Cara sematkan/pin postingan di instagram
Cara sematkan/pin postingan di instagram

5 Cara Sematkan/Pin Postingan di Instagram, Cek Manfaatnya!

Salah satu fitur instagram terbaru yang hadir pada update-an bulan juni tahun 2022 ini, yaitu fitur pin postingan di instagram. Fitur pinned post instagram atau fitur sematkan postingan yang sama persis seperti sematkan komentar pada postingan.

Seperti dengan namanya, fungsi dari fitur ini memungkinkan kamu menyematkan sebuah postingan lama ke bagian paling atas profil akun instagram kamu, baik itu foto, video, reels instagram, igtv. Sederhananya kamu bisa menampilkan postingan lama kamu ke halaman paling atas seperti baru memposting sebuah konten di feeds instagram.

Dengan tujuan agar orang lain bisa melihat postingan tersebut tanpa harus scroll ke bawah, karena postingan yang di pin akan berada di posisi teratas. Fitur pin postingan ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki bisnis. Lalu bagaimana cara pin postingan di instagram? yuk baca artikel ini sampai akhir.

Cara Pin Postingan di Instagram

  1. Pastikan kamu sudah login ke aplikasi instagram, baik melalui android atau iphone.
  2. Masuk ke bagian halaman profil instagram kamu.
  3. Cari postingan lama yang ingin kamu pin.
  4. Klik ikon titik tiga > Pilih Sematkan ke Profil.
  5. Selesai.
Screenshot 20220619 194236Screenshot 20220619 194250

Sampai dengan tahap ini, kamu sudah berhasil menyematkan/pin postingan yang ada di feeds instagram. Kamu bisa pin postingan instagram lebih dari satu postingan, dengan batasan maksimal hanya tiga postingan saja. Jika lebih dari tiga, kamu akan mendapatkan notifikasi postingan yang terakhir secara otomatis akan tergantikan dengan postingan yang baru ingin kamu pin.

Cara Membatalkan Pin Postingan di Instagram

Setelah berhasil pin postingan, kamu bisa membatalkan pin atau istilahnya unpin postingan instagram dengan cara yang kurang lebih sama. Dengan mengikuti tahap ini, postingan yang barusan kamu pin akan dibatalkan dan kembali ke posisi awal sebelum di pin.

  1. Pastikan kamu sudah login ke aplikasi instagram, baik melalui android atau iphone.
  2. Masuk ke bagian halaman profil instagram kamu.
  3. Cari postingan lama yang ingin kamu pin.
  4. Klik ikon titik tiga > Pilih Batal Sematkan dari Profil.
  5. Selesai.

Kenapa di Aplikasi Instagram saya Tidak Ada Fitur Pinned Post?

Fitur pin tidak tersedia pada aplikasi instagram kamu? Jangan khawatir, pastikan kamu sudah melakukan update aplikasi instagram pada Playstore untuk pengguna android, dan appstore untuk pengguna iphone. Setelah melakukan update, seharusnya fitur pin ini akan tersedia.

Jika ternyata setelah di update masih belum bisa juga, kamu bisa lakukan membersihkan sampah atau cache aplikasi instagram pada perangkat kamu. Mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat.

Apa Saja Manfaat Fitur Pin Instagram Untuk Postingan Anda?

Setiap fitur-fitur yang dimunculkan pada sebuah aplikasi memang memiliki manfaat tersendiri yang sangat penting. Itulah mengapa segala aplikasi wajib berevolusi dengan menghadirkan fitur tambahan untuk menunjang kinerjanya menjadi lebih baik dan lebih canggih. Tidak terkecuali dengan adanya fitur Pin Postingan di Instagram ini. Mengikuti jejak aplikasi sosmed yang sebelumnya telah lebih dulu memilikinya. Lalu apa saja manfaatnya?

Memaksimalkan Postingan

Fungsi memposting sebuah cerita di laman media sosial memang memiliki beragam tujuan. Mulai dari hanya sekedar hobi membagikan kabar hingga memberikan sebuah informasi secara tertulis dengan menambahkan gambar yang saling berkaitan. Selain itu saat ini Instagram telah bertambah canggih dan bisa digunakan sebagai media marketplace atau media bagi seorang Influencer untuk menunjang pekerjaan mereka.

Dengan adanya fitur ini diharapkan mampu memaksimalkan sebuah postingan agar tidak terlewat dan dapat dijangkau oleh pemirsa sebanyak mungkin. Sehingga adanya pin Instagram ini memudahkan siapa saja untuk menyematkannya sehingga dapat dilihat oleh banyak orang tanpa membutuhkan waktu yang lama.

Memudahkan Pencarian

Pada saat memposting Sebuah cerita di laman Instagram secara berkala akan menimbulkan pergeseran setiap gambar yang lebih dulu ada. Hal ini akan sangat merepotkan ketika kita ingin mencari suatu postingan yang penting namun tertumpuk dengan postingan-postingan lainnya. Nah dengan metode pin Instagram ini Anda dapat memilih mana saja cerita yang akan disematkan sehingga dapat terus ditampilkan pada profil bagian atas.

Hal yang sudah pasti akan membantu Anda jika sewaktu-waktu ingin melihat kembali postingan tersebut. Pin Postingan di Instagram ini tentu akan membuat waktu terasa lebih efisien serta tidak membutuhkan tenaga ekstra yang membuat waktu Anda terbuang sia-sia. Selain itu pin postingan ini juga tidak bersifat permanen. Anda bisa mengganti kapan saja pin postingan yang Anda anggap jauh lebih penting untuk bisa memudahkan Anda dalam mencarinya. Fitur-fitur ini akan sangat membantu Anda dalam memaksimalkan penggunaan Instagram apabila Anda mampu menggunakannya dengan baik dan tepat.

Baca juga: Cara Update Browser (Google Chrome & Microsoft Edge)

Leave a Reply

Your email address will not be published.