Memaksimalkan Hashtags untuk Bisnis di Instagram
pexels.com

5 Jenis Hashtags untuk Bisnis di Instagram, Maksimalkan!

Hashtags untuk bisnis di Instagram – Bosan rasanya menulis konten tentang Tips Blogger terus menerus akhir-akhir ini, untuk itu pada kesempatan kali ini, saya akan membahas sesuatu yang berkaitan dengan Media Sosial atau Social Media. Tak lain, hashtag untuk bisnis di Instagram.

Saya yakin kalian semua pasti tahu aplikasi instagram, Pada awalnya Instagram adalah media sosial khusus untuk membagikan foto-foto dan video. Namun seiring dengan perkembangannya teknologi yang semakin pesat salah satunya yaitu Instagram ini justru menjadi tempat untuk mendapatkan konsumen yang potensial dalam bisnis apapun.

Salah satu fitur yang cukup menarik di instagram adalah Hashtag. Masih ada yang belum tahu tentang Hashtag? Baiklah, untuk memahami lebih dalam, saya akan menjelaskan lebih dalam tentang fitur instagram yang unik ini.

Apa itu Hashtags untuk Bisnis di Instagram?

Penjelasan dari situs Hubspot menyebut hashtag sebagai frasa kata kunci yang dieja tanpa spasi, dengan tanda pagar (#) di depannya. Misalnya, #AbboxID dan #TipsBlogger, itu adalah contoh penggunaan hashtag.

Hashtag ini mengikat percakapan publik dari semua pengguna yang berbeda ke dalam satu aliran. Kamu dapat menemukannya dengan mencari kata kunci, mengklik hashtag, atau menggunakan tools. Agar postingan dengan hashtag tersebut muncul di penelusuran siapa saja, dan yang pasti postingan dengan hashtag tersebut harus bersifat publik.

Manfaat Hashtag untuk Bisnis di Instagram

Penggunaan hashtag saat ini memiliki peran yang sangat penting termasuk dalam Pemasaran Media Sosial (Social Media Marketing). Berikut beberapa manfaat hashtag yang saya kutip dari situs Hootsuite yang harus Kamu ketahui.

1. Meningkatkan Engagement dengan Followers

Mencantumkan hashtag di postingan berarti ikut serta dalam percakapan yang terjadi di platform media sosial tersebut. Itu akan membuat postingan tersebut terlihat dalam percakapan itu.

Ini dapat mengarah pada keterlibatan yang lebih besar, termasuk meningkatkan keterlibatan media sosial brand Kamu melalui like, share, komentar, dan followers baru.

2. Kesempatan untuk Membangun Brand

Membuat hashtag khusus untuk brand dapat menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis dan mendorong percakapan pengguna.

3. Cara Menunjukkan Dukungan untuk Masalah Sosial

Menggunakan hashtag yang terkait dengan masalah di luar brand adalah cara yang tepat untuk ikut terlibat dalam masalah sosial yang sedang menjadi perbincangan followers-mu.

4. Menambahkan Konteks pada Postingan Media Sosial

Di Twitter, Kamu tidak memiliki banyak ruang untuk menulis teks. Kamu hanya memiliki 280 karakter untuk menulis satu postingan tweet.

Beda halnya di Instagram, teks yang lebih panjang tidak selalu yang paling efektif. Sama dengan Facebook, Pinterest, LinkedIn atau platform lainnya, terkadang lebih sedikit justru lebih baik.

Menggunakan hashtag adalah cara untuk mengontekstualisasikan apa yang Kamu bicarakan, tanpa perlu menghabiskan karakter. Kamu juga dapat mengelompokkan beberapa postingan dengan konteks yang sama dalam satu hashtag saja.

5. Membantu Target Audiens Menemukan Brand

Di Instagram dan Linkedin, pengguna dapat mengikuti hashtag yang dibuat oleh pengguna lain. Menggunakan beberapa hashtag populer dapat menjadi cara untuk membantu pengguna baru menemukan brand Kamu dengan mudah.

Misalnya, jika Kamu menggunakan hashtag #travel di post Instagram, seseorang yang mengikuti hashtag tersebut akan melihat postingan terbarumu di feed mereka.

Kamu mungkin akan mendapatkan beberapa followers baru dengan memanfaatkan penggunaan Hastags pada media sosial.

