Harga Perak Per Gram
Harga Perak Per Gram

Ini Dia Update Terbaru Harga Perak Per Gram Tahun 2022!

Harga perak per gram salah satunya perak 925 dari tahun ke tahun sudah tentu mengalami kenaikan harga. Perak 925 merupakan sebuah logam paduan antara logam perak dan tembaga, penambahan logam tembaga guna memperbaiki sifat mekanik logam perak.

Secara rincinya, perak 925 biasanya mempunyai persentase kandungan 92,5/5 perak murni dipadukan dengan 7,5% tembaga. Sudah dijual bebas dipasaran dengan harga per gramnya sangat terjangkau saja.

Baca Juga : Bisa Membelalakkan Mata Inilah Harga 1 Butir Mutiara Update di 2022

Seperti telah diketahui, jenis logam yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan perhiasan ini sangat beragam. Jadi selain emas, banyak orang menyukai perhiasan dari bahan lainnya seperti palladium hingga perak.

Khusus untuk perak, popularitasnya semakin mencuat tinggi dan populer. Hal ini karena desain dari perak cenderung variatif serta harga kisaran perak per gramnya pun juga murah jika Anda bandingkan dengan harga emas.

Harga Perak Per Gram
Ini Dia Update Terbaru Harga Perak Per Gram Tahun 2022!

Harga Perak Per Gram

Untuk harga perak per gram 925 yang beredar di pasaran Indonesia sekarang ini biasanya dalam wujud sudah menjadi perhiasan. Misalnya berupa cincin, kalung, gelang, anting, dan lainnya. Terdapat beberapa penjual yang menawarkan bahan perak murni 925 dengan harga sekitar Rp 12.000 per gramnya.

Sementara harga bahan perak murni 925 terpantau relatif stabil dan belum banyak berubah sejak tahun lalu. Sedangkan untuk perak 925 murni telah diolah menjadi bentuk perhiasan cincin, sekarang ini ditawarkan dengan harga mulai Rp 90 ribu hingga Rp 100 an ribuan hanya untuk ukuran batu 10 x 12 mm.

Dari kedua jenis perak itu, terdapat harga lain dari jenis perak 925 murni cincin dengan batu ukuran 20 x 25 sekarang ditawarkan dengan harga kisaran Rp 265 ribu.

Harga Cincin Perak 925

Untuk harga perak per gram sudah Anda ketahui, sekarang giliran Anda mengetahui harga dari cincin perak 925 dengan berbagai ukuran. Untuk cincin perak 925 10 x 12 mm ditawarkan sekitar harga Rp 90.000-Rp 160.000.

Sementara untuk cincin perak 925 20 x 25 mm seharga Rp 265.000. Jika Anda sedang mencari sebuah perhiasan perak 925 berkualitas terbaik, Anda dapat membelinya di toko-toko perhiasan perak terdekat di Kota Anda.

Bukan hanya itu, sekarang juga sudah banyak penjual yang menawarkan perak 925 secara online melalui situs e-Commerce. Namun saat hendak membeli perak 925, pastikan perak Anda beli itu kandungan memang 925 ya.

Jenis Perak yang Perlu Anda Ketahui!

Untuk jenis perak bukan hanya satu atau dua saja, ya, melainkan banyak sekali. Mungkin bagi sebagian orang ada yang belum tahu jelas mengenai jenis perak beserta penjelasannya. Perak memang menjadi salah satu bahan untuk membuat perhiasan yang paling banyak diminati sekarang ini.

Selain mempunyai daya tarik menarik dan tentunya cantik digunakan. Perhiasan perak juga akan memberikan kesan cantik dan elegan bagi para penggunanya. Makanya langsung saja ketahui jenis-jenis perak serta penjelasannya di bawah ini.

Sterling 925 Silver

Jenis perak yang pertama yaitu Sterling 925 Silver merupakan standar perhiasan silver di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Eropa, dan juga standar besar negara di dunia. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Sterling 925 Silver ini terdiri dari 92,5% dan 7,5% sisanya biasanya adalah tembaga.

Nah, jadi untuk menghasilkan sterling silver berkualitas, logam lain harus ditambahkan dalam campuran. Hal ini agar bisa meningkatkan kekerasannya, lebih tahan lama, serta menciptakan warna dan kilauan lebih tahan lama. Perhiasan perak 925 ini biasanya ditandai dengan lambang logo .025 atau 925 STG.

Fine 999 Silver

Jenis Fine 999 Silver ini merupakan perak yang mempunyai karakteristik mendekati elemen paling murni dari perak. Makanan dari 999 merupakan memiliki kadar 99.9% kadar perak murni. Sedangkan 0,1% sisanya adalah jejak elemen dengan kualitas tidak signifikan.

