nada dering WA sebut nama kontak
youtube.com

Nada Dering WA Sebut Nama Kontak, Buat Ringtone Lebih Unik

Nada dering WA sebut nama kontak sudah jadi sebuah tren baru untuk pengguna aplikasi chatting WhatsApp yang bosan memakai ringtone default bawaan WhatsApp. Untuk cara membuat nada dering WhatsApp sebut nama ini ternyata juga cukup gampang dan juga dapat Anda aplikasikan pada ponsel milik Anda. Nah, untuk Anda yang sedang mencari terkait bagaimana cara mengubah nada dering default WhatsApp agar bisa sebut nama kontak pengirim pesan maupun panggilan, admin hendak membahasnya pada artikel ini.

Seperti yang Anda tahu, WA alias WhatsApp ini adalah salah satu aplikasi chatting paling populer di dunia yang memungkinkan untuk para penggunanya bisa saling bertukar (mengirim) pesan, dokumen, melakukan panggilan suara maupun video, sampai berbagi informasi. Sejalan perkembangan teknologi yang semakin canggih, begitu banyak pengguna WhatsApp yang mencari nada dering unik, lucu, serta tidak pasaran sebagai nada untuk panggilan maupun pemberitahuan atau notifikasi.

Sebagai contoh, seperti nada dering Bahasa Jawa, nada dering iPhone, Bahasa Korea, sampai nada dering unik serta membuat tertawa yang lain. Nah, dengan cara semacam ini, Anda bisa tahu siapa nama pengirim pesan tanpa perlu menyentuh handphone.

Bagaimana Nada Dering WA Sebut Nama Kontak? Temukan Disini!

Seperti yang sudah admin singgung sebelumnya, WhatsApp saat ini jadi salah satu aplikasi tukar pesan terpopuler yang banyak dipakai oleh masyarakat secara global. Berdasarkan laporan Statistica, terdapat kurang lebih 2 miliar pengguna aktif aplikasi WhatsApp dari seluruh penjuru dunia hingga bulan Januari 2022 lalu.

Oleh sebab itu, tak heran pada saat nyaris setiap orang punya akun WhatsApp. Bahkan ada juga yang sampai membuat WA 1 nomor untuk dua ponsel, lho. Nah, Anda selalu memakai WA untuk berkomunikasi tiap harinya dan sudah merasa bosan dengan nada dering bawaan dari WhatsApp? Sepertinya Anda wajib untuk mencoba menggunakan nada dering WA sebut nama kontak (pengirim) berikut ini.

Ya, sekarang ini Anda sudah bisa mengubah-ubah suara notifikasi atau nada dering pada saat terdapat pesan WA yang masuk. Anda bisa saja memakai potongan lagu yang Anda buat atau dapat juga dengan menggunakan cara unik yang tengah viral ini, yakni notifikasi yang  bisa menyebutkan nama kontak pengirim serta nama WhatsApp Anda.

Nada Dering WhatsApp Sebut Nama Kontak

Untuk membuat ringtone WhatsApp sebut nama kontak ternyata tak sesusah yang Anda pikirkan, lho. Pastinya akan keren saat ada pesan yang masuk ke WA Anda namun yang terdengar malah menyebut nama kontak pengirimnya, bukan? Memasang nada dering WhatsApp yang memanggil nama konak memang tengah menjadi tren di kalangan pengguna ponsel pintar. Akan tetapi sayangnya, belum banyak yang tahu bagaimana cara membuat nada dering WA sebut nama kontak ini.

Terlebih lagi dengan masifnya penggunaan aplikasi WA sebagai salah satu aplikasi chatting terbaik sekarang ini. Sehingga tidak sedikit juga yang hendak membuat nada dering WA, baik yang menyebutkan nama pengirim maupun penerima pesan atau panggilan.

Nah, supaya terasa unik dan berbeda, Anda dapat membuat nada dering WhatsApp sebut nama pengirim di smartphone Anad. Tak perlu khawatir, pada artikel berikut ini, admin juga akan menyajikan langkah-langkah membuat ringtone WhatsApp sebut nama kontak yang sudah admin rangkum dari berbagai sumber.

Cara Membuat Notifikasi WhatsApp Sebut Nama Pengirim

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, yakni memakai aplikasi nada dering WA sebut nama kontak serta dapat juga tanpa menggunakan aplikasi alia langsung membuat ringtone WhatsApp sebut nama pengirim di website penyedianya. Nah, disini admin hendak menjelaskan aplikasi apa yang harus Anda pergunakan serta bagaimana cara memakainya.

