Cara Restart Laptop Acer
Cara Restart Laptop Acer. Foto: pixabay.com

3 Cara Restart Laptop Acer Hanya dengan Hitungan Detik

Cara restart laptop Acer penting untuk dilakukan lantaran hal ini bisa melancarkan laptop kembali ketika mengalami lagi. Restart laptop sendiri memiliki beberapa fungsi seperti digunakan untuk menyetel ulang system.

Jadi Anda bisa menggunakan restart untuk mengembalikan kinerja laptop yang error. Setiap laptop tentunya memiliki system restore yang mudah untuk dilakukan. Selain itu, fitur lain yang selalu ada di laptop adalah shutdown dan sleep.

Berbagai fiturnya memiliki banyak fungsi yang berbeda-beda sehingga bisa digunakan oleh para pengguna. Nah, jika Anda ingin tahu cara melakukan restart pada laptop acer, maka Anda bisa simak artikel ini.

Cara Restart Laptop Acer
Cara Restart Laptop Acer. Foto: pixabay.com

Berbagai Cara Restart Laptop Acer yang Mudah Dilakukan

Laptop sekarang ini menjadi perangkat yang vital bagi kebanyakan orang. Baik itu tenaga kerja, karyawan, mahasiswa, bahkan pelajar sekalipun. Seiring berjalannya waktu, ketika laptop kerap digunakan, bukan tidak mungkin jika laptop ini mengalami penurunan performa atau bahkan mengalami error.

Restart pada laptop memiliki banyak fungsi sehingga penting ada dalam sebuah laptop. Apalagi restart ini bisa membantu penggunanya untuk mengatasi error pada laptop. Sehingga kinerja software bisa kembali berjalan dengan baik.

Setiap laptop dan komputer memiliki fitur, restart, shutdown, dan sleep yang bisa menghidupkan dan mematikan laptop. Untuk laptop yang sering mengalami permasalah seperti error, tidak ada respon hingga leg, bisa diatasi dengan restart.

Apa itu restart? Pada umumnya restart adalah proses menjalankan ulang sebuah program yang aktif. Missal, jika Anda menjalankan restart Google Chrome, itu berarti Google Chrome yang sedang terbuka perlu dijalankan ulang.

Cara paling umum untuk melakukan restart adalah dengan menutup aplikasi yang terkait kemudian membukanya kembali setelah beberapa menit. Cara lainnya yaitu menggunakan fitur restart yang sudah disediakan oleh aplikasi maupun laptop.

Alasan Perlu Adanya Restart

Biasanya banyak hal penting yang bisa Anda lakukan dengan restart. Walau biasanya restart dilakukan ketika aplikasi terasa berat setelah lama digunakan. Restart juga perlu dilakukan jika ada perubahan tertentu dalam laptop.

Selain itu, restart juga bisa Anda lakukan ketika laptop mengalami pengupdatan. Dengan melakukan restart kinerja laptop bisa kembali normal seperti biasa. Melakukan cara restart laptop acer tidak jauh berbeda dengan restart laptop lainnya.

Restart laptop biasanya dilakukan dengan mengklik tombol menu start yang ada di bawah dekat icon Windows yang berada di pojok kiri bawah. Anda kemudian mengklik tombol power dan klik juga restart. Setelah itu, proses restart akan berlangsung hingga komputer bisa digunakan seperti semula.

Restart laptop juha aman, hal ini karena melakukan restart tidak akan menyebabkan data-data terhapus. Sehingga restart laptop bisa menjadi solusi ketika system kinerja laptop melemah.

Namun ada beberapa orang yang menyamakan restart dengan reset, padahal keduanya nyata berbeda. Reset digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang cukup berat, sedangkan restart digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kecil seperti error dan beberapa pembaharuan.

Jangan sampai Anda salah membedakan keduanya, sebab bisa mempengaruhi kinerja pada laptop. Bisa saja data yang ingin di restart malah terhapus karena memencet reset. Kami akan memberikan cara restart laptop Acer yang mudah untuk dilakukan, jadi Anda simak baik-baik artikel ini.

Cara Restart Laptop Acer dengan Menu Start

Cara ini yang paling umum dilakukan dan sangat mudah untuk dijalankan. Anda cukup menggunakan menu start pada OS Windows yang pastinya mudah. Untuk cara restart laptop Acer berikut silakan simak dengan baik.

