pexels obsahovka obsahovka 4449793

Tips Sebelum Membeli Smartphone Agar Tidak Menyesal

Tips Sebelum Membeli Smartphone Agar Tidak Menyesal

Dulu karena sedikitnya pilihan ponsel serta spesifikasi yang simple, membuat orang mudah untuk mengerti tentang spek hp, karena hp pada jaman Nokia Berjaya (atau jadul) pilihan ponsel hanya terbatas pada merk Nokia, Motorola, Ericsson dan Siemens.

Tetapi sekarang, ponsel sudah bisa di katakan sebagai miniature komputer, karena sudah dapat melakukan tugas yang jaman dahulu hanya bisa di lakukan oleh komputer. Sekarang dengan spesifikasi hp yg sudah kompleks membuat pembeli harus pintar-pintar memilih ponsel.

Sebelum menjatuhkan ponsel pilihan kamu, sebaiknya cek dulu spesifikasinya. Selain Processor dan RAM, calon pembeli sebaiknya melihat fitur lainnya seperti Layar, Kamera, Jaringan dan lain-lain. Jangan khawatir simak penjelasan dibawah ini Cara Mengetahui Spesifikasi Smartphone untuk mengetahui dalaman smartphone saat ini sebelum kamu beli.

1. Cek Spesifikasi Processor

Smartphone saat ini juga memiliki Processor Seperti halnya komputer yang bertugas mengendalikan, melakukan perhitungan serta melaksanakan tugas utama sistem. Bedanya pada smartphone sudah tertanam pada mesin bukan jenis soket seperti komputer pada umumnya.

Dominasi AMD dan Intel pada processor komputer tidak sama dengan pasar Smarphone, jumlah produsen sangat banyak, tentunya membutuhkan waktu untuk mengecek satu persatu.

Saran banget, coba lihat score benchmark, ada banyak aplikasi Benchmark yang menilai kinerja processor dan membandingkan dengan lainnya. Populer di gunakan seperti Antutu, PassMark dan AndaTech.

2. Cek Spesifikasi Memory dan Penyimpanan

Kapasitas RAM mempengaruhi kecepatan komputer. Kinerja aplikasi atau Game berat menjadi lambat jika kapasitas RAM kecil. Tetapi pada spesifikasi Smartphone berbeda, Android menguras lebih banyak memori dari pada iOS pada iPhone.

Karena memory RAM didalm Smartphone tidak dapat di upgrade secara fisik karena sudah tertanam layaknya Processor, membuat pengembang aplikasi harus memutar otak untuk meminimalkan penggunaan memory. Bisa dicontohkan Samsung Galaxy S4 dengan RAM 2 GB dengan sistem operasi android jika di bandingkan dengan iPhone 5s dengan RAM 1 GB, keduanya tidak tampak perbedaan saat digunakan. Pengaruh aplikasi.

Memory internal juga memilik banyak varian dari tiap-tiap produsen. Jangan bingung, pilih saja kapasitas yang menurut kamu cukup untuk menampung data-data dan aktivitas kamu.

3. Cek Spesifikasi Layar

Layar dapat dikatakan nyawa dalam smartphone. Karena berfungsi sebagai penghubung pengguna dengan smartphone. Kebanyakan calon pembeli smartphone akan fokus pada layar yang besar. Tetapi belum tentu layar yang besar memiliki ketajaman seperti pada iklannya.

Resolusi atau ketajaman layar mempengaruhi tampilan antar muka. Kepadatan pixel setiap inchi atau (PPI) dapat anda lihat pada spesifikasi smartphone. Semakin besar angka PPI berarti semakin tajam gambar yang dihasilkan.

Setelah melihat kepadatan pixel setiap inchi (PPI), Anda harus mengetahui teknologi yang digunakan dlm layar tersebut. Seperti IPS-LCD, Super LCD dan OLED.

  • IPS-LCD merupakan teknologi dalam Layar yang memungkinkan tampilan tidak berubah menjadi gelap saat dipandang dari berbagai sudut .
  • Super LCD teknologi layar yang mirip dgn IPS-LCD, perbedaannya pada teknologi SuperLCD mampu mengurangi silau terik matahari serta membuat tampilan lebih halus.

Dan terakhir adalah OLED atau Organic LED, yaitu teknologi layar yang menggunakan senyawa organik sebagai pemancar cahaya untuk menampilkan gambar tanpa bantuan backlight. Teknologi ini dinilai sangat efisien serta dapat menghasilkan hasil gambar dgn kontras yang cukup.

