Cara Sambung Printer ke Laptop
kumparan.com

2 Cara Sambung Printer ke Laptop, Mudah Dilakukan!

Cara sambung printer ke laptop menjadi hal penting yang harus kita ketahui. Nyatanya kita dituntut untuk serba bisa. Memang benar, manusia itu makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa adanya bantuan orang lain. Tetapi di sisi lain, kita harus selalu mengasah kemampuan kita dalam segala hal. Termasuk menyambungkan printer ke laptop. Pada dasarnya hal tersebut merupakan hal mudah untuk dilakukan siapapun.

Karena mudahnya itulah, tidak ada alasan jika kita tidak bisa melakukannya. Perkembangan teknologi menjadi semakin pesat serta hampir menyentuh segala aspek dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah adanya teknologi yang akan mempermudah pekerjaan kita. Faktanya, saat ini banyak orang yang bekerja menggunakan laptop ataupun komputer. Kedua alat tersebut tidak bisa lepas dari peranan printer sebagai alat guna mencetak segala dokumen yang Anda butuhkan.

Ketika Anda ingin menggunakan printer, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal printer tersebut. Bertujuan agar printer tersebut terhubung dengan laptop ataupun komputer yang Anda miliki. Seperti sudah dijelaskan, cara sambung printer ke laptop merupakan hal yang mudah. Namun masih banyak orang yang beranggapan bahwa hal tersebut merupakan perkara yang sulit.

Terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menginstal printer. Apalagi sudah terdapat dalam buku panduan. Beberapa orang beranggapan bahwa penjelasan yang terdapat pada buku panduan susah dipahami. Tapi jangan risau, Anda juga bisa mendapatkan cara yang lebih sederhana.

Cara Sambung Printer ke Laptop
kumparan.com

Cara Sambung Printer Ke Laptop yang Mudah

Kemajuan teknologi yang terdapat pada printer sekarang ini memudahkan para penggunanya. Contohnya saja untuk menunjang berbagai kebutuhan seperti halnya mencetak file fisik berupa kertas. Di samping itu, printer juga mempunyai teknologi wireless yang mana Anda hanya perlu menghubungkan laptop serta printer dengan jaringan Wi-Fi.

Ketika Anda memutuskan membeli printer, mungkin akan dibuat bingung karena tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Di pasaran terdapat banyak jenis printer yang bisa Anda beli yang mana setiap satu jenis itu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah jika selama ini kita beranggapan jika printer itu hanya bisa dimanfaatkan untuk mencetak dokumen saja.

Dengan banyaknya jenis printer yang kita temui di pasaran tentunya terdapat printer yang mempunyai fungsi ganda sebagai scanner. Nantinya Anda bisa mengubah hardcopy dokumen ke bentuk softcopy hanya dengan berbekal printer saja. Adanya fungsi ganda pada printer tersebut membuat perangkat yang satu ini diburu oleh banyak orang. Terlebih pada penggunaannya yang praktis.

Printer pada zaman saat ini bukan hanya dirancang guna mencetak serta scan dalam satu perangkat. Terdapat printer yang sifatnya itu seperti wireless. Yakni Epson Deskjet l565 milik dari Indo Rental. Penggunaan printer wireless juga lebih praktis sebab Anda tak perlu lagi mencolokkan kabel guna menyambungkannya.

Apabila anda menggunakannya secara kolektif, printer wireless itu bisa dishare kepada pengguna yang lain dan mereka juga tak perlu repot lagi ingin saat ingin menggunakan perangkat tersebut. Namun sudahkah Anda tahu cara sambung printer ke laptop ini?

USB

Untuk cara sambung printer ke laptop yang pertama, Anda bisa menggunakan USB. Ketika Anda membeli printer, pastikan sudah lengkap dengan adanya kabel USB. Pasalnya kabel tersebut bisa Anda gunakan untuk menginstal printer. Setelah itu, sambungkan kabel tersebut ke laptop ataupun komputer dan ke printer. Jika jaraknya berjauhan maka dekatkanlah.

Kemudian setelah itu, silakan nyalakan printer. Kendati demikian terdapat beberapa printer yang secara otomatis itu akan menjalankan proses instalasi ataupun keluar perintah instal printer pada layar laptop ataupun komputer Anda. Apabila hal ini terjadi maka tekan menu Start kemudian Device and Printer lalu Setting. Kemudian balik lagi Device ke berikutnya Printer dan Scanner. Jangan lupa untuk tekan menu Add a Printer or Scanner yang berada pada bagian atas layar.