Memahami Hal Mendasar Tentang Hashtag

Perlu Kamu ketahui, penulisan Hashtag yang benar adalah #bisnisinstagram bukan #bisnis instagram. Penulisan Hashstag tidak ditulis menggunakan spasi, tapi di sambung. Jumlah hashtag maksimal dalam 1 postingan adalah 30, sesuai dengan batasan di instagram. Hashtag Harus nyambung dengan isi konten Kamu.

Sebagai contoh kontennya itu tentang Sepatu. Kamu bisa menggunakan hashtag:

#sepatubranded

#sepatumurah

#sepatubagus

Jangan pakai yang tidak nyambung seperti:

  • #mainananak
  • #jualnasigoreng
  • #jualikancupang

Menggunakan Hashtag Instagram Generator

Untuk mempermudah mencari Hashtag yang sedang viral atau naik daun, Kamu bisa menggunakan beberapa website untuk membuat hashtag secara otomatis. Tinggal ketik kata kunci, tunggu, dan salin hasilnya dan paste di captions postingan Kamu. Cocok sekali bagi Kamu yang ingin membuat banyak postingan sekaligus.

Untuk mengetahui hashtag yang sedang populer, Kamu dapat mendapatkannya dari situs-situs pihak ketiga berikut ini:

  • https://www.tagsfinder.com/id-id/stats
  • https://top-hashtags.com/hashtag/indonesia/
  • http://best-hashtags.com/hashtag/indonesia/

Peletakan Hashtag yang Tepat

Hashtags untuk bisnis di Instagram ini juga tak pernah lepas dari peletakannya yang tepat. Dengan kata lain, kamu tidak boleh sembarangan dalam meletakkan hashtag.

Ada baiknya, kamu tetap memperhatikan letak hashtag yang kamu buat. Tak perlu khawatir, memahami strategi satu ini juga tak kalah mudah dengan strategi lainnya.

Terdapat lima macam jenis hashtag yang bisa kamu implementasikan. Penasaran dengan jenis hashtag tersebut? Berikut ini adalah pemaparan selengkapnya.

1. Branded Hashtag

Branded hashtag ini merupakan hashtag yang bisa kamu pasang pada profil maupun setiap postingan Instagram. Hashtag yang satu ini, bisa kamu gunakan untuk mempopulerkan nama brand.

Selain itu, branded hashtag ini juga bisa mempopulerkan value yang bisnis kamu berikan. Kamu tidak boleh lupa dengan branded hashtag dalam setiap post-nya.

2. Contest Hashtag

Contest hashtag merupakan hashtag yang kamu gunakan dalam sebuah event maupun kontes. Hal ini sesuai dengan namanya. Sebagai contoh, kamu bisa menyematkan hashtag seperti #giveaway, #promo, dan lain sebagainya.

3. General Appeal Hashtag

Bila berbicara mengenai hashtags untuk bisnis di Instagram, maka tidak akan pernah lepas dari jenis hashtag yang satu ini. Tak lain adalah general appeal hashtag.

General appeal hashtag ini merupakan hashtag yang kamu gunakan karena kepopulerannya. Dengan kata lain, hashtag yang populer untuk kamu gunakan.

Jenis hashtag ini sangat penting, karena bisa memberikan kamu jangkau bisnis yang lebih luas. Ciri yang paling umum kita lihat, penggunaan hashtag ini bisa sampai ratusan ribu kali dilihat.

4. Niche Spesifik Hashtag

Jenis hashtag selanjutnya adalah niche spesifik hashtag. Niche spesifik hashtag ini merupakan hashtag yang berfungsi sebagai kata kunci khas dari pemirsa yang kamu taergetkan.

Sebagai contoh, kamu menargetkan para pecinta kucing, maka hashtag yang kamu buat bisa #kucinglovers. Kamu bisa menggunakan hashtag ini ke dalam post yang kamu buat.

5. Timely Hashtag

Jenis hashtag yang terakhir adalah timely hashtag. Hashtag ini bisa kamu gunakan untuk peristiwa tertentu yang sedang atau akan terjadi. Sebagai contoh, #ramadhan, #natal, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Untuk memaksimalkan Bisnis Kamu di Media Sosial seperti instagram ternyata tidaklah sulit. Terlebih jika Kamu bisa menggunakan fitur Hashtags dengan baik dan benar. Menggunakan Hashtags untuk bisnis di Instagram yang tepat akan memperluas potensi Bisnis Kamu diketahui orang banyak.

Baca juga: Cara Mudah Menyalin Teks Komentar Instagram

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.