cara menonaktifkan aplikasi sementara
lifewire.com

2 Cara Menonaktifkan Aplikasi Sementara pada Perangkat Android

Cara menonaktifkan aplikasi sementara memang terkadang akan sangat berguna pada waktu dan juga kebutuhan tertentu. Ya, menonaktifkan aplikasi memiliki banyak manfaat. Mulai dari agar tidak menambah kinerja RAM serta mempercepat smartphone.

Pada umumnya, sejumlah aplikasi Android kadang beroperasi sendiri tanpa Anda jalankan secara langsung. Terdapat banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar atau belakang background. Hal tersebut tentu saja menyebabkan baterai ponsel Anda menjadi cepat habis.

Bukan hanya itu, space RAM juga banyak yang terkuras karena aplikasi tersebut. Biasanya, aplikasi yang berjalan di belakang layar ini merupakan aplikasi Sosial & Messenger. Contohnya adalah WhatsApp, BBM, WeChat, Facebook, Path, Instagram, dan lain sebagainya.

cara menonaktifkan aplikasi sementara
lifewire.com

Bagaimana Cara Menonaktifkan Aplikasi Sementara?

Sebagaimana yang Anda ketahui, terdapat begitu banyak aplikasi Android yang punya beraneka ragam kegunaan yang bermanfaat. Mulai dari aplikasi chatting, penunjuk arah, serta masih banyak lagi yang lain. Pastinya, berbagai aplikasi itu bisa Anda download lewat Google Play Store dengan gampang dan secara gratis.

Walaupun banyak aplikasi penting yang berguna, namun tak sedikit user  Android yang mengeluhkan aplikasi itu sendiri. Ya, keluhan yang kerap disampaikan oleh pengguna Android yakni aplikasi yang sudah mereka instal pada perangkat Android banyak yang memakan pemakaian RAM. Selain itu juga menguras daya baterai.

Aplikasi yang berjalan merupakan salah satu yang menyebabkan banyaknya pemakaian RAM maupun daya baterai. Wajar saja apabila aplikasi-aplikasi itu menguras RAM dan baterai. Sebab, secara langsung berbagai aplikasi tersebut bakal memberikan pemberitahuan atau notifikasi secara berkala. Dengan begitu, kinerja Android bakal tetap terus berjalan.

Oleh sebab itu, cara menonaktifkan aplikasi sementara pada Android memang perlu Anda ketahui untuk mengatasi masalah tersebut. Ya, guna mengurangi tingkat kebutuhan daya baterai maupun memori yang banyak, sebaiknya Anda menonaktifkan beberapa aplikasi yang tidak Andapakai atau jarang Anda gunakan.

Menonaktifkan atau disable aplikasi merupakan solusi bagi Anda untuk menghilangkan stres lantaran banyaknya pemberitahuan yang masuk dari media sosial tanpa ada habisnya. Apabila Anda memang tidak ingin menghapus aplikasinya, maka akan lebih baik apabila Anda nonaktifkan saja aplikasinya.

Anda dapat mencoba beberapa cara menonaktifkan aplikasi sementara pada Android berikut ini!

Menonaktifkan Aplikasi Android dengan Cara Manual

Jika Anda merupakan orang yang lebih memilih jalan aman dan nyaman, maka Anda cukup memakai langkah ini saja. Ya, cara untuk menonaktifkan aplikasi Android ini sangat gampang untuk Anda lakukan. Selain itu, cara ini juga menjadi salah satu fitur resmi dari Android.

Langkah ini dapat dikatakan sebagai cara menonaktifkan aplikasi Android sementara namun juga bisa dibilang permanen. Sebab, Anda dapat mengaktifkan kembali aplikasinya apabila Anda mau. Namun, jika Anda tidak menginginkan, artinya permanen nonaktif.

Langkah-langkah yang mesti Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Masuklah pada menu ‘Pengaturan/Setting’ dan pilih di bagian Apl atau Aplikasi
  • Selanjutnya klik aplikasi mana yang hendak Anda nonaktifkan dan ketuk ‘Nonaktifkan’. Opsi ‘Nonaktifkan’ ini hanya tersedia pada aplikasi bawaan Android. Selain itu, hanya terdapat ‘Paksa Berhenti’ atau ‘Copot Pemasangan’.
  • Anda juga dapat memilih ‘Paksa Berhenti’. Jika hanya sekedar menonaktifkan beberapa saat, Anda dapat klik ‘Paksa Berhenti’. Sehingga, misalnya yang hendak Anda nonaktifkan merupakan aplikasi yang Anda instal sendiri (bukan bawaan), Anda pakai cara menonaktifkan aplikasi sementara nomor 2 dibawah nanti, ya!
  • Selesai.

Menonaktifkan Aplikasi Android Sementara Menggunakan Aplikasi Tambahan

Jika Anda ingin menonaktifkan aplikasi yang sudah Anda instal sendiri melalui Google Play Store, tentu saja tidak dapat langsung Anda lakukan pada fitur Android. Ya, Anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk menonaktifkan aplikasi-aplikasi tersebut.