Baru setelah itu komputer ataupun laptop Anda akan memindai printer yang tersambung tersebut. Tapi lebih baik pilihlah yang sesuai dengan model printer Anda.

Namun bagaimana jika hal tersebut tidak terjadi? Jangan panik, silakan saja Anda tekan menu Link the Printer that I Want is Not Listed. Selanjutnya tekan tombol pencarian supaya sistem bisa memindai driver printer pada hard driver.

Apabila masih belum muncul, Anda harus mengunduh software drivernya. Agar cara sambung printer ke laptop tersebut lebih mudah, ikuti semua perintah yang yang sudah ada sampai prosesnya selesai. Jika dalam proses tersebut Anda diminta untuk melakukan restart laptop ataupun komputer maka, lakukanlah.

Jaringan Lokal

Selain menggunakan USB, cara sambung printer ke laptop juga bisa Anda lakukan menggunakan jaringan lokal. Entah itu melalui internet ataupun Wi-Fi bisa Anda temukan serta install. Seperti apa langkah-langkahnya?

Pertama, bukalah aplikasi pengaturan kemudian pilihlah Printer. Berikutnya tekan gambar gembok yang terdapat pada bagian atas kanan guna memperbolehkan Anda untuk mengubah pengaturan.

Cara sambung printer ke laptop tak sampai di situ saja. Selanjutnya, tekan tombol + yang terdapat pada sisi bawah panel. Setelah itu akan muncul jendela baru berisikan tentang tambah printer baru. Nantinya sistem juga akan mencari printer yang terdapat pada jaringan tersebut kemudian printer akan muncul lalu tekan menu tambah.

Nah, barulah roses instalasi akan berjalan. Tutorial menyambungkan printer menggunakan jaringan lokal nyatanya lebih mudah dan bisa dilakukan siapapun.

Namun di samping itu ternyata Anda juga bisa menggunakan driver unduhan. Tapi tips yang harus diperhatikan adalah pastikan driver tersebut Anda unduh dari website yang resmi. Jika Anda sudah menemukan website resminya, maka bukalah dan pilih kemudian unduh software secara selektif yang sesuai dengan tipe printer pastinya.

Driver yang sudah Anda download biasanya berupa file Winrar. Maka untuk cara sambung printer ke laptop ini, Anda juga harus mengekstraknya dengan cara klik kanan File kemudian Ekstrak Here.

Anda juga harus membuka file yang mempunyai ekstensi exe supaya bisa mulai menginstal dan ikuti semua perintah pada proses penginstalan. Silakan restart laptop setelah selesai penginstalan supaya driver terinstal dengan baik.

Sambungkan printer dengan laptop sesudah selesai Anda mau restart menggunakan kabel USB guna memeriksa apakah printer sudah mengenali laptop baru atau belum. Jika sistem koneksi printer menggunakan Wi-Fi, maka pastikan Wi-Fi tersebut sudah dalam keadaan on dan laptop juga sudah terhubung pada Wi-Fi.

CD Driver

Cara sambung printer ke laptop juga bisa dilakukan menggunakan CD driver. Untuk sukses menggunakan cara ini pastikan Anda sudah menyiapkan CD driver yang sesuai dengan merek printernya. Sesudahnya masukkan CD tersebut Chrome Driver, kemudian silakan masuk ke halaman pemasangan.

Ikuti petunjuk instalasi yang terdapat pada buku panduan. Apabila proses instalasi sudah selesai dan berjalan dengan baik maka CD driver bisa Anda keluarkan. Setelah mengeluarkan CD drivernya, pastikan Apakah printer tersebut sudah terinstal dengan benar ataupun belum. Jika CD driver belum terinstal dengan sempurna atau muncul masalah yang baru. Seharusnya pasang CD driver yang baru.

Printer seperti itu biasanya juga bisa mengunjungi situs layanan dari produser printer yang sudah sesuai dengan nomor printer yang tersebut. Cara sambung printer ke laptop ini bisa dilakukan oleh siapapun yang mau berusaha.

Check Also

6 Cara Menampilkan Icon Baterai di Laptop yang Hilang!

6 Cara Menampilkan Icon Baterai di Laptop yang Hilang!

Icon baterai menjadi hal yang ada di perangkat elektronik menggunakan baterai seperti laptop, Kamera, smartphone, …