Cara Mengecek Ranking Blog di Alexa
istockphoto.com

Cara Mengecek Ranking Blog di Alexa

Cara Cek Ranking Blog di Alexa

Dalam mengelola sebuah blog atau website, Tentunya Kamu butuh layanan untuk me-monitoring perkembangan dari blog tersebut. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan artikel tentang cara mengecek ranking blog pada situs Alexa.

Kita bisa menggunakan layanan Alexa untuk melihat beberapa statistik penting dari blog tersebut, dari statistik yang dimaksud adalah Seperti top keywords, Audience Overlap, Alexa Rank, Audience Geography dan Site Metrics. Untuk penjelasan lebih dalam, silahkan simak artikel ini hingga akhir.

Apa itu Alexa Rank?

Alexa rank adalah peringkat popularitas situs web global yang dibuat oleh perusahaan Alexa Internet, yang merupakan anak perusahaan Amazon. Alexa menggunakan data lalu lintas web untuk membuat daftar urutan situs paling populer di Internet. Peringkat Alexa memungkinkan Kamu mengetahui seberapa populer situs Kamu dibandingkan dengan semua situs lain.

Perankingan Alexa ditentukan dengan menggabungkan data jumlah pengunjung website dan berapa banyak halaman yang dikunjungi pengunjung website Kamu.

Selain itu peringkat Alexa juga bisa menjadi salah satu pembanding website kita dengan kompetitor dari sudut pandang tertentu sehingga Kamu bisa mengetahui kekuatan Kamu serta kompetitor sejauh mana dan apa yang kiranya bisa diperbaiki, dipertahankan dan ditingkatkan untuk meningkatkan trafik Website Kamu kedepannya.

Cara Cek Ranking Blog di Alexa

Panduan ini di tujukan untuk Kamu yang masih belum tahu sama sekali cara mengecek peringkat blog di Alexa.

  1. Pertama, Kunjungi situs berikut Alexa Rank.
  2. Selanjutnya, masukkan Nama Domain Blog Kamu di kolom yang berada di bawah tulisan Find Website Traffic, Statistics, and Analytics.
  3. Terakhir. Klik Find.

Cara Cek Ranking Blog di Alexa

Setelah menekan tombol Find, akan muncul beberapa data dari hasil Nama Domain yang barusan Kamu cari. Sehingga, Kamu akan melihat halaman hasil pencarian yang berisikan data-data detail tentang website tersebut. Penjelasannya kurang lebih sebagai berikut.

Cara Cek Ranking Blog di Alexa

  1. Top Keywords: Seperti namanya, Data yang di tampilkan seperti kata kunci teratas yang paling banyak dicari pada website Kamu.
  2. Audience Overlap: Menampilkan data Situs serupa yang berbagi pengunjung dan kata kunci pencarian yang sama dengan situs Kamu.
  3. Alexa Rank: Menampilkan ranking blog secara global selama 90 hari terakhir.
  4. Audience Geography: Ada banyak informasi yang bisa Kamu dapatkan pada bagian ini sebagai landasan dasar untuk mengetahui pesona dari user yang mengunjungi website Kamu.
  5. Site Metrics: Menampilkan informasi Pageviews per-pengunjung dan waktu rata-rata dalam menit dan detik yang dihabiskan pengunjung di situs Kamu setiap hari.

Manfaat Alexa Rank

Jika kamu sudah tahu bagaimana cara mengecek ranking blog di Alexa. Sekarang giliran mengetahui apa saja manfaat dari menggunakan blog Alexa. Ya, tentu setiap melakukan kegiatan tentunya mempunyai manfaat yang berbeda-beda. Sama seperti ketika kamu menggunakan Alexa Rank akan mendapatkan banyak manfaat. Untuk manfaat bisa kamu dapatkan atau rasakan oleh para penggunanya.

Sebagai Alat Intelijen

Manfaat pertama sebagai alat intelijen, yang dimaksud dari intelijen adalah bisa melakukan pengecekan pada beberapa blog atau website. Tentu saja dengan adanya Alexa Rank akan membantu para pemilik blog atau website yang ingin tahu sesuai hal. Bukan hanya itu saja, adanya Alexa Rank bisa lebih banyak mendapatkan informasi tentang blog atau website.

Dapat Melihat Kompetitor di Dunia Maya

Memang sekarang ini banyak kompetitor atau pemilik blog bermunculan. Tentu saja dengan hal tersebut akan membuat para pemilik blog harus memikirkan banyak strategi. Tentu untuk strategi yang harus benar diperhatikan adalah bagaimana caranya supaya website tetap mempunyai banyak pengunjung. Akan tetapi, dengan adanya Alexa Rank akan membantu guna mengetahui strategi kompetitor.

Alat Pembanding Google Rank

Manfaat selanjutya adalah bermanfaat sebagai alat pembanding Google Rank. Satu hal yang perlu kamu tahu ketika menggunakan alat ini adalah semakin rendah nomor peringkat, maka blog akan semakin membaik.

Untuk mendapat Alexa Rank kali ini masih banyak dari kalangan pemilik blog salah mengartikan. Meskipun peringkat website atau blog sudah baik, maka tetap harus menggunakan beberapa strategi supaya tidak kalah dan tertinggal.

Membantu Kalangan Owner dan Webmaster

Arti dari manfaat kali ini yaitu bisa meningkatkan kinerja dan potensi dari blog atau website tersebut. Seperti yang Anda ketahui untuk meningkatkan kinerja website atau blog memang tidak mudah. Bahkan dalam kurun waktu satu sampai dengan guna bukan saja belum tentu dapat mendapatkan blog dengan hasil sesuai harapan. Selain itu, pengguna Alexa Rank juga memberikan manfaat lebih menarik yakni kemungkinan besar akan dilirik oleh para pengiklan ya.

Update 23 Mei 2022

Alexa menyampaikan bahwa perusahaannya selama ini telah 25 tahun berdiri untuk membantu menemukan, menjangkau, dan mengonversi audiens pengguna. “Kami telah membuat keputusan sulit untuk menghentikan Alexa.com pada 1 Mei 2022. Terima kasih telah menjadikan kami sumber daya Anda untuk penelitian konten, analisis kompetitif , penelitian kata kunci, dan banyak lagi,” kata perusahaan dalam pengumumannya.

Sumber: kompas 

Kesimpulan

Dengan menggunakan Alexa Rank, kita dapat melihat gambaran mengenai popularitas sebuah website dan blog. Tentu hal ini dapat berpengaruh dalam strategi bisnis Kamu. Karena, Kamu dapat melihat seberapa banyak pengunjung yang melihat website Kamu baik dengan pencarian organik maupun dengan media sosial dan lain-lain.

Baca juga: Panduan Memasang Custom Domain [Blogspot.com Menjadi .MY.ID]

Tentang Abbox

Check Also

Cara Mengatur Snippet Artikel Blog

Cara Mengatur Snippet Artikel Blog

Hai teman-teman blogger, semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia selalu ya. Pada kesempatan …