Layanan Google Play
rinditech.com

Layanan Google Play, Ini Pengertian dan Manfaatnya!

Layanan Google Play merupakan terobosan terbaru yang memberikan banyak manfaat. Adanya teknologi terbaru ini juga menjadi dukungan tersendiri untuk HP Android. Meskipun saat ini sudah banyak yang menggunakan iOS. Nyatanya masih banyak yang menggunakan Android.

Mereka yang lebih memilih menggunakan Android, pastinya sudah menemukan banyak kelebihan. Di samping itu, mereka juga sudah membuktikan sendiri manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah dengan adanya Fitur Google Play. Manfaatnya adalah pengguna akan lebih mudah untuk mengoperasikan perangkat serta dapat memenuhi segala kebutuhannya.

Baca Juga : Cara Download Aplikasi Playstore, Gunakan 4 Langkah Ini

Bagi Anda yang menggunakan Android, pastinya tidak asing lagi dengan adanya layanan dari Google tersebut. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang sudah ada sejak zaman Android KitKat. Tapi, aplikasi tersebut tidak tampak oleh mata kita. Perangkat tersebut memiliki fungsi pada kehidupan modern ini. Namun, saat ditanya mungkin masih banyak yang bingung, sebenarnya layanan tersebut memiliki fungsi untuk apa saja.

Perangkat tersebut memiliki banyak penawaran yang berguna dan menguntungkan untuk para penggunanya. Nah, agar Anda bisa lebih paham mengenai apa saja fungsi, kelebihan dari perangkat tersebut, penting sekali menyimak informasi berikut ini.

Layanan Google Play
rinditech.com

Pengertian dari Layanan Google Play

Bagi Anda yang belum mengetahui apa pengertian sebenarnya dari perangkat Android tersebut, ketahuilah bahwa Layanan Google Play merupakan aplikasi Android yang asli serta bertanggung jawab dalam beberapa tugas. Lebih tepatnya tugas pada latar belakang smartphone Anda. Perlu untuk digarisbawahi lagi, bahwa perangkat ini bukanlah aplikasi umum. Di mana nantinya pengguna bisa berinteraksi secara antarmuka.

Perangkat ini memiliki fungsi pada sistem operasinya. Tanggung jawab perangkat Google tersebut yang paling penting adalah untuk menjaga supaya smartphone Anda selalu mutakhir. Selain itu, memiliki tugas untuk melakukan sinkronisasi data yang Anda butuhkan nantinya. Sudah sangat jelas bukan, apabila peranan perangkat yang satu ini sangat penting bagi setiap smartphone.

Setelah mengetahui akan apa pengertiannya, ternyata ada juga yang menanyakan, kira-kira apa yang akan terjadi jika layanan tersebut dimatikan. Padahal, aplikasi tersebut memberikan pelayanan pada perangkat Android.

Ingat, dalam memanfaatkan aplikasi tersebut juga harus berhati-hati. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa Layanan Google Play itu merupakan komponen yang sangat penting.

Manfaat Peranan Perangkat

Di samping harus mengetahui seperti apa pengertiannya, agar nantinya kita bisa lebih mudah mengaplikasinnya. Maka, kita juga harus mengetahui sebenarnya untuk apa saja manfaat dari layanan Google tersebut.

  • Pertama adalah untuk menjamin keamanan perangkat. Sebab, Google Play akan selalu melakukan pembaruan fitur keamanan terbaru. Sehingga penggunanya tidak perlu merasa khawatir akan kualitasnya.

Bukan hanya aman saja, melainkan layanan tersebut juga akan menjamin keandalannya. Maka, Android Anda akan aman sera handak dalam melakukan tugasnya. Guna menjalankan tugas ini, ternyata terdapat Google Play Protect. Manfaatnya adalah untuk mendeteksi keberadaan malware dengan tepat dan cepat. Jika malware tersebut sudah terdeteksi, maka Play Protect akan segera membasminya.

  • Kedua, fungsi dari Layanan Google Play adalah untuk sinkronisasi Akun Google. Google itu mempunyai Play Service. Di mana pengguna bisa melakukan sinkronisasi akun-akun Google. Bisa melalui email, Google Maps, dan yang lainnya.
  • Selanjutnya adalah, mempermudah Anda dalam menginstal aplikasi. Layanan ini memiliki Google Play Store. Anda bisa menemukan banyak aplikasi ketika membuka Play Store tersebut.