  1. Anda bisa mengawalinya dengan membuka laptop Anda.
  2. Kemudian klik icon Windows yang ada pada again bawah layar.
  3. Lalu klik power.
  4. Pilih opsi restart untuk merestart laptop Anda.
  5. Jika sudah dipencet maka laptop akan melalui proses restart.
  6. Anda bisa tunggu beberapa menit hingga proses restart selesai.
  7. Laptop akan menyala dengan sendirinya, jika proses restart selesai.

Cara Restart Laptop Menggunakan Menu Run

Berikutnya cara restart laptop dengan menu run, fitur bawaan dari laptop. Berikut langkah langkah yang perlu Anda lakukan untuk merestart laptop.

  1. Anda bisa mencari fitur Windows run pada laptop atau tekan windows + run.
  2. Nantinya akan muncul kolom pada fitur run tersebut.
  3. Anda bisa pilih ok.
  4. Dengan begitu laptop akan melakukan restart.

Cara ini terbilang mudah untuk dilakukan. Jadi, jika ada masalah Anda bisa melakukan restart dengan mengikuti langkah ini.

Melakukan Restart Laptop Menggunakan Command Prompt

Ada juga cara restart laptop Acer dengan Command Prompt, yang menggunakan kombinasi keyboard. Tentunya cara ini mudah untuk Anda coba, apalagi cara ini juga terbilang praktis. Berikut tahapan Anda bisa mempratikkannya.

  1. Untuk langkah awal Anda bisa tekan bersama kombinasi tombol windows + r pada laptop,\.
  2. Lalu akdan bisa ketik cmd pada kolom open.
  3. Setelah itu klik ok.
  4. Akan muncul tampilan command prompt.
  5. Pada kolom c:userswin10>ketikan shutdown/r, jika sudah maka keterangannya akan berubah menjadi :userwin10>shutdown/r.
  6. Setelah itu laptop dengan sendirinya melakukan restart.

Cara Restart Laptop Menggunakan Keyboard

Cara restart laptop Acer berikutnya super mudah digunakan dan juga praktis. Berikut beberapa cara  yang harus Anda lakukan.

  • Kombinasi alt + f4
  • Kombinasi  tombol ctrl + alt + del
  • Klik tombol start + r atau alt +f4 + r
  • Pada windows 7 kombinasi start > home > r , atau alt + f4 > r > enter
  • Windows +x

Anda bisa menggunakan beberapa kombinasi keyboard yang mudah untuk dilakukan. Ketika Anda klik salah satu kombinasi tersebut maka Anda bisa melakukan restart. Nantinya ada beberapa langkah yang Anda sendiri bisa melakukanya.

Cara Merestart Laptop yang Error

Nah, cara ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang sering mengalami laptop error. Laptop yang gagal diakses atau mengalami error menjadi alasan tersendiri laptop harus di restart. Ada cara mudah untuk melakukan restart jika terjadi hal ini.

Untuk cara restart laptop Acer yang error Anda bisa mengandalkan tombol fisik power laptop. Namun penting untuk Anda ketahui, jangan terlalu sering melakukan restart laptop melalui tombol fisik. Sebab hal ini bisa membuat laptop mengalami beberapa masalah. Cara ini bisa menjadi cara terakhir jika cara sebelumnya tidak bisa digunakan.

Itulah beberapa cara restart laptop Acer yang sangat mudah untuk Anda lakukan. Laptop Acer tidak jauh berbeda dengan laptop pada umumnya, jadi Anda bisa menggunakan cara yang sama untuk melakukan restart pada laptop lainya.

Proses restart juga bisa dilakukan dengan cepat, Anda cukup menunggu beberapa menit saja dan laptop akan menyala dengan sendirinya. Biasanya proses restart tidak memakan waktu hingga 5 menit. Karena itu, Anda tidak perlu menunggu lama untuk menyelesaikan proses restart.

Cara restart laptop Acer yang kami berikan bisa memudahkan Anda untuk mengatasi berbagai permasalah pada laptop. Anda cukup menggunakan restart ketika kepepet saja, jika error pada laptop benar benar tidak bisa digunakan.

Check Also

Cara Mengupdate Aplikasi di Laptop

Cara Mengupdate Aplikasi di Laptop dan PC Paling Mudah

ABBOX.ID – Cara mengupdate aplikasi di laptop berikut ini bisa Anda lakukan untuk memperbarui aplikasi …