Cara Buat Filter di Instagram
pixabay.com

Cara Buat Filter di Instagram, dengan 1 Aplikasi!

Cara buat filter di Instagram menarik untuk kamu simak! Pernah menggunakan filter di aplikasi Instagram? Umumnya, filter ditambahkan pada story foto maupun video. Tujuannya untuk membuat hasil wajah lebih cantik dan sarana seru-seruan.

Filter pada aplikasi populer satu ini, memang banyak jenisnya. Namun tahukah kamu, ternyata filter bisa dibuat sendiri loh!

Cara Buat Filter di Instagram
pixabay.com

Simak Cara Buat Filter di Instagram, Mudah dan Cepat!

Berbagai macam pilihan filter di aplikasi Instagram yang biasa kamu pakai, pada dasarnya bisa dikreasikan sendiri sesuai keinginan pengguna. Jika merasa tidak puas dengan hasil yang ada, kamu bahkan bisa leluasa membuatnya sendiri!

Meski begitu, banyak yang belum tahu tentang cara buat filter di Instagram. Tidak perlu cemas, di ulasan kali ini akan membahas tuntas cara buat filter di Instagram hingga menghasilkan sebuah karya populer.

Aplikasi Spark AR Studio

Sebuah aplikasi besutan Augmented Reality. Teknologi ini bukanlah jenis baru, bahkan kehadirannya sudah ada sejak 1960. Seiring berjalannya waktu, membuat Augmented Reality semakin populer. Booming pada tahun 2016, pertama kali ketika game Pokemon Go digandrungi banyak pengguna.

Spark AR Studio sendiri menjadi bagian dari Facebook Augmented Reality, aplikasi ini memungkinkan semua pengguna, dalam membuat hingga membagi filter efek karyanya di Instagram. Spark AR Studio kompatibel dengan sistem Windows serta Mac.

Setelah berhasil membuat filter di aplikasi ini, kamu bisa langsung mencoba di ponsel pintar. Cara mendapatnya juga sangat mudah, yakni dengan download aplikasi Spark Ar Player di Play Store maupun App Store.

Sepak Terjang Filter Karya AR di Instagram

Kini, aplikasi Instagram telah menawarkan fitur khusus galeri Efek AR. Di sini pengguna dapat menelusuri berbagai macam filter AR, yang dibuat oleh para kreator.

Galeri filter AR bisa kamu temukan dengan mudah, cukup mudah buka mode filter Instagram geser hingga paling ujung, kemudian klik tanda kaca pembesar.

Selain filter, AR juga bisa kamu gunakan untuk proses membuat games. Barangkali bukan games dengan teknik detail, namun model gameplay yang mengkombinasikan tampilan 3D. Sehingga mampu mendemonstrasikan permainan secara sederhana dan efektif.

Beberapa Kemampuan AR

  • Mampu mengembangkan aplikasi AR dari ARCore serta Vuforia. Efektif untuk tools game dan aplikasi ringan lainnya.
  • Menerapkan augmentasi gambar, wajah, pencahayaan, environmental understanding hingga melacak pergerakan.
  • Mudah diterapkan dan sangat kompatibel pada beberapa device.
  • Fleksibel dengan banyak sosial media seperti Facebook dan Instagram. Hal ini memungkinkan pengguna membuat konten untuk Facebook maupun Instagram secara cepat, mudah dan praktis.
  • Hasil filter jauh lebih bagus, halus dan mulus.

Meski begitu, aplikasi ini baru bisa dijalankan pada PC maupun laptop. Belum tersedia aplikasi AR yang kompatibel dengan sistem ponsel pintar seperti Android dan iPhone.

Cara Buat Filter di Instagram dengan Aplikasi Spark AR Studio

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kamu perlu mendownloadnya terlebih dahulu. Seperti sudah tertera sebelumnya, Spark AR Studio bisa dipakai untuk laptop atau komputer dengan sistem Windows 10 dan Mac OS.

Apabila aplikasi ini sudah siap, kamu bisa segera membuat filter dengan mengikuti langkah mudah di bawah ini.

  1. Cara buat filter di Instagram yang pertama, buka aplikasi dan pilih ikon contoh untuk bahan referensi. Kamu bisa mengetuk “Samples” dan berbagai model filter akan langsung muncul.
  2. Langkah berikutnya adalah menyunting filter. Dalam hal ini, kamu bisa langsung mengatur ulang contoh filter yang ada, dengan variasi lain sesuai keinginan.
  3. Ketuk tab “Scene” untuk membuat variasi tertentu dengan lebih cepat dan mudah.
  4. Setelah selesai melakukan beberapa perubahan, ada baiknya untuk melihat pratinjau filter dengan mengetuk ikon “Preview”.
  5. Agar lebih yakin, lakukan uji coba dengan membuat foto atau video dengan wajahmu sendiri.
  6. Klik bagian kiri layar tepat pada fitur kamera. Ikon tersebut akan membuka webcam pada laptop dan menunjukkan hasil akhir dari filter karyamu.
  7. Jika sudah bagus, kamu bisa langsung mengirimnya ke aplikasi Instagram.
  8. Cara buat filter di Instagram selesai.

