cara mengunci keyboard laptop
lifewire.com

4 Cara Mengunci Keyboard Laptop, Ikuti Tutorialnya Berikut Ini!

Terdapat beberapa cara mengunci keyboard laptop yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan praktis. Hal tersebut memiliki tujuan untuk mencegah tertekannya berbagai tombol penting yang justru dapat menghapus file penting Anda di laptop. Selain itu, bisa juga pada saat Anda sedang menyaksikan film Netflix di laptop, guna menghindari keyboard tertekan dan juga terganggu ketika tangan melihat film seru.

Ya, apabila hal tersebut terjadi, tentu saja bakal sangat merepotkan, bukan? Guna menghindari persoalan semacam itu, maka akan lebih baik apabila keyboard laptop Anda dikunci untuk sementara waktu. Anda dapat memakai berbagai cara seperti di bawah ini!

Ada yang tanpa perlu memakai bantuan aplikasi pihak ketiga, namun tersedia juga yang memakai aplikasi. Apabila Anda belum cukup familiar, hendaknya Anda simak dengan baik cara mengunci keyboard dibawah ini, ya! Kemudian, Anda bisa menjajal praktekkan pada laptop Anda masing-masing.

cara mengunci keyboard laptop
lifewire.com

Cara Mengunci Keyboard Laptop, Praktis dan Mudah

Pada saat Anda beristirahat sejenak dari pekerjaan Anda di laptop, seperti sudah selesai mengerjakan tugas. Kemudian, tiba-tiba kucing peliharaan Anda datang dan naik ke atas keyboard laptop Anda, sehingga menjadikan tugas Anda pun berantakan.

Memang, justru sesuatu hal yang tak diinginkan kadang kala datang dari perkara kecil, salah satunya adalah tombol pada keyboard laptop Anda terpencet secara tidak sengaja. Entah itu karena ulah Anda sendiri, ulah orang lain, atau bahkan lantaran ulah binatang piaraan Anda.

Guna menghindari hal yang tidak diharapkan, maka masing-masing pengguna laptop disarankan untuk tahu dan paham mengenai bcara mengunci keyboard laptop. Hal itu memiliki tujuan agar file yang tersimpan di laptop keamanannya bisa terjaga dan juga tidak diacak-acak oleh orang lain.

Keadaan laptop yang tak terkunci nyatanya bisa menjadikan dokumen atau file didalamnya acak-acakan. Mungkin saja, lantaran tombol pada keyboard yang tertekan secara tak sengaja maupun karena hal lain.

Dengan begitu, mesti terdapat antisipasi guna menghindari hal yang tidak Anda inginkan tersebut. Cara sederhana yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengunci keyboard di laptop sementara waktu.

Cara Mengunci Tombol di Keyboard pada Laptop

Ya, cara mengunci keyboard laptop tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda dapat memanfaatkan aplikasi bawaan laptop Anda. Selain itu, Anda juga dapat memakai aplikasi pihak ketiga (tambahan) yang mesti Anda unduh lalu instal lebih dahulu.

Berikut admin berikan beberapa cara untuk mengunci tombol pada keyboard laptop Anda.

Tekan Tombol Logo Windows + L pada Keyboard

Cara mengunci keyboard laptop paling sederhana saat tidak Anda pergunakan yaitu dengan menekan tombol windows dan tombol huruf L secara bersamaan. Menekan kombinasi tombol Windows + L adalah cara tanpa memakai aplikasi.

Apabila Anda memakai cara ini, maka secara otomatis laptop milik Anda akan langsung masuk ke mode tidur atau sleep. Sehingga, keyboardnya juga tidak berfungsi. Jika ada yang hendak menggunakannya, tentunya butuh kata sandi atau password.

Nah, pada saat Anda tidak memasukkan password maka laptop tersebut tidak akan berfungsi. Untuk itu, cara mengunci keyboard laptop yang sederhana ini cukup mudah untuk Anda lakukan. Tetapi kekurangannya, tentu Anda membutuhkan waktu untuk menyalakannya kembali, apabila ingin segera Anda pergunakan.

Berikut cara mengunci keyboard laptop menggunakan kombinasi tombol Windows + L:

  • Bukalah menu Setting lalu pilihlah ‘Account’
  • Nantinya, akan muncul banyak opsi lalu silahkan memilih ‘Sign in Option’. Di sini Anda bisa melakukan pengaturan kata sandi dari Windows yang Anda pakai.
  • Lalu pilihlah ‘Password’
  • Silahkan input kata sandi sesuai yang Anda inginkan

Admin sarankan untuk memakai kata sandi yang gampang Anda ingat agar tidak mudah lupa

Sebagai catatan, mengunci keyboard laptop tanpa aplikasi di atas mesti memakai password yang sedikit rumit. Agar orang lain tidak mudah menebak atau membobolnya.

