi syarat upload seperti keperluan data scan CPNS.

Cara Kompres File PDF

Berikut ini adalah cara cara kompres file PDF tanpa mengurangi kualitas isi dari file tersebut.

Cara kompres PDF tanpa aplikasi pertama yakni melalui situs SmallPDF. Dari namanya saja sudah bisa menjelaskan fungsinya, yakni memperkecil ukuran file PDF. Situs ini bisa kamu akses kapan saja dengan mudah. Kamu tidak perlu melakukan pendaftaran pada situs tersebut ataupun melakukan syarat apapun, cukup buka situsnya lalu kompres file PDF sesuai kebutuhan.

Langkah-langkahnya :

  1. Buka situs SmallPDF.
  2. Klik “pilih file”, lalu drop file PDF yang ingin kamu kompres dari PC atau langsung dari smartphone.
  3. File kemudian otomatis dikompres. Tunggu proses hingga 100%.
  4. Setelah proses kompres selesai, pilih “Unduh File Sekarang”. Hasilnya file akan berkurang ukurannya tanpa merubah isi di dalamnya.

Baca juga: Cara Menghubungkan OVO ke PayPal

PDFCompressor

Cara kompres file PDF untuk langkah selanjutnya ini adalah dengan menggunakan situs yang bernama PDF Compressor. Ini merupakan salah satu situs untuk kompres PDF secara online yang banyak digunakan.

Kelebihan dari situs PDF Compressor ini yaitu hasilnya yang tidak akan mengubah kualitas dari isi file yang telah di kompres. Caranya cukup simpel yaitu:

  1. Buka situs PDF Compressor.
  2. Pilih opsi “Unggah File”.
  3. Pilih file yang akan Anda kompres.
  4. Klik “Unduh” file yang sudah Anda kompres.
  5. Selesai, nanti ukuran file akan berubah menjadi kecil.

Microsoft Word

Siapa sangka ternyata aplikasi Microsoft Word ini tidak hanya bisa membuat file saja, melainkan bisa mengecilkan file pula. Jadi Microsoft Word ini adalah cara kompres file PDF di laptop yang bisa Anda lakukan secara offline.

Akan tetapi cara ini hanya berlaku untuk pengguna Microsoft Word 2013 ke atas saja. Jika Anda salah satu pemiliknya, maka bisa menggunakan cara ini.

  1. Buka aplikasi Microsoft Word.
  2. Pilih menu “File lalu “Open dan pilih file yang akan Anda kompres.
  3. Secara otomatis file akan langsung terconvert dalam bentuk Word.
  4. Klik “OK” kemudian klik lagi pilihan Save As Type PDF.
  5. Klik opsi “Optimize for: Minimum Size” dan Save.
  6. Selesai.

SodaPDF

Untuk cara kompres file PDF, Anda bisa menggunakan situs yang bernama Soda PDF ini. Sebab Soda PDF ini adalah situs yang bisa Anda gunakan untuk kompres file secara offline sesuai keinginan.

Sehingga bagi Anda yang tidak sedang online, maka situs ini juga telah tersedia dalam bentuk offline. Anda bisa menggunakannya dengan cara menginstalnya dahulu.

Langkah-langkah:

  1. Upload file yang akan Anda kompres dan klik “Choose File”.
  2. Tentukan kualitas (low quality, good quality dan high quality).
  3. Klik opsi “Compress PDF Files” dan tunggu beberapa saat.
  4. Unduh File.
  5. Selesai.

Setelah Anda tahu bagaimana cara kompres file PDF, kini saatnya untuk langsung mempraktekkannya sendiri. Caranya juga tergolong sangat mudah, Anda bisa memanfaatkan situs-situs tersebut untuk mengecilkan sebuah file. Sehingga mulai sekarang saatnya Anda untuk melakukan kompres file PDF.