cd1

Panduan Memasang Custom Domain [Blogspot.com Menjadi .MY.ID]

Panduan Memasang Custom Domain [Blogspot.com Menjadi .MY.ID]

Jenis-jenis domain yang perlu kamu ketahui, yang pertama adalah domain jenis TLD (Top Level Domain), lalu yang kedua ada ccTLD (country code Top Level Domain), yang terakhir ada sTLD (sponsored Top Level Domain). Beberapa manfaat menggunakan kostum domain sangat banyak, mulai dari alamat blog yang menjadi lebih singkat, mudah di ingat, dan terlihat lebih profesional.

Membuat blog di blogger.com cukup mudah, namun secara default domain dari blogger masih menggunakan domain bawaan dengan ekstensi .blogspot.com. Tidak ada yang salah dengan domain blogspot.com, tapi jika ingin serius untuk membuat blog, jauh lebih baik gunakan domain kostum saja. Untuk itu jika kamu berniat untuk mengganti domain yang lebih singkat, kamu harus mengeluarkan sedikit biaya pertahun untuk menggunakan custom domain.

Kamu bisa membeli custom domain apapun, dengan ekstensi seperti dot.com, dot.info, dot.id, dot.net, dot.org dan lainnya. Kenapa saya merekomendasikan untuk memilih domain .my.id untuk blog? Kamu bisa simak di artikel sebelumnya mengenai alasan memilih domain .my.id untuk sebuah blog.

Disini saya membeli domain dot.my.id dari rumahweb.com, dan bisa langsung kamu simak cara custom domain dari blogspot.com menjadi domain .my.id. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mendaftarkan nama domain. Setelah itu baru kita masuk ke langkah berikutnya, yaitu memasang custom domain yang sudah kita beli.

Cara Memasang Custom Domain

1. Masuk ke Dashbor Blogger.

2. Masuk ke Menu Setelan > cari kolom Memublikasikan > setelah itu klik Domain Kustom.

cd1

3. Masukan nama domain kamu (gunakan awalan “www) contoh : www.abbox.my.id setelah itu klik Simpan.

4. Setelah itu kamu akan ditampilkan peringatan kesalahan. Catat 2 DNS records yang ditampilkan, DNS ini nantinya akan kita pasang pada pengaturan DNS domain rumahweb.com.

5. Selanjutnya login ke halaman rumahweb.com untuk mengatur DNS domain.

6. Setelah itu Masuk ke Menu Domains > My Domains > Manage Domain.

kustom2Bdomain2Bmyid
7. Klik Management DNS pada pojok kiri.

kustom2Bdomain2Bmyid1

8. Jika muncul pesan “domain anda belum terdaftar disistem kami, klik Start. Setelah itu muncul pesan perhatian lagi, klik Update.

9. Selanjutnya kita akan memasukan kode DNS record yang sudah diberikan oleh blogger pada langkah ke 4. Klik Add New Record.
Keterangan :
Domain : Masukan kode “Nama” (sesuai pada langkah 4)
TTL : Biarkan default (14400)
Record Type : Pilih CNAME
Hostname : Masukan kode “Tujuan” (sesuai pada langkah 4)
Jika sudah, klik “Add Record

10. Setelah memasukan 2 DNS record dari blogger, selanjutnya kamu perlu memasukan 4 DNS Record tambahan yang berfungsi agar blog anda bisa di akses tanpa awalan www.

Keterangan :
Domain : Kosongkan
TTL : Biarkan default seperti itu (14400)
Record Type : Pilih A
IP or Hostname :
Memasukan IP or Hostname berikut ini satu persatu :
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
Jika sudah, klik lagi tombol “Add Record“
Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat hasil akhir pengaturan setelah melakukan semua tahap di atas sebagai berikut :
Panduan Memasang Custom Domain [Blogspot.com Menjadi .MY.ID]

11. Jika semua DNS Record sudah di masukkan, langkah terakhir adalah kembali ke Setelan Blogger, setelah itu klik Simpan. Jika semua langkah di atas sudah kamu ikuti dengan benar, seharusnya domain kamu sudah sukses terpasang.

Penutup

Agar domain kamu bisa diakses tanpa www, jangan lupa centang pada bagian “Alihkan nama domain.com ke www.namadomain.com“.

Baca juga: Cara Daftar Google News untuk Pemula [2022]

Leave a Reply

Your email address will not be published.