Dari informasi Vncojewellery, Fine Silver lebih berkilau dari sterling yang sudah dipoles. Namun sayangnya, sebab sifat silver lunar membuat tipe atau jenis Fine Silver mudah bengkok, tergores, dan juga mudah berubah bentuk. Maka dari itu, Fine Silver kurang cocok untuk digunakan semua perhiasan sebab kurang awet.

Coin Silver

Jenis perak urutan ketiga ada Coin Silver. Coin Silver ini pastinya bukan bahan pembuat koin ya. Melainkan istilah digunakan untuk campuran logam perak di negara Amerika. Akan tetapi, sekarang ini penggunaan Coin Silver sudah semakin jarang.

Coin Silver terdiri dari campuran 90% silver serta 10% tembaga dimana logonya ditandai dengan angka 900. Ya, menggapai jenis perak dinamakan Coin Silver ini sebab terbuat dari potongan halus koin yang terbuang.

Silver Argentium

Jenis perak satu ini merupakan logam yang mempunyai kadar 92.5% beberapa campuran yang mempunyai silver lebih banyak. Elemen sisanya terdiri dari tembaga dan germanium. Germanium diyakini bisa membuat campuran logam ini menjadi lebih keras.

Sehingga perhiasan perak pun tidak cepat pudar. Akan tetapi, Silver Argentium tetap bisa memudar apabila berada pada kondisi ekstrem atau jangka waktu lama. Nilai minusnya untuk Silver Argentium biasanya dijual dengan harga lebih mahal dan lebih sulit untuk Anda daptkan. Bukan hanya itu, sulit membedakan Silver Argentium dengan sterling pasalnya sama-sama mempunyai stempel 925.

Kelebihan Perak

Pembahasan selanjutnya setelah Anda tahu jenis perka serta harga perak per gramnya. Sekarang apa sih kelebihan dari perak ini? Dalam bentuk perhiasana tentu perak mempunyai banyak keunggulan kshusnay bagi para penggunaya. Nah, berikut beberapa kelebihan dari perak perlu Anda ketahui!

Lebih Muda dan Trendy

Bagi generasi muda lebih suka memilih perhiasan perak jika dibandingkan dengan menggunakan emas. Sebab terlihat lebih fleksibel, modern, dan lux. Logam perak sendiri ditemukan lebih dari 6 abad yang lalu.

Pada mesir kuno, emas merupakan logam mulia paling sempurna sehingga mempunyai simbol lingkaran. Sedangkan perak dianggap logam mendekati kesempurnaan emas dan diberikan simbol setengah lingkaran.

Perhiasan perak biasanya dipasangkan dengan berlian atau batu mulia agar lebih mempesona dan menawan. Bukan untuk perhiasan, perak juga dipergunakan dalam pembuatan mata uang, medali kejuaran, dan beberapa instrumen alat musik berkualitas tinggi seperti flute.

Mudah Dijual Kembali

Kelebihan kedua dari perka yakni mudah dijual kembali oleh pengguna. Jadi dengan harga yang lebih terjangkau serta mudah dijual kembali dengan harga tidak jauh dari harga beli. Hal ini tentu menjadi nilai lebih tersendiri bagi perak jika dibandingkan dengan emas. Pada umumnya para pedagang perak telah menentukan harga jual kembali dari perak yang sudah Anda beli.

Harga Lebih Rendah/Murah

Dari sisi harga perak per gram, perak lebih murah di bawah logam emas. Oleh karena itu, perak lebih terjangkau sebagai investasi serta koleksi dalam jumlah lebih banyak. Jadi sebagai komoditas pendamping logam emas, harga perak selalu mengikuti kenaikan dan penurunan harga logam emas.

Selain itu perak juga sebagai model investasi yang lebih kecil dan terjangkau. Namun hanya uang mengejutkan, persentase harga perak dalam pasar komoditas sering lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga emas itu sendiri. Perak bisa tiga kali lipat kenaikannya daripada dengan harga emas hanya naik dua kali lipat.

Sudahkah tahu Anda berapa kisaran harga perak per gram dari artikel di atas. Selain hanya harga Anda juga tahu apa saja jenis serta kelebihan dari perak itu sendiri.

Check Also

Wajib Coba 3 Fitur Aplikasi Face Play yang Viral di TikTok

Wajib Coba 3 Fitur Aplikasi Face Play yang Viral di TikTok

Mungkin belakangan ini sering banyak orang yang membahas mengenai, aplikasi Face Play. Hal tersebut karena …