Hal yang Perlu di Persiapkan Sebelum Upgrade ke Windows 11

Hal yang Perlu di Persiapkan Sebelum Upgrade ke Windows 11

Sebelumnya saya sudah membagikan artikel terkait cara mengecek apakah PC Kamu memenuhi persyaratan sistem untuk melakukan upgrade ke windows 11. Jika PC Kamu sudah memenuhi persyaratan minimum sistem saya ucapkan selamat, Kamu hanya tinggal menunggu antrian untuk dapat melakukan upgrade ke windows 11 yang nantinya akan muncul sendiri pada fitur windows update.

Namun ada beberapa hal penting yang perlu Kamu persiapkan sebelum melakukan upgrade ke windows 11. Karena tidak semua upgrade akan berujung baik di semua sistem atau perangkat. Ada yang berhasil dan ada juga yang gagal. Untuk itu lakukan hal ini agar bisa meminimalisir jika nantinya ketika proses upgrade terdapat hal yang tidak diinginkan.

1. Backup Data

Pertama, lakukan backup seluruh data penting Kamu yang ada di drive C/D kedalam external HDD/SSD, hal ini guna menyelamatkan data penting ketika terdapat error atau hal yang tidak diinginkan. Sehingga data tersebut dapat digunakan kembali apabila terjadi kerusakan atau kehilangan.

2. Buat Restore Point

Restore Point adalah check point yang sengaja dibuat untuk jika nantinya terdapat error dalam proses upgrade, memungkinkan Kamu untuk merestore dititik yang sudah Kamu buat. Artinya ketika ditengah perjalanan upgrade terdapat error, Kamu masih bisa memulihkan ke titik normal sebelumnya.

Cara Membuat Restore Point

  1. Klik Start Menu.
  2. Ketik Restore Point pada kolom pencarian.
  3. Pilih Create Restore Point.
  4. Pastikan Localdisk:C Kamu Protectionnya On (Pilih Configure > Turn On) Apply Ok.
  5. Klik Create > Lalu isikan nama Apapun. Pilih Ok.
  6. Selesai.

Mungkin itu saja hal yang perlu kamu lakukan sebelum upgrade ke windows 11.

Baca juga: Kesan Pertama Upgrade ke Windows 11, Apakah Lebih Ringan?

Check Also

6 Cara Menampilkan Icon Baterai di Laptop yang Hilang!

6 Cara Menampilkan Icon Baterai di Laptop yang Hilang!

Icon baterai menjadi hal yang ada di perangkat elektronik menggunakan baterai seperti laptop, Kamera, smartphone, …