Cara Ekspor Hasil Filter

Untuk mengunggah hasil filter, kamu perlu melakukan beberapa langkah. Agar lebih jelas, silahkan simak uraiannya di bawah ini.

  • Filter yang sudah selesai kamu buat silahkan disimpan terlebih dulu.
  • Jika sudah tersimpan, kemudian pilih “File” lalu “Export”.
  • Lanjutkan dengan pilih “ekspor filter untuk Instagram”.
  • Terakhir klik file “Export”.

Untuk cara buat filter di Instagram proses mengunggah filternya agar bisa dicoba oleh semua pengguna, kamu perlu melakukan login Instagram di komputer atau laptop. Ketik https://www.facebook.com/sparkarhub/ di browser, lalu pilih “Upload Effect”. Pilih tujuan filter, misalnya Instagram dan bubuhkan nama sesuai keinginanmu.

Di bagian ikon efek, bisa kamu tambahkan gambar untuk memberi identitas unik. Setelah itu “Upload” dan “Continue”. Filter karyamu bisa langsung terunggah secara otomatis. Setiap pengguna Instagram yang meng-klik filter tersebut, juga bisa langsung mencoba dengan wajah mereka.

Selalu lakukan pratinjau filter buatanmu melalui aplikasi. Untuk memeriksa kamu bisa memilih opsi “Preview in App”. Sedangkan untuk berbagi ke jaringan lebih luas pada sahabat, teman maupun saudara pilih “Get a preview link”.

Demo Filter Karya Sendiri

Setelah cara buat filter di Instagram karyamu selesai, silakan kunjungi lagi laman pengaturan Spark AR di Facebook. Tentukan kategori filter, sesuai dengan tema yang kamu inginkan. Gunakan tautan pratinjau yang telah disimpan, dan rekam video filter menggunakan ponsel pintarmu.

Nantinya video itu bisa menjadi sarana demo, yang otomatis muncul saat orang menggunakan filter buatanmu. Sesuaikan waktu yang tepat untuk filter keluar di Instagram, jangan lupa isi “Review Information”. Hal ini sebagai syarat ketika filter buatanmu diperiksa sebelum digunakan oleh publik.

Peluang Kreativitas yang Semakin Terbuka Lebar

Kebutuhan akan filter cantik Instagram dewasa ini semakin tinggi. Setiap orang dari berbagai kalangan, memakai tambahan filter untuk melengkapi foto dan video mereka. Rasanya, kurang afdol jika tidak membubuhkan tambahan filter untuk kebutuhan konten.

Menjadi aplikasi yang sangat menarik, Spark AR Studio mampu menampung jutaan ide kreatif, dari semua orang di belahan dunia manapun. Pengguna bebas bereksperimen menciptakan efek atau filter original sesuai keinginan. Tingkatkan kreativitas dengan mengetahui cara buat filter di Instagram dengan aplikasi ini.

Aplikasi Spark AR Studio sangat mudah pengguna unduh, selama menggunakan laptop maupun komputer yang kompatibel. Bentuk kreativitas yang kian beragam, selain mampu meningkatkan brand awareness, juga menjadi sarana hiburan dengan karya kekinian.

Setiap komponen di dalam aplikasi ini mudah dipahami. Tampilannya juga user-friendly, bahkan pengguna awam pun bisa langsung berkreasi sebebas-bebasnya. Tersedia tutorial untuk tambahan referensi bagi para pengguna.

Aplikasi Instagram bisa langsung menampilkan filter AR pada bagian browse effect. Bahkan pengguna bisa menemukannya dengan mudah saat membuka fitur kamera di aplikasi tersebut. Selain membuka galerinya, kamu bisa langsung mencari di kolom pencarian apabila sudah tahu nama filter yang ingin dipakai.

Nah, itu tadi beberapa uraian tentang cara buat filter di Instagram dengan aplikasi Spark AR Studio. Ciptakan dan bagi filter hasil karyamu dengan mudah, cepat dan tanpa repot! Semoga tulisan ini bermanfaat!

Check Also

Cara Menggunakan Aplikasi Bibit

Ini Dia 8 Cara Menggunakan Aplikasi Bibit untuk Investasi

Cara menggunakan aplikasi Bibit sebenarnya mudah bagi yang sudah mengerti. Namun, bagi yang belum paham …