Aplikasi nada dering WA sebut nama kontak ini nantinya bakal mengubah secara otomatis suara pemberitahuan pesan masuk di WhatsApp Anda. Untuk nama aplikasinya yaitu Notification Reader: Shouter. Aplikasi Shouter ini nanti bakal bisa membaca nama kontak WhatsApp yang mengirimkan pesan kepada Anda.

Sesudah berhasil Anda instal aplikasi ini siap membantu Anda untuk mengganti nada dering notifikasi pesan masuk ke WA. Tentu saja berbeda dengan yang lainnya, nantinya notifikasi tersebut akan menyebutkan nama kontak atau si pengirim pesannya.

Dengan demikian, pada saat Anda menerima pesan WA ketika berada dalam perjalanan serta membawa kendaraan, maka akan tahu siapa si pengirim pesannya tanpa perlu melihat layar ponsel. Mengendarai sambil menatap layar HP sangat berbahaya, bukan? Bukan hanya notifikasi pesan saja, nada dering panggilan pun dapat Anda ubah dan nantinya bakal menyebutkan siapa nama penelponnya.

Aplikasi nada dering WA sebut nama kontak bernama Shouter ini memakai fitur dari google-text-to-speech di dalam pengoperasiaannya yang ada di smartphone iOs (iPhone) maupun Android.

Langkah-Langkah Membuat Nada Dering WhatsApp Sebut Nama Kontak Lewat Shouter

  • Langkah pertama, silahkan mendownload lalu instal aplikasi Shouter dari App Store atau Google Play Store
  • Berikutnya, berikan izin yang dibutuhkan oleh aplikasi Shouter
  • Lalu pilihlah ‘App Notification’ dan centang ‘Enable’
  • Berikutnya silahkan ambil menu ‘Select App’
  • Sesudahnya, silahkan centang di aplikasi WhatsApp untuk mengubah nada dering WA sebut nama kontak pengirim
  • Selanjutnya, centang ‘Enable’ di menu notification
  • Kemudian, pada menu ‘Call’ centang ‘Enable master control’
  • Selesai

Cara Membuat Nada Dering WhatsApp Sebut Nama Kontak Tanpa Aplikasi

Selain membuat nada dering WhatsApp sebut nama kontak menggunakan aplikasi Shouter, Anda juga dapat membuatnya tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Akan tetapi, karena bersifat personal, Anda dapat mengubah nada dering untuk satu kontak saja, ya.

Namun, apabila Anda menginginkan lebih banyak, Anda harus memasangnya satu per satu. Akan tetapi, ini sudah sangat berguna sebagai notifikasi kawan terdekat saja, kok. Seperti untuk keluarga, anak, pasangan, orang tua, maupun teman-teman dekat Anda. Sehingga, saat nama mereka muncul di nada dering WhatsApp, Anda dapat langsung memprioritaskan untuk segera diangkat. Sangat bermanfaat, bukan?

Cara membuat nada dering WA sebut nama kontak tanpa aplikasi, ikuti langkah-langkah berikut ini!

  • Silahkan membuka situs https://www.voiceoftext.com/ lalu pilihlah bahas jadi Kora, Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, maupun yang lain sesuai keinginan Anda
  • Selanjutnya masukkan teks yang berisikan nama kontak ke dalam kolom yang sudah tersedia. Pastikan tidak melebihi dari 200 karakter lalu klik ‘Convert to Voice’
  • Unduh nada dering WhatsApp sebut nama tersebut dengan mengklik ikon download
  • Di halaman baru, silakan klik titik tiga dan tekan ‘Download’
  • Berikutnya bukalah pengaturan kontak WA dan klik Notifikasi Kustom./Custom Notification
  • Lalu pilihlah file nada dering WA sebut nama kontak yang telah Anda buat
  • Nah, sesudah mengikuti langkah di atas sampai selesai, kini jika kontak tersebut mengirimkan pesan maupun menelepon Anda, maka yang terdengar adalah nama kontak tersebut, ya!

