cara mengatasi laptop overheat
pexels.com

Perlu Tahu! 9 Cara Mengatasi Laptop Overheat dan Penyebabnya

Cara mengatasi laptop overheat memanglah sangat mudah untuk dilakukan. Kamu dapat menerapkan beberapa cara yang akan dijelaskan. Nah, jika ingin mengetahui lebih lanjut, simaklah ulasannya berikut ini.

cara mengatasi laptop overheat
pexels.com

Cara Mengatasi Laptop Overheat dengan Tepat

Terkadang kamu sering lupa waktu ketika sedang mengerjakan tugas maupun pekerjaan. Mungkin tubuhmu kuat untuk melakukan hal tersebut. Namun kamu suka tidak memperhatikan kondisi laptop yang sedang digunakan.

Akhirnya karena penggunaan yang terlalu lama, laptop kamu menjadi mengalami overheat. Hal Tersebut memang wajar terjadi, tapi apabila dibiarkan secara terus menerus tentunya akan membuat laptop kamu ngelag atau bahkan macet dan lebih parah lagi.

Nah, apabila mengalami kondisi laptop tersebut, maka kamu perlu mengatasinya agar tidak lebih parah lagi. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan cara mengatasi laptop overheat berikut ini.

1. Menggunakan Cooling Pad

Cooling pad adalah salah satu alat yang sering digunakan untuk mengurangi overheat pada laptop. Cara kerjanya yaitu dengan mengalirkan udara melalui bagian bawah pada laptop. Hl itu tentunya agar sirkulasi udaranya lebih lancar sehingga laptop tidak cepat panas. Cara tersebut menjadi solusi alternatif yang paling tepat.

2. Meletakkan Laptop pada Posisi yang Datar

Meletakkan laptop pada posisi atau tempat yang datar dapat menjadi alternatif cara mengatasi laptop overheat juga, lho. Walaupun sepele, hal tersebut dapat membantu untuk mengatasi laptop yang memanas. Sebisa mungkin jangan menggunakan laptop di kasur atau diatas bantal, karena dapat menghambat sirkulasi udara yang keluar pada laptop, sehingga dapat menyebabkan overheat.

3. Mengurangi Penggunaan Aplikasi yang Banyak

Prosesor pada laptop dapat menghasilkan panas yang berlebih. Hal tersebut biasanya dipicu karena membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Jadi cara mengatasi laptop overheat yaitu sebaiknya kamu perlu mengurangi menjalankan aplikasi secara bersamaan. Atau kamu juga dapat menutup aplikasi apabila sudah tidak digunakan.

4. Bersihkan Virus pada Laptop

Virus pada laptop seringkali menjadi musuh semua orang. Karena selain menyebabkan kerusakan pada file yang ada serta menjadi eror, virus ini juga dapat memicu overheat pada laptop. Hal itu karena CPU dan resource pada laptop menjadi berjalan tidak secara wajar.

Untuk mengatasinya kamu perlu membersihkan virus tersebut menggunakan aplikasi bawaan. Namun kamu juga perlu mengupdate aplikasi antivirus agar kinerjanya maksimal. Perlu kamu ketahui juga, jangan asal menginstal aplikasi antivirus yang tidak benar sumbernya.

5. Mengganti Thermal Paste

Cara mengatasi laptop overheat berikutnya yaitu dengan mengganti thermal paste. Hal tersebut perlu dilakukan karena apabila penggunaan laptop yang terlalu lama dapat menyebabkan thermal paste mengering. Padahal komponen tersebut merupakan penghantar keluarnya panas melalui chip prosesor.

6. Mengistirahatkan Laptop Sejenak

Kamu perlu mengistirahatkan laptop kamu sejenak agar meredakan kondisi laptop yang panas. Jadi bukan hanya manusia saja yang membutuhkan istirahat, laptop pun juga memerlukannya untuk memulihkan kinerjanya nanti saat digunakan kembali.

7. Aktifkan Mode Power Saving

Mengaktifkan mode Power Saving bisa menjadi cara mengatasi laptop overheat saat sedang digunakan. Kamu dapat melakukannya saat sedang mengetik browsing, atau aktivitas lainnya. Hal Tersebut dapat membantu untuk membatasi performa CPU yang dapat mencegah overheat.

8. Gunakan Water Cooling

Selain cooling pada, kamu juga dapat menggunakan water cooling untuk mendinginkan panas pada laptop. Hal tersebut tentunya juga menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi laptop dalam kondisi overheat. Water cooling juga memiliki kinerja lebih baik daripada cooling pad, sehingga pendinginannya lebih cepat.

