3 Cara Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai Android
jalantikus.com

3 Cara Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai Android

Cara mengetahui aplikasi yang boros baterai pada Android dapat Anda identifikasi dengan mudah. Pasalnya cara tersebut bisa Anda lakukan melalui pengaturan yang berada di HP atau melalui aplikasi khusus. Dengan Anda melakukan pengecekan, maka setia pengguna bisa menjadi tahu aplikasi apa saja yang bisa menguras baterai dalam jumlah yang banyak.

Bukan hanya bisa mengontrol pada pemakaian aplikasi, penggunaan Android juga bisa menghemat baterai HP agar tidak begitu sering melakukan isi ulang daya.

Telah merangkum dari berbagai macam sumber, berikut ini terdapat cara-cara yang dapat Anda terapkan untuk melakukan pengecekan pada aplikasi yang biasanya banyak menguras baterai HP Android Anda.

3 Cara Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai Android
jalantikus.com

Beberapa Cara Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai

Menjadi salah satu yang bisa mengakibatkan daya tahan baterai cepat habis atau boros yang dalam menggunakan aplikasi. Maka dari itu, Anda sebagai pengguna ponsel lebih baik dapat mengelola waktu dalam penggunaan aplikasi, maka baterai dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama.

Semakin banyaknya aplikasi yang berada pada Google Play store, membuat banyak orang juga suka mencoba sejumlah aplikasi serta sering memakainya. Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak peduli dengan aplikasi-aplikasi yang bisa menggunakan banyak daya baterai. Maka berikut ini cara mengetahui aplikasi yang boros baterai Android secara sederhana.

Fitur Battery Usage

Hampir pada semua tipe HP Android mempunyai fitur Battery Usage yang telah terpasang dengan default. Fitur tersebut bisa menampilkan data-data aplikasi dengan penggunaan baterai yang paling tinggi.

  1. Pertama, Anda bisa membuka menu pada Pengaturan yang berada di smartphone Anda
  2. Kemudian Geser ke bagian bawah serta cari pilihan Battery and Device Care( Pilihan tersebut bisa saja berbeda pada setiap HP Android)
  3. Lanjutkan dengan memilih menu Battery
  4. Tekan opsi Usage since last full charge
  5. Nantinya akan keluar daftar aplikasi dengan penggunaan baterai yang paling boros
  6. Setiap pemakai juga dapat melihat durasi dari pemakaian aplikasi tersebut pada setiap per harinya

Fitur Apps Pada Pengaturan

Untuk cara mengetahui aplikasi yang boros baterai berikutnya masih dari seputaran menu pengaturan. Anda bisa mengetahui aplikasi yang boros baterai Android bisa melalui opsi Apps, Maka tidak perlu melakukan pengecekan ke Battery Usage.

  1. Langkah pertama, Anda bisa membuka menu Pengaturan yang berada di HP
  2. Kemudian geser ke bagian bawah serta cari opsi Apps
  3. Nantinya, menu tersebut akan memberikan tampilan beberapa aplikasi yang telah terpasang pada HP Android
  4. Tekan salah satu aplikasi yang ingin Anda lakukan cek penggunaan baterainya
  5. Setelah Anda lakukan klik nama aplikasi, maka nantinya Anda akan menemukan opsi Usage ya secara rinci penggunaan Mobile data, Storage, Baterai, serta Memory
  6. Pada menu Baterai dapat terlihat secara langsung jumlah penggunaan baterai dari aplikasi tersebut
  7. Jumlah dapat 1%, 2% atau bisa saja 5%

Aplikasi Accu Battery

Aplikasi Accu Battery merupakan sebuah aplikasi yang bukan hanya dapat Anda gunakan untuk mengecek penggunaan baterai saja. Melainkan aplikasi tersebut juga bisa mengetahui status dari kesehatan baterai serta cara untuk mengoptimalkannya. Untuk langkah cara mengetahui aplikasi yang boros baterai dengan Accu Battery sebagai berikut.

  1. Pertama, Anda bisa mengunduh terlebih dahulu aplikasi Accu Battery
  2. Setelah melakukan pengunduhan, Anda bisa membuka aplikasi tersebut
  3. Lalu tekan menu Set Kapasitas Rancangan
  4. Masukkan kapasitas baterai pada mAh serta teka OK dan juga tanda centang
  5. Pada tampilan awal Accu Battery, nantinya akan muncul persentase daya yang berasal dari HP
  6. Tekan opsi Usage atau Digunakan untuk melihat berbagai daftar aplikasi yang bisa menguras banyak baterai
  7. Di menu Battery Usage bisa melihat secara langsung nama aplikasi, dan persentase penggunaan baterai, dari yang tertinggi sampai yang terendah.

Cara Menghemat Baterai Android

Setelah Anda mengetahui cara sebelumnya. Maka Anda bisa melakukan pencegahan untuk membuat baterai HP Anda menjadi tidak boros. Dari mulai mengaktifkan mode penghemat daya yang merupakan fitur bawaan pada sistem operasi Android. Atau bisa juga memakai aplikasi.

Nah itulah beberapa cara mengetahui aplikasi yang boros baterai. Cara tersebut bisa Anda lakukan dengan mudah. Sebelum menggunakan aplikasi, Anda perlu memperhatikan dalam penggunaan daya HP.

 

Check Also

Melacak HP Hilang Dengan NO HP

9 Cara Melacak HP Hilang Dengan NO HP, Temukan Dengan Cepat

Abbox ID – Melacak HP hilang dengan no HP terdapat banyak metode hanya dengan langkah …