 

1. Aplikasi Nada Dering Suara Google

Bukan hanya ringtone WA sebut nama kontak saja untuk membuat nada dering WhatsApp jadi unik dan tidak pasaran. Anda juga dapat membuat nada dering untuk WA menggunakan aplikasi suara Google. Suara Google atau text to speech ini memang belakangan telah menjadi teknologi yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Bukan hanya kemudahan di dalam penggunaanya saja, namun pemakaian suara Google seperti menjadi nada dering di WhatsApp kini sudah jadi tren baru di kalangan anak muda. Agar bisa membuat efek suara Google untuk dijadikan nada dering WA sebut nama kontak, Anda dapat memanfaatkan sejumlah situs web pembuat suara Google terbaik. Misalnya Botika, Sound of Text, Voice of Text, dan sebagainya. Situs-situs tersebut sangat mengubah Anda pergunakan dan bisa mengubah teks menjadi audio hanya dalam waktu singkat.

Nah, selain menggunakan situs web, Anda juga bisa membuat efek suara Google dengan menggunakan aplikasi HP yang dapat Anda peroleh dari Google Play Store. Berikut ini contoh aplikasinya!

2. Narrator’s Voice

Aplikasi Narrator’s Voice ini memungkinkan Anda untuk membuat serta membagikan pesan menarik dengan suara narator sesuai pilihan Anda. Nah, untuk menggunakannya, Anda pun cukup mengetikkan atau ucapkan pesan yang hendak dijadikan nada dering, nama kontak misalnya.

Sesudah Anda mengucapkan atau mengetikkan pesan itu, Anda bisa meneruskan cara membuat nada dering WA sebut nama kontak dengan memilih bahasa, suara, dan juga efek spesial untuk suara yang ingin Anda jadikan notifikasi tersebut.

3. Voice Changer with Effect (Pengubah Suara dengan Kesan)

Voice changer with effect ini merupakan salah satu aplikasi suara Google paling baik untuk saat ini. Dimana dengan menggunakan aplikasi satu ini Anda dapat mengubah suara menjadi efek suara yang beraneka ragam. Seperti suara translate, Google, tokoh Star Wars, Darth Vader, makhluk asing, ruang angkasa, zombie, robot, dan suara-suara yang lain.

Menariknya, Anda dapat menyimpan rekaman suara yang telah diubah tersebut untuk dijadikan nada dering WA, lho. Sehingga, Anda dapat memasang nada dering WhatsApp menyerupai suara Google Translate dan lain-lain. Ya, apabila Anda telah mengunduh nada dering suara Google dengan memanfaatkan aplikasi suara Google terbaik ini, waktunya Anda mengganti ringtone WA supaya tidak terdengar monoton.

Cara Ubah Nada Dering WA Suara Google Secara Manual

  • Silahkan masuk pada menu Pengaturan/Setting di ponsel Android lalu klik Ringtone
  • Selanjutnya, tekan tombol plus (+) lalu pilihlah file MP3 suara Google yang sudah Anda unduh sebelumnya
  • Terakhir klik Done
  • Kemudian, Anda sudah bisa mengganti nada dering WA dengan cara klik tombol titik tiga dan pilihlah Setting
  • Klik Notifications
  • Lagu pilihlah menu Notification Tone dibawah Messages dan tekanlah nama MO3 suara Google yang sebelumnya sudah Anda persiapkan sesudah muncul daftar nada dering
  • Selesai. Kini nada dering WA Anda sudah berubah menjadi suara Google!

Rekomendasi Situs Untuk Membuat Suara Nada Dering WA Sebut Nama

Anda juga dapat membuat nada dering untuk WA sebut nama kontak dengan situs text to speech yang menghasilkan banyak suara unik. Berikut contoh situs untuk ubah text jadi suara unik yang dapat Anda coba:

  • Voicemaker.in: untuk sebut nama dengan suara anak kecil
  • Fakeyou.com: nada dering untuk sebut nama dengan suara anime
  • Botika.online: untuk sebut nama dengan suara wanita
  • Freetts.com: nada dering untuk sebut nama dengan suara laki-laki

Mengganti ringtone default WhatsApp dengan nada dering WA sebut nama kontak tentunya bakal sangat menyenangkan. Pastinya, Anda tak lagi merasa bosan dengan nada dering yang hanya itu-itu melulu. Lebih menariknya lagi, Anda sudah pasti mengetahui siapa si pengirim pesan WhatsApp melalui suara notifikasi tanpa perlu membuka handphone lebih dulu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!

 

Check Also

Instal WhatsApp GB

Instal WhatsApp GB yang Mudah dan Nikmati Semua Fiturnya!

Cara instal WhatsApp GB sangat penting untuk Anda ketahui. Sehingga dengan demikian Anda bisa langsung …