9 Cara Mengurangi Kecerahan pada Laptop Agar Nyaman
pexels.com

9 Cara Mengurangi Kecerahan pada Laptop Agar Nyaman

Cara mengurangi kecerahan pada laptop penting dipahami. Pada dasarnya, tak sedikit pengguna yang belum tahu bagaimana caranya. Jika Anda juga belum mengetahuinya, lebih baik untuk mengikuti ulasan di bawah ini sampai tuntas.

9 Cara Mengurangi Kecerahan pada Laptop Agar Nyaman
pexels.com

Ragam Cara Mengurangi Kecerahan pada Laptop

Sebagaimana yang kita tahu bahwa laptop berbekal setting untuk pengguna manfaatkan dalam mengatur berbagai hal. Adapun salah satunya yaitu mengurangi kecerahannya. Tak bisa kita pungkiri bahwa laptop yang terlalu cerah bisa mengganggu penglihatan.

Gangguan tersebut mulai dari mata mudah lelah, mata perih, mata merah, dan lain sebagainya. Jika sudah mengalami gangguan tersebut, tentu tak bisa lama-lama mengoperasikan laptop. Akan sangat rugi apabila harus menyelesaikan pekerjaan ataupun tugas.

Kecerahan laptop sebenarnya memiliki standar sendiri. Biasanya standar kecerahan minimal laptop berkisar 40. Sementara kecerahan maksimalnya 80. Dari nilai 40-80 tersebut, Anda bisa atur kecerahan sesuai keinginan dan kebutuhan. Pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meredupkan layar laptop. Apa saja?

1. Memanfaatkan Tombol Fn + Simbol

Salah satu cara mengurangi kecerahan pada laptop yaitu memanfaatkan tombol Fn. Setiap laptop pastinya telah berbekal keyboard yang di dalamnya ada tombol Fn. Cara yang satu ini bisa Anda gunakan pada laptop dengan basis Windows apapun itu.

Adapun caranya yaitu Anda hanya perlu klik tombol Fn bersamaan dengan menekan simbol brightness. Simbol ini sendiri berperan penting dalam pengaturan kecerahan. Pada umumnya, simbol ini dilambangkan dengan matahari yang terang atau redup.

Tak kalah penting untuk Anda ketahui pula bahwa simbol matahari ini letaknya berbeda-beda sesuai dengan merek laptop. Pada umumnya, laptop Asus memiliki simbol brightness pada F4, F5, atau F6. Lalu untuk laptop Acer seringkali ditemukan pada tombol F6, F9, atau F10.

Selanjutnya untuk laptop Lenovo, simbol ini ada di F5, F6, F11, atau F12. Kemudian untuk laptop merek HP, simbol tersebut ada di F2 atau F3. Berikutnya untuk laptop Dell dan Toshiba, brightness bisa Anda temukan di F6 atau F7.

Lain halnya dengan laptop Samsung, simbol brightness biasanya ada di tombol kiri atau kanan. Selain dipengaruhi oleh merek laptop, letak simbol brightness juga berbeda-beda pada tiap seri perangkat. Supaya tak salah pilih, Anda memang harus mencermati gambarnya.

2. Melalui Adjust Screen Brightness

Selain menggunakan tombol Fn, Anda juga bisa meredupkan kecerahan layar melalui Adjust Screen Brightness. Cara satu ini sangat efektif apabila Anda menggunakan laptop yang menjalankan Windows 8. Caranya, Anda bisa klik ikon baterai yang ada di taskbar.

Setelah itu, klik Adjust Screen Brightness. Untuk mengurangi kecerahan layar, Anda tinggal menggeser slider screen brightness ke arah kiri. Sebaliknya, karena arah kanan sama saja meningkatkan kecerahan layar.

3. Melalui Action Center

Jika Anda menggunakan laptop yang mengusung Microsoft Windows 10, maka bisa mengatur tingkat kecerahan layar  dengan Action Center. Untuk cara mengurangi kecerahan pada laptop, Anda cari saja Action Center yang biasanya berupa ikon balon percakapan. Ikon ini ada di sisi kanan bawah.

Langkah selanjutnya, Anda pilih saja opsi Expand. Lalu Anda bisa geser brightness slider yang tampilannya ikon matahari ke arah kiri. Tak butuh waktu lama, maka kecerahan layar pada laptop bisa meredup sesuai kebutuhan.

4. Menggunakan Tombol Windows + X

Anda juga bisa praktikkan cara mengurangi kecerahan pada laptop dengan memanfaatkan tombol Windows. Tombol ini bisa Anda kombinasikan dengan huruf X yang ada di keyboard laptop. Dari kombinasi tombol tersebut, Anda bisa klik Mobility Center.

