Cara Mengecek Instagram Penipu
pexels.com

8 Langkah Cara Mengecek Instagram Penipu dengan Mudah!

Simak beberapa langkah untuk cara mengecek Instagram penipu atau asli. Sebagai tindakan preventif Anda yang mudah percaya khususnya, silakan coba langsung.

Social media kini mudah sekali menjadi ajang penipuan yang cukup rawan dan selalu memakan target. Awalnya membuat branding yang terkesan bisa dipercaya, lalu akhirnya orang akan sepenuhnya yakin. Padahal bisa jadi akun tersebut dibeli atau followers yang tidak nyata.

Untuk menjadi pengguna smartphone yang cerdas pada era digital seperti sekarang kami akan memberikan tips untuk Anda. Pastikan mengikuti pembahasannya sampai selesai. Sehingga Anda tidak akan mudah tertipu dari modus yang sering muncul sekarang ini.

Cara Mengecek Instagram Penipu
pexels.com

Ini Cara Mengecek Instagram Penipu dengan Mudah

Silakan Anda mengikuti langkah dari kami, ini bisa menghindarkan kemungkinan tertipu. Khususnya ketika ingin membeli sebuah barang atau produk dari social media Instagram ini. Jadi, pastikan jika Anda mencobanya sambil mengikuti pembahasan cara mengecek instagram penipu ini agar lebih mudah.

1. Cek Spammer

Pertama, silakan cek apakah akun tersebut terdapat spam yang biasanya meninggalkan komentar berulang dalam setiap postingannya. Ketika terdeteksi otomatis kita bisa lebih berhati-hati tentu saja. Akun yang sama dan berkomentar berulang-ulang seperti ini wajib untuk diwaspadai sekarang.

Banyak akun meninggalkan komentar berulang di berbagai akun yang memiliki audiens khusus. Tindakan seperti ini bisa memicu penipuan jika kita tidak berhati-hati sedari awalnya. Usahakan Anda memperhatikan terlebih dahulu akun tersebut untuk menghindari penipuan seperti ini.

Postingan dan caption yang tersemat seperti ini perlu Anda perhatikan dan berhati-hati untuk keamanan bersama. Jangan sampai Anda mendapatkan ancaman atau semacamnya untuk melakukan aktivitas pada akun Instagram tersebut. Hindari kejadian penipuan agar tidak dirugikan baik materi atau kepercayaan juga.

2. Menggunakan Aplikasi Scan

Cara mengecek Instagram penipu bisa kita coba dengan menggunakan aplikasi Scan yang tersedia banyak sekali dan gratis. Kini, mengandalkan aplikasi seperti ini akan membantu proses pencaritahuan yang lebih mudah. Apabila Anda memiliki keinginan untuk mendapatkan proses lebih cepat, silakan menggunakan aplikasi.

Dengan menggunakannya kita bisa memastikan akun tersebut memang aktif atau tidaknya. Selain itu dalam aplikasi tersebut terdapat banyak fitur yang bisa digunakan untuk mencari tahu informasi lain. Jangan sampai Anda melewatkan pengecekan seperti ini untuk jaminan keamanan bersama tentu saja. Jadi, pastikan kembali.

Usahakan Anda mendownload aplikasi menggunakan platform Play Store atau APP Store untuk jaminan keamanannya. Jangan lupakan hal seperti ini sedari awalnya, mengunduh dari situs terkadang bisa menyebabkan virus yang menyebar dan membahayakan perangkat ponselnya tersebut.

3. Cek Followers Akun

Selanjutnya ada cara mengecek Instagram penipu dengan menggunakan data dari akun tersebut. Misalnya pada followers yang berjumlah mencapai ribuan dan jutaan tersebut apakah nama yang digunakan memang nama orang asli. Karena kini mudah sekali membeli pengikut dengan harga yang murah.

Kita bisa cek apakah memang akun-akun tersebut memang milik orang reallife langsung. Nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan panjang ketika ingin membeli atau berurusan dengan akun tersebut. Bisa jadi mereka secara sengaja membeli pengikut sehingga bisa mendapatkan tingkat kepercayaan pada targetnya.

Mulai sekarang perhatikan sendiri bahwa pengikut seperti ini akan membantu Anda dalam menggunakan akun social media. Makin banyaknya akun yang bodong atau tidak diketahui siapa pemiliknya mengharuskan kita lebih berhati-hati. Sehingga tidak mudah tertipu dan menjadi sasaran penipuan kedepannya.

