Aplikasi Pelacak Lokasi
unsplash.com

Rekomendasi 5 Aplikasi Pelacak Lokasi Terbaik untuk Anda

Aplikasi pelacak lokasi berikut ini mungkin bisa Anda gunakan untuk mengetahui dimana lokasi anggota keluarga atau orang lainnya. Aplikasi ini tentunya harus selalu digunakan untuk maksud dan tujuan yang baik, misalnya untuk mengawasi anak supaya tidak bepergian terlalu jauh apalagi sendirian atau untuk mencarinya jika sewaktu-waktu ia tidak memberi kabar.

Dengan begitu pun orang tua bisa dengan mudah menemukan anak atau sanak saudara karena mengetahui lokasinya. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melacak lokasi pasangan Anda melalui smartphone.

Aplikasi Pelacak Lokasi
unsplash.com

Rekomendasi Aplikasi Pelacak Lokasi

Sebenarnya aplikasi ini digunakan untuk melacak smartphone, hal tersebut karena aplikasi ini yang memang terpasang pada ponsel. Namun karena biasanya ponsel selalu dibawa oleh pemiliknya kemanapun ia pergi maka aplikasi ini pun bisa melacak lokasi dari pemilik ponsel. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membantu menemukan jika sewaktu waktu ponsel hilang atau dicuri orang.

Bayangkan saja jika ponsel Anda tiba-tiba hilang namun Anda sama sekali tidak memiliki petunjuk dimana lokasi hilangnya ponsel. Berbeda jika ponsel memiliki aplikasi pelacak sehingga bisa dilacak dimana posisinya. Hal tersebut pun bisa berlaku juga pada pemilik ponsel. Misalnya dalam menempuh perjalanan dan Anda terpisah dengan keluarga, maka jika pada ponsel terpasang aplikasi pelacak maka anggota keluarga Anda bisa melacaknya dan bisa menemukan Anda dengan mudah.

Nah, saat ini banyak sekali aplikasi pelacak lokasi yang terdapat di Playstore maupun App Store. Jika Anda hendak mengunduh aplikasi tersebut, berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa Anda coba:

1. Family Locator

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dirancang untuk mengetahui keberadaan anggota keluarga. Aplikasi ini bisa digunakan untuk ponsel baik android maupun iOS. Family Locator memiliki beberapa keunggulan diantaranya yaitu:

  • Bisa melacak koordinat anggota keluarga secara real time
  • Menerima peringatan SOS yang menunjukkan lokasi pengguna
  • Bisa membantu melacak saat ponsel hilang
  • Bisa melihat lokasi mana saja yang pernah disinggahi oleh anggota keluarga selama seminggu
  • Anda bisa menggunakannya untuk saling bertukar pesan dengan anggota keluarga
  • Mengingatkan pemilik ponsel untuk mengisi daya saat baterainya sudah menipis

Selain itu aplikasi pelacak lokasi ini juga bisa digunakan untuk memberikan kontrol orang tua pada anak-anak. Misalnya yaitu untuk melihat lokasi anak dan pergerakannya, mendengarkan suara menggunakan mikrofon internal untuk memahami jika anak berada dalam masalah, menerima pemberitahuan saat anak sudah tiba di lokasi yang ditentukan misalnya di sekolah atau rumah.

2. Find My Kids: Location Tracker

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan oleh orang tua untuk memantau lokasi anaknya. Selain itu aplikasi ini juga memiliki fungsi-fungsi lainnya seperti membuat history lokasi anak, bisa mengirimkan notifikasi ke ponsel orang tua saat anak meninggalkan area yang telah ditentukan. Aplikasi ini juga merekam suara disekitar ponsel anak serta bisa mengawasi baterai dan menggunakan aplikasi pada ponsel anak.

Find My Kids juga memiliki beberapa kelebihan yaitu bisa menunjukkan lokasi anak secara akurat dan cepat, hak admin hanya dimiliki oleh orang tua dan bisa menambah nomor yang tidak terbatas untuk tetap melacak anak-anak.

Dalam proses instalasi aplikasi pelacak lokasi ini juga tidak memerlukan akses rooting sehingga ponsel tetap aman karena biasanya akses rooting akan membuat ponsel menjadi lebih rentan terhadap virus. Anda juga bisa menginstalnya dengan mudah melalui Playstore maupun App Store.

