pexels olya kobruseva 5561913

Tips Ampuh Meningkatkan Pagerank Blog

Tips Ampuh Meningkatkan Pagerank Blog

Banyak sekali pertanyaan yang muncul ketika membahas tentang bagaimana cara menaikkan pagerank sebuah blog, dan seberapa penting pagerank dimata Google dan Apa saja hal-hal yang menyebabkan pagerank blog menjadi tinggi? Apakah ada hubungannya dengan jumlah kunjungan blog? Inilah pertanyaan yang sering saya dengar.

Sedikit pengalaman bagaimana trik dan tips menaikkan pagerank blog, tentunya didasari pengalaman dan referensi dari website lainnya.

Bagaimana trik saya menaikkan pagerank blog dengan mudah? mengapa tidak saya katakan menaikkan pagerank dengan cepat? Karena untuk meningkatkan pagerank perlu waktu dan konsistensi, tidak instan, jika ada orang yang menawarkan jasa untuk menaikkan pagerank blog dengan cepat, maka kamu harus hati-hati bisa jadi itu penipuan ,biasanya mereka memakai teknik fake pagerank (yang mengambil pagerank sebuah website) yang dilarang oleh Google.

Menaikkan pagerank Google sebenarnya mudah, namun perlu usaha yang rutin. Karena Ada banyak faktor agar blog mendapatkan rangking blog.

1. Kualitas Artikel dan Backlink

Kualitas artikel dan backlink adalah faktor yang sangat mempengaruhi pagerank sebuah blog. Membuat artikel yang unik dalam artian bukan copy paste mentah-mentah. Mungkin akan muncul pertanyaan, mengapa blog yang hampir seluruhnya copy paste bisa mendapatkan PR tinggi, akhirnya kualitas backlinklah yang menjadi indikatornya. Bagaimana backlink yang berkualitas, tentunya backlink dari blog / halaman yang berpagerank tinggi pula. Misalnya jika blog kamu mendapat 1(satu) backlink dari blog ber-PR  5 tentunya lebih bagus walaupun mendapat ratusan atau ribuan backlink dari website dengan Pagerank 0.

2. Jumlah Incoming Links

Incoming Links atau link yang masuk turut berpengaruh terhadap Pagerank sebuah website karena dari situ juga Google merangking website. Semakin banyak link masuk maka semakin bagus dimata Google, secara tidak langsung juga akan mendongkrak posisi artikel dan blog di SERP Google. Untuk mengecek jumlah backlink dan dari mana saja buka di Google Search Console lalu pilih Tautan.

3. Umur Domain Blog

Siapa sangka usia domain cukup berpengaruh terhadap Pagerank blog. Sebenarnya ini wajar, karena semakin tua umur domain blog tentunya semakin banyak pula link yang masuk.

Kesimpulan

1. Perbanyak Internal Link ke Homepage dan Artikel

Seperti pada tips meningkatkan posisi alexa rank, teknik paling mudah bahkan bisa dikatakan basi namun terlupakan dilakukan adalah dengan membuat internal link baik dalam postingan maupun homepage.

2. Perbaiki Kualitas Blog

Indikator blog yang berkualitas cukup banyak, dari segi teknis penulisan, tampilan blog, navigasi blog,  ringan dan beratnya loading blog, bounce rate dll.  Pada dasarnya bagaimana caranya agar pengunjung blog betah dan banyak membuka artikel kamu.

Namun masih ada trik lain yang bisa kamu coba, karena masih banyak teknik lain untuk menaikkan pagerank blog.

3. Blog Commenting

Blog commenting atau berkomentar di blog lain perlu dilakukan agar backlink blog kamu terus bertambah. Sebagian besar blogger suka dengan blog dofollow atau yang ada fasilitas URL/Name nya. Sebenarnya dengan akun Google pun kita berkomentar (tanpa langsung mengarah ke blog) masih punya peluang untuk mendapat backlink bahkan bagus karena sifatnya natural.

Demikianlah artikel mengenai cara ampuh meningkatkan pagerank blog. Mungkin kamu punya tips lainnya? komen dibawah ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.