cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Oppo A15
istockphoto.com

2+ Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Oppo A15

Cara menyembunyikan aplikasi di Hp Oppo A15 tidaklah rumit. Menyembunyikan aplikasi merupakan sebuah privasi seseorang. Berbagai alasan mengapa menyembunyikan aplikasi, salah satu alasannya yakni agar bisa membedakan aplikasi ramah anak maupun tidak. Kini dapat dengan mudah menyembunyikan melalui ponsel itu sendiri. Pasalnya fitur ini akan membuat ikon apk hilang dari layar hp, misalnya hp brand Oppo.

Pada oppo kita dapat dengan mudah menghilangkan ikon aplikasi, tanpa uninstal aplikasinya yang akan kita sembunyikan. Perhatikan versi colorsnya untuk mengaktifkan fitur ini.

Ponsel ini telah di released 27 October 2020, yang mana tampilan menu cukup mudah untuk mengaktifkan fitur sembunyikan aplikasi.

cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Oppo A15
istockphoto.com

Begini Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Oppo A15

Hp Oppo A15 diluncurkan telah dibekali Android 10, Color OS 7.2. Namun pihak ponsel terus menerus beri update colorOS nya. Jadi senantiasa akan berdampak di perubahan menu serta tampilan. Maka alangkah baiknya cek versi color os sebelum kamu menyembunyikan aplikasi pada ponselmu.

Tujuan menyembunyikan aplikasi ini beragam, tentunya setiap orang memiliki alasan masing-masing. Terlebih cara menyembunyikan aplikasi di Hp Oppo A15. Sebab ada pihak ketiga yang membantu jalannya persembunyian ini.

Tentang Oppo

Tahun 2013 tepatnya bulan April, brand OPPO menginjakkan kaki negara yang memiliki suku bangsa banyak ini yakni di pasar Indonesia. Sebelum ke Indonesia, OPPO mengepakkan sayapnya ke beberapa negara seperti, Thailand, Rusia Vietnam, Amerika dan Qatar.

Smartphone ini banyak menyuguhkan fitur-fitur yang cukup keren. Smartsphone ini telah menemai rakyat Indonesia untuk dapat beraktivitas dengan baik. Dengan harga smartphone relatif murah di kalangan ibu maupun anak muda. Hal tersebut bakal menjadi salah satu alasan mengapa Oppo memiliki banyak peminat pada dikalangan masyarakat menengah ke bawah. Apalagi handphone ini memiliki cara menyembunyikan aplikasi di Hp Oppo A15.

Sembunyikan Aplikasi

Cara menyembunyikan aplikasi di Hp Oppo A15 cukup mudah tidak perlu pusing memikirkan bagaimana caranya. Cukup simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Ambil handphone mu kemudian buka menu pengaturan/setting pada handphone.
  2. Pilih menu “privasi password” lalu “hide apps”.
  3. Pilih-pilih terlebih dahulu aplikasi apa saja yang akan kamu sembunyikan agar aman
  4. Setelah ada pop up notifikasi yang mengharuskan kamu membuat “Access Code”. Tujuan kode ini untuk akses aplikasi yang disembunyikan pada HP Oppo kamu.
  5. Kemudian akan muncul notifikasi, tekan tombol Setting atau pengaturan.
  6. Nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan “Access Code”, yang biasanya berupa kombinasi angka diapit tanda pagar. Misalnya seperti berikut ini: #321#.
  7. Setelah selesai, kamu harus memilih aplikasi yang akan disembunyikan.
  8. Langkah terakhir, kamu dapat menekan tombol Back/Kembali untuk menyimpan pengaturan.

Akses Aplikasi Tersembunyi

Aplikasi yang sebelumnya telah disembunyikan, tentu dapat diakses sewaktu-waktu oleh pengguna pada Hp Oppo. Agar mudah mengakses aplikasi yang tersembunyi, maka pengguna harus mengingat “Access Code” yang sebelumnya telah dibuat.

Perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  • Cobala membuka aplikasi Dialer pada ponselmu.
  • Masukkan “Access Code” yang dahulu sudah kamu buat. Misalkan Access Code adalah sebagai berikut: #321#.
  • Kemudian dengan otomatis HP Oppo terbuka dan akan menampilkan aplikasi yang telah di sembunyikan.

Mengembalikan Aplikasi Tersembunyi

Diatas telah kita bahas mengenai cara menyembunyikan aplikasi di Hp Oppo A15. Kini kamu wajib simak cara mengembalikan aplikasi yang sudah kamu sembunyikan di ponsel kebangganmu, yakni Oppo:

  • Ambil ponsel pintarmu terlebih dahulu.
  • Kemudian buka menu “Settings/Pengaturan.
  • Lalu kamu dapat memilih Password & Biometrics.
  • Kemudian pilih opsi Privacy Password lalu Hide Apps.
  • Akan muncul menu Hidden Apps lalu klik menonaktifkan toggle mana saja aplikasi yang akan kamu dikembalikan.
  • Tekan tombol “kembali” untuk save pengaturan.
  • Maka aplikasi yang sebelumnya tersembunyi, kini dapat kembali diakses.