3. GeoZilla – Find My Family

Selanjutnya terdapat aplikasi GeoZilla – Find My Family yang bisa digunakan untuk melacak lokasi keluarga dan memastikan mereka aman. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membagikan lokasi dan hanya keluarga saja yang bisa melihat serta bisa digunakan untuk saling mengirim pesan antar anggota keluarga.

Anda juga bisa mengetahui kapan keluarga datang atau pergi dari suatu tempat dan melihat dimana saja lokasi anggota keluarga selama seminggu. Menariknya aplikasi ini juga memiliki deteksi kecelakaan yang akan menyalakan peringatan jika terjadi kecelakaan serta bisa memberitahu kontak darurat sehingga bisa mendapatkan bantuan dengan lebih cepat.

Aplikasi pelacak lokasi ini juga bisa memberitahukan jika ada keluarga yang meninggalkan rumah sehingga Anda bisa mengawasinya dan bisa menemukannya dengan mudah serta cepat. Anda pun bisa mengunduh aplikasi ini dengan mudah melalui Playstore maupun App Store.

4. iSharing: GPS Location Tracker

iSharing merupakan aplikasi yang menyediakan pelacak yang memungkinkan anggota keluarga berbagi lokasi dan saling berkomunikasi satu sama lain. Dengan aplikasi ini Anda bisa melihat lokasi dari orang lain atau keluarga secara real time melalui peta. Anda juga bisa menerima pemberitahuan saat keluarga meninggalkan rumah, kantor atau sekolah. Melihat riwayat lokasi yang pernah dikunjungi, mengirim peringatan dalam kondisi darurat dan juga bisa mengirim pesan teks.

Selain bisa digunakan secara gratis aplikasi pelacak lokasi ini juga memiliki layanan premium yang tentunya memiliki fitur lebih banyak. Misalnya yaitu Anda bisa mengatur tempat yang tidak terbatas serta bisa mendapatkan pemberitahuan secara otomatis jIka ada keluarga yang masuk atau meninggalkan tempat yang telah ditentukan.

Anda bisa menambahkan teman sebanyak yang Anda mau, bisa menjelajahi tempat-tempat dengan pengalaman 3D serta bisa melihat pergerakan keluarga selama 30 hari terakhir. Aplikasi ini juga menawarkan uji coba gratis selama 7 hari dan jika waktunya sudah berakhir maka secara otomatis akan berlanjut ke paket berbayar.

5. Zenly – Your map, your people

Aplikasi pelacak lokasi terakhir yaitu Zenly – Your map, your people yang memudahkan Anda dalam memantau dan melakukan pencarian lokasi keluarga secara real time. Anda pun juga bisa mengetahui apa saja aktivitas yang dilakukan oleh setiap pengguna. Zenly juga memiliki berbagai fitur yang unik untuk para pengguna nya.

Pengguna bisa menggunakan fitur Chatting Zenly untuk saling berkirim pesan serta mengirim emoji, stiker, foto bahkan pesan suara. Kemudian aplikasi ini juga memiliki fitur yang akan memberitahu jika baterai ponsel sudah mau habis dan harus segera diisi dayanya. Zenly juga menawarkan beberapa tampilan peta sehingga diubah sesuai keinginan agar pengguna tidak bosan dengan peta yang tampilannya itu-itu saja.

Tampilan peta yang tersedia ada 3 yaitu tampilan peta simple, satelit dan juga standar. Keunggulan lain aplikasi pelacak lokasi ini yaitu Anda bisa dengan mudah menambahkan teman hanya dengan menggunakan kontak ponsel, nomor ponsel maupun dengan ID Pengguna. Selain itu Anda juga bisa mengundang teman dengan cara membagikan link Zenly melalui WhatsApp atau Telegram.

Terdapat satu fitur lagi yang cukup menarik yaitu mode hantu atau ghost mode. Mode ini memiliki fungsi agar lokasi seseorang pengguna tidak bisa dilacak dan diketahui. Penggunanya pun bisa memilih siapa saja yang bisa dimasukkan dalam list ghost mode.

Itulah beberapa aplikasi pelacak lokasi yang bisa Anda gunakan. Dengan begitu maka tentunya Anda bisa mengetahui lokasi anak-anak maupun keluarga lainnya sehingga lebih tenang dan lebih mudah dalam proses pencariannya.

 

Check Also

Wajib Coba 3 Fitur Aplikasi Face Play yang Viral di TikTok

Wajib Coba 3 Fitur Aplikasi Face Play yang Viral di TikTok

Mungkin belakangan ini sering banyak orang yang membahas mengenai, aplikasi Face Play. Hal tersebut karena …