Nantinya akan muncul beragam pengaturan dasar. Anda geser saja menu Display Brightness ke arah kiri agar kecerahan layar jadi meredup. Cara mudah ini bisa Anda terapkan saat menggunakan laptop dengan Windows 7 sampai Window 10.

5. Melalui Display Brightness

Jika Anda menggunakan laptop dengan Windows 8, maka bisa mengatur kecerahan layar melalui Display Brightness. Cara mengurangi kecerahan pada laptop ini tak kalah mudah dari tutorial sebelumnya. Untuk bisa menemukan menu Display Brightness, Anda bisa mulai dengan masuk ke Control Panel terlebih dahulu.

Lalu di bagian Hardware and Sound, Anda bisa klik Adjust Commonly Used Mobility Setting. Jika sudah, nantinya akan muncul kotak dialog berupa Windows Mobility Center. Anda geser saja slider ke arah kiri.

6. Penggunaan Apple MacOS

Khusus untuk Anda yang menggunakan laptop dengan Apple MacOS, maka bisa meredupkan kecerahan layar dengan klik menu Apple terlebih dahulu. Langkah berikutnya, Anda bisa masuk ke menu System Preferences.

Pada menu tersebut, Anda bisa klik Displays. Kemudian ketuklah opsi Display. Dari menu ini, Anda bisa mengatur kecerahan dengan Brightness Slider.

7. Instalasi Aplikasi

Kecerahan layar pada laptop juga bisa Anda kurangi dengan memasang aplikasi tambahan. Adapun aplikasi yang bisa membantu Anda melakukan hal tersebut seperti halnya iBrightness Tray, Desktop Lighter, Screen Bright, dan Monitor Bright. Cara mengurangi kecerahan pada laptop ini bisa Anda gunakan apabila panduan sebelumnya tak membuahkan hasil.

Hanya saja, Anda perlu menyiapkan ruang penyimpanan yang lega agar pemasangan aplikasi bisa berjalan lancar. Apabila penyimpanan Anda terbatas, tak disarankan untuk mencoba cara ini karena hanya akan membuat laptop jadi lemot. Namun apabila memiliki penyimpanan lapang, tak ada salahnya untuk menggunakan bantuan aplikasi tersebut.

8. Klik Kanan di Mouse

Cara mengurangi kecerahan pada laptop Windows 10 terbilang mudah. Hal ini karena Anda hanya perlu menggunakan mouse. Pada mouse tersebut, Anda bisa klik kanan.

Selanjutnya pilih menu Display Settings. Klik Brightness and Color. Lalu pilih Change Brightness. Dari menu tersebut, terdapat bar dan garis. Anda geser saja garisnya ke arah kiri.

9. Menggunakan Power Plan

Power plan nyatanya bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan kecerahan layar laptop. Namun perlu untuk Anda pahami bahwa cara ini dipengaruhi oleh kondisi baterai laptop. Sebelum mempraktikkan cara mengurangi kecerahan pada laptop, Anda harus pastikan dulu bahwa baterai penuh agar tak berhenti di tengah jalan.

Selain itu, jika Anda ingin baterai tetap hemat, bisa otomatis menerapkan setting cahaya redup. Mengenai langkahnya, Anda klik saja logo Windows yang ada di keyboard. Kemudian masuklah ke menu Control Panel.

Langkah berikutnya, Anda klik semua ikon yang ada di bagian Category. Kemudian klik Power Options. Dari menu tersebut, Anda tinggal memilih pengaturan Power Saver. Secara otomatis, kecerahan layar menjadi meredup.

Jangan ragu untuk mempraktikkan salah satu dari beberapa cara mengurangi kecerahan pada laptop di atas agar redup. Pasalnya, ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan nantinya. Adapun beberapa manfaatnya yaitu memperjelas tulisan ataupun gambar, menghemat baterai, mencegah kepala agar tak pusing, hingga membuat tampilan kontras layar terlihat lebih jelas.

Cara mengurangi kecerahan pada laptop terbukti sederhana sehingga mudah dilakukan. Jika Anda masih terbilang pemula, tak perlu ragu mencobanya dan rasakan beragam manfaatnya. Anda pun bisa merasa lebih nyaman selama mengoperasikan laptop.

Check Also

6 Cara Menampilkan Icon Baterai di Laptop yang Hilang!

6 Cara Menampilkan Icon Baterai di Laptop yang Hilang!

Icon baterai menjadi hal yang ada di perangkat elektronik menggunakan baterai seperti laptop, Kamera, smartphone, …