Fungsi dari layanan Google Play selanjutnya adalah untuk mendukung fungsi aplikasi. Ternyata Google Play juga mempunyai peranan penting guna menyediakan struktur yang Anda perlukan. Supaya nantinya smartphone bisa berfungsi dengan maksimal dan sebagaimana mestinya. Selain itu, layanan tersebut juga mempunyai fungsi memastikan supaya HP mempunyai semua pengaturan.

Dengan adanya Layanan Google tersebut, akan memberikan kemudahan saat Anda melakukan proses otentikasi. Memungkinkan perangkat Anda dapat terhubung ke internet dengan lebih mudah. Sehingga, Anda yang membutuhkan akses internet tidak akan ada hambatan atau lancar.

Entah itu untuk browsing, berselancar di media sosial, mengikuti kelas online ataupun webinar, dan kegiatan lainnya.

Solusi yang Bisa Dilakukan

Apa yang harus dilakukan ketika semua fungsi dari Layanan Google Play tersebut terhenti? Nah, masih banyak orang yang awam mengenai langkah apa yang harus dilakukan. Apakah Anda merupakan salah satunya? Sudah tahukah Anda apa saja yang menjadi penyebabnya?

Ada banyak hal yang menyebabkan semua fungsi atau peranan teknologi Android tersebut terhenti. Beberapa diantaranya adalah adanya bug aplikasi, file cache yang menumpuk, dan service outdate. Karena penyebabnya beragam, maka cara mengatasinya juga beragam.

Ketika Anda mendapati jika layanan tersebut sudah tak berfungsi lagi, segeralah untuk mengambil tindakan.

  • Contohnya saja, saat peranan Google Play tidak tersedia disebabkan banyaknya file cache, maka cara yang harus Anda lakukan adalah, bukalah pengaturan smartphone yang Anda gunakan.
  • Selanjutnya masuklah ke menu Aplikasi. Jika sudah berhasil, carilah Layanan Google Play. Terakhir,  pilihlah untuk menghapus cache. Sangat mudah bukan, cara mengatasinya?

Cara memuat ulang ponsel

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah tekan serta tahan tombol power beberapa detik. Setelah itu tekan Power Off. Jangan lupa tunggu perangkat sampai mati. Jangan lupa untuk menghidupkan kembali dengan cara menekan tombol power itu kembali. Ternyata menghapus pembaruan layanan juga menjadi salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan.

Tutorial Hapus Pembaruan Layanan

  1. Guna mengamalkan solusi tersebut, Anda harus membuka bagian APPS yang terdapat pada halaman pengaturan. Pilihlah Google Play Service dan tekan menu More Options atau ikon titik 3. Pilih menu Uninstall updates dan OK. Dengan mengembalikan ke versi lawas, bisa membantu mengatasi permasalahan Layanan Google Play terhenti. Tak hanya menghapus pembaruan saja, Anda juga harus melakukan update sistem operasi.
  2. Seperti apa cara mengatasi Layanan Google Play dengan melakukan update sistem operasi? Masuklah pada halaman settings, carilah pada bagian software Update. Setelah itu nyalakan pemeriksaan pembaruan dan unduhlah. Apabila proses unduh sudah selesai maka pasanglah pembaruan yang sudah tersedia.
  3. Untuk solusi yang terakhir adalah melakukan factory reset. Tertarik menggunakan solusi dengan melakukan factory reset? Mudah saja sebenarnya, Anda hanya harus membuka pengaturan yang terdapat di ponsel. Carilah kemudian buka menu factory reset. Tidak berhenti di situ saja langkah yang harus Anda lakukan. tetapi, Anda juga harus menekan tombol Erase All dan konfirmasi dengan cara menekan menu sesuai.

Solusi terakhir mengatasi Layanan Google Play yang terhenti tersedia pada menu tentang Telepon, General Management, atau bisa juga pada Additional Settings. Jika Anda kesulitan menemukan nya, manfaatkan saja kolom pencarian yang biasanya berada di bagian atas. Solusi tersebut nantinya juga akan mengembalikan pengaturan juga data yang terdapat dalam perangkat kembali pada kondisi awal.

KESIMPULAN Layanan Google Play

Nah, hal penting yang tetap harus diingat ketika melakukan factory reset guna mengatasi Layanan Google Play yang terhenti tersebut, pastikan semua data sudah Anda cadangkan. Jadi, perihal cara mengatasi bukanlah suatu hal yang sulit dilakukan siapapun dan kapanpun.

Check Also

Wajib Coba 3 Fitur Aplikasi Face Play yang Viral di TikTok

Wajib Coba 3 Fitur Aplikasi Face Play yang Viral di TikTok

Mungkin belakangan ini sering banyak orang yang membahas mengenai, aplikasi Face Play. Hal tersebut karena …