pexels ready made 3921710

Mengenal USB Type C [Penjelasan Singkat]

Mengenal USB Type C [Penjelasan Singkat]

USB tipe paling baru anti ribet, USB sebagai konektor populer di berbagai perangkat multimedia, hadirnya USB membuat koneksi antar perangkat menjadi lebih mudah. USB tipe C ini sudah lama keluar, dan sudah banyak di gunakan hampir rata-rata gadget yang menggunakannya.

USB Type C hadir untuk membuat semuanya menjadi lebih mudah, karena sering kali saat menancapkan USB, konektor kabel terbalik dan susah menyambungnya, apalagi pada saat dalam minim pencahayaan. Nah dengan USB Type C hal yang menyulitkan tersebut akan hilang, karena konektor USB Type C bisa langsung masuk tanpa perlu pusing memutar balikan kabelnya, sangat simpel dan yang pasti sangat berguna. Sebelum mengenal lebih jauh USB Type C, yuk simak perkembangan USB sebelumnya.

Generasi USB Universal Serial Bus

USB kepanjangan dari Universal Serial BUS adalah standar kabel dan koneksi antar perangkat yang di kembangkan oleh beberapa perusahaan pada tahun 1994. Gunanya untuk memberi kemudahan dalam berkirim data walaupun berbeda produsen.

  1. Generasi pertama adalah USB 1.0 dengan kecepatan transmisi data 1.5 Mbit/s  untuk Low Bandwith dan 12 Mbit/s untuk Full Bandwith.
  2. Generasi kedua adalah USB 2.0 dengan kecepatan transmisi data sampai 480 Mbit/s atau 60 MB/s.
  3. Generasi ke tiga adalah USB 3.0 dengan kecepatan transmisi data superbus 4,9 Gbps atau 500 MB/s, 10 kali lipat di banding kenerasi ke dua. Pada generasi ini, peningkatannya sangat signifikan.
Ketiganya memiliki konektor khusus yang berbeda satu sama lain. Saat ini yang sudah berkembang luas adalah Type A dan Type B memiliki beberapa beberapa model konektor dari model standar, model mini sampai model micro.

1. Type A Standar 2.0 adalah jenis paling banyak digunakan pada laptop, komputer dan berbagai jenis gadget lainnya, bentuknya kotak dan besar yang membuat kesulitan karena bentuk atas dan bawahnya sama.

2. Type A Mini dan Micro juga pernah ada, tetapi dihentikan karena tidak begitu populer atau jarang ada pada perangkat multimedia.

3. Type B Standar 2.0 adalah jenis konektor USB yang juga banyak digunakan pada printer – scanner.

4. Type B Mini dan micro konektor yang populer banyak digunakan untuk perangkat ponsel. Sebelumnya konektor mini ini menjadi pilihan produsen dan sekarang micro seperti konektor wajib pada ponsel / gadget. Hampir semua smartphone modern memakai konektor micro USB Type B, kecuali iPhone. Samsung galaxy Note 3 dan Galaxy S5 membuat sedikit perbedaan dengan memakai desain Type B micro berbeda.

Jenis USB Konektor

  1. USB Standar Tipe-A
  2. USB Standar Tipe-B
  3. Mini USB
  4. Micro USB Tipe-A
  5. Micro USB Tipe-B
  6. USB Tipe-C
  7. Lightning
  8. USB On-The-Go

Bagaimana dengan USB Type C?

USB Type C juga hadir dengan jenis mini dan micro yang mana mempunyai satu ukuran untuk komputer serta satu ukuran untuk smartphone. Ukuran USB Type C colokan berukuran agak lebar dari USB 2.0 Type B saat ini (rata-rata type USB yang digunakan smartphone).

Karena USB Type C dibangun pada generasi USB 3.1, kecepatan transmisi data sampai dengan 10Gbps, itu 2 kali lebih cepat dari versi USB 3.0 yaitu 5 Gbps serta jika dibandingkan dengan generasi USB 2.0 yaitu berkecepatan 480 Mbps akan sangat jauh tertinggal. Dengan kecepatan transmisi data USB 3.1 mampu untuk memutar video 4K Ultra HD Display.

Fitur Unik pada USB Type C

yaitu jika mencolokan pada port USB, akan terdengar bunyi klik yang menandakan USB sudah terhubung, selain itu kita sudah tidak perlu direpotkan saat mencolokkan USB, entah itu posisi usb di atas atau di bawah tetap akan tersambung, intel menyebutnya dengan posisi Superposition, kecuali jika di colokan secara vertical yang pasti tidak akan tersambung.

Demikian penjelasan singkat mengenai USB Type C semoga informasi ini dapat membantu kamu untuk mengenal perkembangan konektor USB dari masa ke masa.

Baca juga: Cara Menghubungkan OVO ke PayPal

Leave a Reply

Your email address will not be published.