pexels sora shimazaki 5926397

Kenapa Website Saya Tidak Ada Pengunjungnya?

Kenapa Website Saya Tidak Ada Pengunjungnya?

Ilmu dasar tentang visitor ini memang sudah cukup lama dan banyak sekali dibahas di blog, bahkan banyak diangkat menjadi tema seminar dan workshop bisnis online. Tapi tentu masih banyak startup dan yang pengen belajar bisnis melalui internet bertanya-tanya.

Ya, karena sekarang hampir semua orang sudah masuk ke dunia internet. Bahkan kemaren tukang ojek aja nunggu penumpang sambil mainan tablet android.

Kembali ke pembahasan, “semua orang sudah masuk dan akses ke internet, tapi kok visitor saya setiap hari hanya 5 sampai 10 orang? kadang kadang malah hanya 1?” jawabnya adalah karena belum tahu aja caranya.

Pengunjung di internet, atau istilah keren-nya adalah Traffic. Artinya adalah seberapa banyak orang yang datang mengunjungi website kamu. Istilahnya yaitu Visitor (pengunjung). Kalau trafficnya ramai, harusnya visitornya banyak.

Sekarang target dari dibangunnya web, toko online, atau bisnis internet adalah bagaimana mendapatkan traffic dan kedatangan visitor. Ibaratnya kamu memiliki toko itu pengunjungnya ramai, banyak yang lihat, banyak yang tanya, dan tentu harapannya banyak yang beli jasa atau produk yang kamu jual.

Bagaimana Cara Mendapatkan Trafik?

Secara umum, ada 3 jenis traffic yaitu:

  1. Organic Traffic
  2. An-organic / Paid Traffic
  3. Direct Traffic

1. Trafik Organik

Trafik Organik ini kebanyakan datang dari search engine, seperti google, yahoo, dan bing. Ketika kamu mengetik “kata kunci”, maka akan muncul beberapa web yang dihasilkan dari pencarian tersebut. Jika kamu memilih suatu web dari hasil pencarian, maka web tersebut otomatis akan mendapatkan organic traffic. Semakin tinggi rangking kamu pada suatu “keyword”, akan semakin besar pula peluang kamu mendapatkan pengunjung.

Selain dari Search Engine (SEO), organic traffic saat ini juga dapat diperoleh dari media sosial seperti twitter, facebook, dan youtube. Selain itu dari backlink website lain juga merupakan bagian dari organic traffic.

Keuntungan Mendapatkan Trafik Organik

  1. Gratis, Kamu tidak perlu membayar, cukup lakukan Optimasi dan SEO.
  2. Bisa untuk jangka panjang, Jika kompetisi relatif longgar, maka web kamu akan bertahan berbulan-bulan bahkan bertahun tahun di halaman pencarian search engine.
  3. Meningkatkan kredibilitas, Dengan berada pada posisi dirangking 1 google, tentu meningkatkan kredibilitas dari websitemu, dan tentu google hanya memilih web yang baik untuk tampil di rangking teratas.
  4. Bisa menghasilkan uang, Kamu bisa berjualan produk milik sendiri, menjual produk orang lain (affiliate), atau bisa juga menjual space yang disewakan jika pengunjung tertarget kita cukup banyak.

Kekurangan Trafik Organik

Organic traffic itu tidak bisa instant. SEO membutuhkan waktu. Berapa lama? tentu tergantung kata kuncinya. Untuk kata kunci kelas menengah yang menghasilkan biasanya butuh waktu antara 2 sampai 3 bulan. Ingin cepat mendapatkan pengunjung? kamu bisa bayar adword atau PPC lainnya.

Selain itu SEO membutuhkan skill dan pengalaman, baik secara teknik penulisan maupun programming. Tapi jangan takut, saat ini sudah banyak sekali tersedia tools pendukung yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan optimasi SEO dengan lebih mudah.

Dalam membangun suatu bisnis online, sebaiknya kombinasi dari 3 sumber trafik diatas. Berapa langkah sederhana yang dapat kamu lakukan adalah:

  1. Optimalisasi web bisnis dengan SEO, sesuaikan keyword-nya.
  2. Gunakan Email dan media sosial, seperti facebook, twitter dan semua media sosial untuk mempromosikan web dan produk yang akan kamu mulai.
  3. Anggarkan sedikit biaya marketing untuk fb ads, adword, atau PPC lainnya.
  4. Manfaatkan offline marketing dengan mempromosikan web kamu di materi-materi promosi.
  5. Manfaatkan forum, kaskus, detik forum untuk mendapatkan trafik.
  6. Pasang artikel (guest post) di marketplace besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.