4. Cek Komentar di Postingannya

Lanjut cara mengecek Instagram penipu bisa kita lakukan dengan mengecek komentarnya. Pada deretan aplikasi ini kita bisa memperhatikan aktivitas akun tersebut. Apakah memang orang yang berkomentar di dalamnya tersebut merupakan orang yang benar-benar memiliki akun real life.

Terkadang banyak akun yang memiliki komentar berisikan follow back atau follow me. Atau bahkan komentar yang berhubungan dengan menggunakan jasa imbal balik. Maka dari itulah akan lebih baik jika mulai sekarang ini Anda memperhatikan seperti ini.

Cek satu per satu postingannya apakah mereka memiliki komentar yang mencurigakan atau semacamnya. Bahkan tidak jarang juga ada akun yang menutup sesi komen dan ini patut untuk dipertanyakan. Kenapa sampai ada yang tidak memberikan penutupan akun tersebut, jadi jangan mudah percaya tanpa mengecek terlebih dahulu.

5. Cek Info Akun

Cara mengecek Instagram penipu yang selanjutnya adalah memastikan informasi dari akun Intsagram tersebut. Anda bisa mengecek pada bagian tentang akun yang klik pada titik tiga bagian pojoknya untuk mengetahui informasi lanjutan. Selanjutnya tinggal klik saja Tentang Akun atau bisa juga About This Account untuk mengetahui informasi lebih jauhnya.

Biasanya akan langsung muncul nama sebelumnya yang pernah digunakan akun tersebut. Dengan cara inilah kita bisa mendeteksi apakah akun tersebut pernah berganti nama atau lainnya, Anda tidak perlu ragu sama sekali akan hal seperti ini. Semua akan terlihat dan terdeteksi dari seluruh pergantian nama tersebut.

Kita bisa menentukan apakah memang akun tersebut sering berganti-ganti nama atau tidak. Kita patut curiga dengan akun-akun yang sering mengganti informasi dalam bio mereka bahkan nama. Beberapa kasus bahkan terjadi hack dari akun awalnya dan berganti nama. Tentu saja hal ini bisa menjadi berbahaya apabila kita biarkan saja tanpa menaruh waspada sama sekali.

6. Jangan Tergiur Harga

Cara mengecek Instagram penipu selanjutnya adalah tidak tergiur membeli harga terjangkau. Produk yang dijual dengan harga terlalu miring atau murah justru akan mencurigakan. Anda bisa cek sendiri terlebih dahulu harga dipasaran tersebut.

Ketika harga yang dibanderol terlalu jauh dan mencurigakan kita bisa ikut berhati-hati terlebih dahulu. Bisa jadi memang mereka membuatnya harga dengan miring membuat orang tertarik membelinya. Alangkah baiknya cek terlebih dahulu harga yang standar pasaran sebelumnya, jangan sembarangan untuk membeli dan berakhir tertipu.

7. Tidak Sebanding

Selanjutnya coba untuk cek terlebih dahulu antara following, like, dan komentarnya. Apabila mulai dari following yang besar namun tidak pada like-nya kita bisa mempertahankannya. Jangan sampai Anda tertipu hanya karena pengikut yang besar tersebut. Ini juga menjadi cara mengecek Instagram penipu yang bisa Anda ikuti.

Biasanya ketika pengikut banyak namun tidak pada likes juga komen kita bisa mempertanyakannya. Apakah memang akun tersebut memiliki jaminan yang bisa dipertanyakan sebelumnya. Jangan main percaya jaman sekarang ini perlu kehati-hatian untuk jaminan keselamatan dari berbagai kemungkinan tersebut.

8. Cek Kontak yang Tersedia

Cara mengecek Instagram penipu ketika ingin membeli bisa kita pastikan pada bagian kontak yang tersedia. Tidak jarang kini kita memperhatikan bahwa kontak yang membahayakan adalah pembelian melalui WA tanpa perantara dari Shopee. Maka dari itulah akan lebih baik mulai sekarang Anda bisa mengurusnya sendiri untuk keamanan bersama.

Anda bisa juga cek kontak ponsel melalui aplikasi Get Contact. Biasanya akan tertera nomor tersebut biasanya disimpan dengan nama apa saja. Keamanan seperti ini perlu Anda coba dengan lebih mudah.

Cara mengecek instagram penipu ini cukup mudah bukan? Mulai sekarang ini Anda bisa mempertimbangkan akan memulai investigasi dari mana. Semoga membantu!

Check Also

Cara Menaikkan Engagement Instagram untuk Promote Modern

8 Cara Menaikkan Engagement Instagram untuk Promote Modern

Cara menaikkan engagement Instagram ini cocok untuk membangun bisnis dan akun untuk mendapatkan kepercayaan dari …