9. Mengganti Cooling Pad

Apabila dirasa cooling pada yang kamu pakai sudah tidak bekerja dengan baik, kamu perlu menggantinya. Karena apabila tidak diganti, sama saja kamu tidak menggunakan pendingin laptop. Dan akhirnya laptop kamu pastinya akan memanas hingga overheating.

Nah itulah beberapa cara mengatasi laptop overheat yang perlu kamu ketahui dan mudah untuk dilakukan. Jadi sekarang kamu sudah mengetahui cara mengatasinya, kamu juga perlu mengetahui apa saja yang menyebabkan laptop mengalami kondisi overheat. Penasaran? Perhatikan detailnya berikut ini.

Penyebab Laptop Mengalami Overheat

Sebenarnya laptop mengalami overheat juga disebabkan oleh beberapa hal yang tidak kamu perhatikan atau kamu periksa terlebih dahulu. Selain itu performa pada laptop juga menjadi semakin menurun dan cepat rusak. Nah untuk beberapa penyebabnya, kamu bisa memperhatikan penjelasannya dibawah ini

1. Pemakaian Dalam Jangka Panjang

Hal tersebut menjadi penyebab paling umum yang dialami banyak orang. Dan pastinya hal tersebut langsung mengakibatkan overheat pada laptop. Apabila dilakukan terus menerus tentunya akan membuat laptop kamu cepat rusak dan ngehang saat digunakan.

2. Penempatan Laptop Sembarangan

Biasanya ada beberapa orang yang menggunakan laptop untuk menonton film. Hal tersebut memang wajar, namun yang menjadi masalah yaitu ketika menempatkannya laptop tersebut di kasur. Nah, mulai dari situ dapat memicu overheat pada laptop, karena sirkulasi panas yang dikeluarkan menjadi terhambat. Kamu pastinya juga tahu kasur tidak memiliki tempat yang datar, ditambah laptop juga memiliki beban yang cukup lumayan. Jadi hal tersebut bisa saja terjadi.

3. Cooling Pad Tidak Berfungsi

Cooling pad sering dijadikan alternatif untuk cara mengatasi laptop overheat. Namun apabila komponen tersebut tidak berfungsi apakah masalah pada laptop tersebut dapat teratasi? Biasanya beberapa orang tidak menyadari hal tersebut karena tidak pernah mengeceknya. Jadi mereka sangka cooling pad yang mereka pakai masih baik-baik saja.

4. Thermal Paste menjadi Kering

Thermal paste ini letaknya di atas prosesor yang tentunya berfungsi sebagai cara mengatasi laptop overheat apabila terjadi. Namun apabila kamu menggunakan laptop yang lama secara terus menerus,tentunya komponen tersebut menjadi bekerja lebih keras lagi. Nah, hal tersebut dapat menjadikan thermal paste menjadi kering dan akhirnya laptop mengalami overheat. Jadi kamu perlu memeriksanya juga, apabila telah kering berarti harus diganti.

5. Banyak Aplikasi yang Dijalankan Bersamaan

Menjalankan aplikasi yang banyak secara bersamaan juga menjadi pemicu laptop mengalami overheat. Hal tersebut karena prosesor menjadi bekerja lebih berat sehingga masalah tersebut dapat terjadi bahkan terkadang laptop juga menjadi hang. Selain itu pemaksaan menggunakan aplikasi berat seperti game juga dapat mempengaruhinya juga.

6. Virus serta Malware yang Banyak

Tentunya Virus dan malware merupakan masalah umum yang paling sering ditemui semua orang, dan itu tidak diragukan lagi. Nah karena munculnya masalah tersebut, dapat pula menimbulkan masalah baru seperti laptop mengalami overheat. Siapa sih yang tidak sebal dengan kondisi tersebut? Tentunya kalian juga akan merasakan hal yang sama. Dan yang paling dikhawatirkan lagi yaitu ketika virus tersebut tidak dapat ditangani, tentunya akan membuat kerusakan pada file di laptop.

Demikian penjelasan tentang cara mengatasi laptop overheat dengan tepat serta apa saja penyebab yang dapat memicu kondisi tersebut. Nah,kamu dapat mencobanya untuk mengatasi laptop kamu ketika dalam kondisi tersebut. Perlu kamu ingat juga, laptop juga memerlukan perawatan agar performanya tetap baik serta tidak cepat rusak. Apabila kamu sudah mengalami kondisi tersebut, dan juga sudah kamu atasi, jadikan hal tersebut sebagai pelajaran agar tidak diulangi lagi.

Check Also

6 Cara Menampilkan Icon Baterai di Laptop yang Hilang!

6 Cara Menampilkan Icon Baterai di Laptop yang Hilang!

Icon baterai menjadi hal yang ada di perangkat elektronik menggunakan baterai seperti laptop, Kamera, smartphone, …