Lalu Mana Spesifikasi Layar yang Terbaik? 

Semua tergantung pilihan pengguna. Bagi kamu yg sering melakukan aktivitas diluar ruangan, GaptekBanget menyarankan pilih SuperLCD karena sangat membantu saat keluar(ponsel HTC menggunakan SuperLCD pada smartphone buatannya). Atau kamu juga bisa memilih OLED  bagi suka dengan kontras yg besar, (Samsung mengusung OLED / AMOLED pada ponsel mereka).

4. Cek Spesifikasi Jaringan Selular

Terdapat dua jaringan selular di dunia, yaitu GSM, CDMA dan 4G. Tetapi di Indonesia seiring dengan akan dikeluarkannya jaringan 5G LTE , dan kabar terbaru operator berbasis CDMA sudah banyak yang berpindah ke GSM seiring dengan persaingan yang semakin tinggi  sempitnya frekuensi dan ketrbatasan wilayah, hingga layanan menjadi kurang optimal menjadi kendala utama operator berbasis FWA. Operator besar seperti Flexi milik PT Telkom juga sudah memindahkan penggunanya ke jaringan GSM, dan kabar terbaru dalam waktu dekat operator-operator CDMA juga akan move-on.

5. Cek Spesifikasi WiFi

Keberadaan WiFi sebagai jaringan nirkabel pada smartphone saat ini juga jadi benda wajib yang harus ada. Kebutuhan akan koneksi data menjadi alasan utamanya, karena hampir semua aplikasi saat ini terhubung dengan internet. 

Saat ini standar baru WiFi juga berpindah, dari 802.11n ke 802.11ac, beberapa gadget dan komputer juga sudah mengadopsi keduanya. Perbedaanya pada kecepatan transfer data, berikut daftar generasi teknologi wifi

  • IEEE 802.11b transfer data 11 Mbps
  • IEEE 802.11g transfer data 54 Mbps
  • IEEE 802.11a transfer data 54 Mbps
  • IEEE 802.11n transfer data lebih dari 100 Mbps s/d 500 Mbps
  • IEEE 802.11ac transfer data lebih dari 1300 Mbps / 1,3 Gbps

Tetapi semua juga harus di dukung dengan standar yang baru juga, sebagai contoh jika anda memiliki spesifikasi smartphone dengan teknologi WiFi IEEE 802.11 ac, tetapi router anda masih menggunakan generasi IEEE 802.11n  atau bahkan generasi sebelumnya, kecepatannya pun tidak akan bertambah.

6. Cek Spesifikasi Kamera

Kamera pada spesifikasi smartphone juga hal yang harus dilihat sebelum membeli smartphone, terutama bagi kamu yang suka berfoto ria dan berbagi foto di jejaring social. Tetapi apa saja yang harus di lihat, simak penjelasannya berikut.

Pertama adalah berapa Megapixel kamera tersebut, semakin besar angkanya menunjukkan kemampuan kamera dalam menangkap foto beresolusi tinggi, kemampuan zoom dan detail objek foto semakin baik.

Kemudian resolusi video yg dihasilkan. Kebanyakan smartphone sekarang sudah mampu mengelola video 1080p, sanggup menghasilkan video jernih serta tajam. Perkembangan terbaru yaitu mampu mengelola video 4K, tetapi masih terbatas jumlahnya dengan harga yang cukup mahal.

7. Cek Spesifikasi Fitur Lainnya

Bluetooth – jaringan nirkabel standart yg di gunakan untuk mentrasfer data pada umumnya, kontak telepon, menghubungkan headset Bluetooth dan keybord eksternal. Bluetooth seri terbaru adalah versi 4.1.

GPS – di gunakan untuk mengetahui lokasi, mencari alamat seseorang secara online bahkan untukposisi kita saat update status dan sudah menjadi fitur standart keberadaannya pada smartphone modern sekarang.

Baca juga: Mengetahui Perbedaan iPhone iBox TAM, Inter, dan Distributor

Tentang Abbox

Check Also

pexels cottonbro 3943730201

Daftar Kata Kunci CPC Tinggi 2022

Daftar Kata Kunci CPC Tinggi 2022 – CPC kependekan dari Cost Per Click atau dalam …