Menambah Aplikasi yang Disembunyikan

Apabila kamu ingin menambahkan aplikasi yang ingin disembunyikan, maka akan berbeda langkahnya. Sebab untuk menambah aplikasi tidak perlu membuat kode akses lagi. Simak uraian berikut ini:

  • Ambil ponsel pintar mu.
  • Bukalah menu pengaturan yang terdapat di salah satu aplikasi kamu.
  • Pilih dahulu menu privasi.
  • Lalu kamu dapat memilih menu kunci aplikasi.
  • Kemudian masukkanlah kata sandi privasi yang telah kamu buat.
  • Klik aplikasi mana yang akan disembunyikan.
  • Selanjutnya kamu aktifkan tombol kunci aplikasi.
  • Lalu kamu dapat mengaktifkan tombol sembunyikan layar depan.

Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara menyembunyikan aplikasi di Hp Oppo A15 kali ini dengan pihak ke 3. Cobalah unduh aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikannya. Dengan bantuan aplikasi, kamu tidak perlu repot-repot harus nge root smartphone agar mampu menyembunyikan.

Kita beri contoh aplikasi pihak ketiga yang dapat kamu coba berikut ini:

PrivateMe

Setelah kita cek review, aplikasi ini cukup compatible dengan semua versi Android, bahkan versi lolipop. Cukup download privateMe untuk menginstall aplikasi ini.

Apex Launcher

Aplikasi ke dua yakni Apex launcher. Aplikasi ini dapat kamu jadikan referensi menyembunyikan aplikasi tanpa root. Tata cara menggunakannya akan mudah, simak cara menyembunyikan aplikasi di Hp Oppo A15  berikut ini:

-Ambil smartphone kamu lalu coba install Apex launcher pada Playstore.

-Lalu buka setting Apex launcher, setelah sudah terbuka pada menu ini kamu dapat memilih hidden apps untuk memilih aplikasi mana saja yang ingin kamu sembunyikan.

Hide App

Cara menyembunyikan aplikasi di Hp Oppo A15 berikutnya yaitu dengan aplikasi Hide app adalah salah satu aplikasi yang dapat diandalkan untuk kamu yang ingin menyembunyikan aplikasi Android di hp. Keuntungan mu selain dapat menyembunyikan aplikasi, kamu pun dapat memproteksi aplikasi menggunakan password.

caranya cukup mudah, yaitu install aplikasi hide app ini, lalu pilih setting. Kemudian klik on pada pin protection dan kamu akan dimintai pin handphone mu. Gampang kan?

Manfaat Menyembunyikan Aplikasi

Sebetulnya manfaat nya pun sangat beragam. Langkah pertama adalah, tidak perlu repot-repot harus melakukan root pada ponsel pintar. Next, kamu dapat ikuti dengan cara menyembunyikan aplikasi tanpa root. Maka kamu akan merasa lebih tenang dan aman saat hp di pinjem si kecil, teman maupun keluarga sekalipun.

Selain manfaat diatas, terdapat manfaat lain yaitu menjaga privasi supaya tidak dicurigai oleh orang lain. Pada saat hanya mengunci sebuah atau dua buah aplikasi, orang lain maka akan curiga. Kendati demikian, aplikasi di sembunyikan saja daripada timbul segudang pertanyaan.

Apakah Aman?

Cara menyembunyikan aplikasi di Hp Oppo A15 ini sangatlah aman jika menggunakan aplikasi untuk melacak. Kamu pun dapat menyembunyikan aplikasi dengan bantuan pihak ketiga. Tergantung pada sumber aplikasi pihak ketiga. Aplikasi tersebut terpercaya atau tidak. Apabila sumbernya terpercaya, maka akan lebih aman aplikasimu disembunyikan. Lantas, jika sumber pun tidak terpercaya, waspada terlebih dahulu jangan menggunakan aplikasi.

Kesimpulan

Banyak cara untuk menyembunyikan aplikasi tanpa modal. Lebih disarankan untuk menggunakan aplikasi bawaan atau tanpa menginstall. Karena aplikasi bawaan lebih aman ketimbang menambah aplikasi ketiga. Jika tidak memiliki fitur tersebut, gunakan saja aplikasi pihak ketiga.

Demikian artikel tentang cara menyembunyikan aplikasi di Hp Oppo A15, semoga bermanfaat! Sejatinya kita ingin memiliki privasi, tanpa orang lain mengetahuinya. Sebab terkadang kita ingin menghindari kehidupan toxic, dengan menikmati hidup dengan tenang.

Check Also

Cara Menggunakan Aplikasi Bibit

Ini Dia 8 Cara Menggunakan Aplikasi Bibit untuk Investasi

Cara menggunakan aplikasi Bibit sebenarnya mudah bagi yang sudah mengerti. Namun, bagi yang belum paham …