Ketika hendak mengakses laptop kembali, Anda cukup memasukkan kata sandi yang telah Anda buat sebelumnya. Nah, dengan begitu laptop Anda bakal aman dari keyboard yang terpencet serta terjaga dari akses orang lain yang hendak membuka laptop Anda.

Memakai Aplikasi Keyfreeze

Cara mengunci keyboard laptop selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Keyfreeze. Keyfreeze merupakan sebuah aplikasi untuk mengunci keyboard dan juga mouse untuk sementara waktu supaya tidak dapat Anda gunakan tanpa perlu mengunci Windows. Kelebihan aplikasi Keyfreeze ini yaitu tidak memberatkan laptop Anda sebab hanya sedikit memakan RAM. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengunci tombol di keyboard laptop memakai aplikasi Keyfreeze.

  • Silahkan unduh aplikasi Keyfreeze disini
  • Sesudah rampung Anda unduh, lalu instal seperti biasa
  • Langkah selanjutnya yaitu Anda buka aplikasi Keyfreeze dan pilihlah ‘Lock Keyboard and Mouse’
  • Berikutnya, keyboard laptop dan mouse Anda tidak dapat Anda akses secara otomatis untuk sementara waktu

Apabila Anda ingin mengakses laptop kembali, cara untuk membuka kunci pada Keyfreeze yaitu dengan menekan tombol kombinasi Ctrl + Alt + Delete. Selanjutnya sesudah itu tekanlah tombol Esc.

Cara Mengunci Keyboard Laptop Memakai Keyboard Locker

Secara garis besar, kegunaan dari Keyboard Locker yaitu untuk mengunci akses ke keyboard laptop Anda semntara. Lain halnya dengan aplikasi Keyfreeze yang dapat mengunci keyboard maupun mouse, Keyboard Locker hanya mampu mengunci keyboard saja.

Berikut adalah cara untuk memakai aplikasi Keyboard Locker:

  • Terlebih dulu silahkan download aplikasi Keyboard Locker disini
  • Sesudah selesai proses unduhannya, silahkan ekstrak file tadi lalu instal file ‘Keyboard Locker.exe’
  • Maka akan muncul logo keyboard kecil pada system tray di pojok kanan bawah. Hal tersebut artinya Keyboard Locker telah aktif
  • Guna mengunci keyboard laptop, tekanlah tombol kombinasi Ctrl + Alt + L
  • Selanjutnya logo keyboard pada system tray bakal berubah. Hal ini menandakan keyboard Anda telah terkunci

Untuk cara membukanya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mengetik ‘Unlock’ pada keyboard Anda, maka akan terbuka secara otomatis.

Memakai Kid Key Lock

Cara mengunci keyboard laptop berikutnya adalah dengan Kid Key Lock. Kegunaan Kid Key Lock hampir sama dengan aplikasi sebelumnya. Akan tetapi, di aplikasi ini Anda bisa menentukan tombol apa saja yang hendak dikunci. Contohnya, Anda hanya menginginkan untuk mengunci tombol CTRL pada keyboard serta tombol klik kiri di mouse.

Berikut langkah-langkah mengunci keyboard laptop menggunakan Kid Key Lock:

  • Unduh aplikasi Kid Key Lock disini, lalu instal aplikasi tersebut
  • Bukalah aplikasi Kid Key Lock dan silahkan pilih tombol yang hendak Anda kunci. Namun, admin sarankan memakai ‘Auto lock’ saja

Namun, sebelum menggunakan aplikasi Kid Key Lock ini, silahkan Anda baca petunjuk pemakaian pada help maupun option untuk mengunci serta membuka kuncinya.

Demikian 4 cara mengunci keyboard laptop yang bisa Anda lakukan. Mengunci tombol di keyboard laptop sangat disarankan agar terhindar dari pembobolan data-data atau file penting yang terdapat di dalam laptop milik Anda. Jadi, silahkan lakukan beberapa cara mudah yang telah admin sampaikan diatas tadi, ya!

Check Also

Cara Uninstal Aplikasi di Windows 10, yang Ke-5 Dijamin Lebih Tuntas

Cara Uninstal Aplikasi di Windows 10, yang ke-5 Dijamin Lebih Tuntas

Cara uninstal aplikasi di Windows 10 ataupun memasangnya selalu menarik untuk dikulik. Cara uninstal sendiri …