Cara Mengecek Kecepatan Blog dengan Mudah

Cara Mengecek Kecepatan Blog Dengan Mudah

Sebelum masuk ke topik pembicaraan, bagaimana cara cek kecepatan suatu blog atau website, saya akan membahas terlebih dahulu terkait seberapa penting kecepatan website untuk pengunjung. Pada intinya kecepatan blog sangat berpengaruh sekali untuk pengunjung. Jika blog Kamu lambat tentu ini akan memberi kesan pertama yang sangat buruk, pada akhirnya pengunjung tidak akan mau bahkan malas untuk kembali mengunjungi blog Kamu.

Kecepatan blog tidak boleh di remehkan, karena ini sangat penting untuk kenyamanan pengunjung itu sendiri. Siapa sih yang mau menunggu lama sampai blog terbuka penuh? Kamu saja ketika hendak mengunjungi blog orang lain dan loadingnya sangat lama, saya yakin pasti Kamu akan merasa risih dan tidak ingin menunggu lama sampai blog terbuka penuh, pada akhirnya Kamu memilih untuk mengeluarkan blog tersebut dari tab browser.

Untuk itu saya akan membagikan cara untuk mengecek kecepatan blog/website, sehingga Kamu bisa melakukan pengecekan blog secara rutin guna memantau apakah kecepatan blog tetap, meningkat, atau malah menurun.

Cara Mengecek Kecepatan Blog dengan Mudah

  1. Masuk ke PageSpeed Insight.
  2. Masukan link blog/web Kamu kedalam kolom awal, setelah itu klik Analyze.
  3. Tunggu beberapa saat sampai server menganalisa halaman blog/web.
  4. Selesai.

PageSpeed Insight akan menampilkan score kecepatan blog dengan menampilkan nilai dari 1 hingga 100. Selain itu Pagespeed insight akan menampilkan beberapa laporan data lab serta menampilkan rekomendasi mengenai apa saja yang kita perlukan untuk melakukan pengembangan atau optimasi kecepatan blog tersebut.

Cara di atas hanya salah satu dari banyaknya cara untuk mengecek speed blog, saat ini sudah sangat banyak website yang menyediakan fitur untuk mengecek kecepatan blog selain PageSpeed Insight.

Baca juga: Kenapa Website Saya Tidak Ada Pengunjungnya?

2 comments

  1. Blog saya Page Speed nya berubah-ubah bg. Kalau versi Mobile nya kadang 96,84,86. Kalau versi Desktop nya kadang 100,99. Nggak nentu…

  2. Wah tinggi juga ya scorenya, pertahankan.

    Betul bro, karena memang berpengaruh dari server situs pengecekannya juga, makanya tidak menentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.