Lantas, apa bedanya dengan diuninstal? Ya, tentu saja berbeda. Sebab, jika aplikasinya Anda uninstall, maka seluruh datanya akan hilang, sehingga Anda mesti memulainya dari awal lagi. Akan tetapi, dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk menonaktifkan aplikasi di Android, maka semuanya akan baik-baik saja,

Dengan demikian, jika hanya sekedar ingin menonaktifkan aplikasi Android sementara tanpa uninstal, dapat menggunakan cara ini.

Greenify

Greenify merupakan salah satu aplikasi yang populer untuk menonaktifkan serta menutup aplikasi Android. Sehingga baterainya akan lebih hemat. Aplikasi satu ini ternyata juga jadi salah satu apk pembunuh tugas terbaik pada Android.

Greenify bakal mengidentifikasi aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang dan menguras baterai. Selanjutnya aplikasi ini akan melakukan hibernasi serta mengoptimalkan kinerja ponsel agar jadi lebih lancar dan lebih hemat daya baterainya.

Untuk versi Android 6.0 Marshmallow ke atas, Greenify ini punya fitur baru berupa Agze Doze Mode yang menjadikan kinerjanya lebih efektif. Anda pun dapat membuat daftar hitam aplikasi guna menonaktifkan aplikasi mana saja yang tidak Andapakai. Fitur ini terasa begitu bermanfaat, terlebih jika Anda punya kendala aplikasi lain yang secara tiba-tiba membuka sendiri dan mengganggu.

Anda mengunduh aplikasi Greenify di Google Play Store secara gratis.

Mobiwol: NoRoot Firewall

Mobiwol adalah sebuah aplikasi firewall Android yang punya fungsi di dalam mengelola pemakaian data dan wifi yang diminta oleh tiap-tiap aplikasi. Dengan memakai aplikasi Mobiwol, Anda bisa dengan gampang menonaktifkan aplikasi yang tengah berjalan serta butuh koneksi internet. Misalnya WhatsApp, BBM, Line, Instagram, dan masih banyak lagi.

Anda tak perlu mematikan paket data internet guna menonaktifkan aplikasi yang hendak Anda matikan. Sebab, cara kerja aplikasi ini yakni dengan melakukan pemblokiran terhadap aplikasi yang akan Anda nonaktifkan. Ya, cara kerjanya mirip saat Anda melakukan Force Close atau pemberhentian paksa pada aplikasi Android.

Cara menonaktifkan aplikasi sementara menggunakan Mobiwol adalah sebagai berikut:

  • Unduh dulu aplikasi Mobiwol di Google Play Store secara gratis
  • Lalu buka aplikasinya dan klik ‘ON’ pada ‘Firewall Status’
  • Berikutnya klik ‘Firewall Status’ dan ketik aplikasi yang hendak Anda pilih untuk dinonaktifkan
  • Lalu akan muncul 2 jenis ikon, yakni ikon Data dan Wifi. Apabila ikon itu warnanya biru, maka aplikasi yang akan Anda pilih itu dapat mengakses internet.
  • Nah, untuk menonaktifkannya, Anda dapat langsung mengklik pada kedua ikon tersebut. Secara otomatis aplikasi yang telah Anda pilih bakal berubah warnanya jadi hitam di ikon Data maupun Wifinya. Sehingga, aplikasi tersebut akan berhenti untuk mengakses internet dari pemakaian data maupun Wifi.

Clean Master

Cara menonaktifkan aplikasi sementara pada Android selanjutnya yaitu dengan Clean Master. Clean Master juga merupakan aplikasi yang punya tugas untuk menonaktifkan aplikasi serta memberhentikan aplikasi berjalan di belakang layar.  Clean Master nyaman Andapakai sebab punya ukuran file yang kecil.

Aplikasi satu ini punya fitur yang sangat lengkap. Mulai dari pembersih data sampah, kotak-foto pribadi, anti-virus gratis, dan sebagainya. Clean Master memungkinkan Anda untuk menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang menguras daya baterai HP.

Sesudah Anda memilih sejumlah aplikasi untuk Anda nonaktifkan atau hibernasi, maka Clean Master bakal menampilkan perkiraan masa penggunaan baterai berikutnya.

Advanced Task Manager

Cara menonaktifkan aplikasi sementara lainnya yaitu menggunakan Advanced Task Manager. Aplikasi ini mempermudah Anda di dalam memilih salah satu dari seluruh aplikasi untuk Anda nonaktifkan. Anda juga dapat membuat daftar putih guna membiarkan aplikasi agar tetap berjalan serta tidak menutupnya secara tak sengaja.

Advanced Task Manager lengkap dengan pemindai virus untuk melindungi perangkat Android serta fitur uninstal batch guna menghapus aplikasi yang tidak Andainginakan dengan lebih mudah.

Dengan melakukan beberapa langkah di atas, Anda masih tetap dapat mengakses aplikasi yang lain. Cukup gampang bukan cara menonaktifkan aplikasi sementara pada Android ini? Kini, Anda tidak perlu khawatir pemakaian RAM yang bisa menguras daya baterai Android dengan cepat.

 

Check Also

Cara Unmute Story Instagram

5 Cara Unmute Story Instagram, Mudah dan Cepat!

Cara unmute story Instagram itu sangat mudah hanya dengan beberapa langkah saja. Fitur ini bisa …