3 Cara Mengatasi Laptop No Bootable Device, No 3 Paling Praktis!
YouTube.com

3 Cara Mengatasi Laptop No Bootable Device, No 3 Paling Praktis!

Cara mengatasi laptop no bootable device menjadi perhatian tersendiri. Ketahuilah, no bootable device adalah sebuah pesan kerusakan pada Windows ketika baru saja dihidupkan.

Adanya pesan tersebut menyebabkan laptop ataupun komputer tidak bisa melakukan proses booting dengan baik. Selain itu, dapat menjadi masalah pada laptop terutama saat Anda baru menghidupkan perangkat. Umumnya, masalah ini terjadi karena penyimpanan perangkat gagal membaca sistem operasi yang terdapat di laptop.

Cara Mengatasi Laptop No Bootable Device Trenyata Semudah Itu
YouTube.com

Begini Cara Mengatasi Laptop No Bootable Device

Penyebab lainnya yang mungkin saja terjadi adalah kerusakan pada harddisk, terjadinya kesalahan konfigurasi di bios, hingga laptop kemungkinan terinfeksi Virus.

Pada dasarnya, guna mengatasi permasalahan no bootable device tersebut juga bergantung tentang apa yang menjadi penyebabnya. Penasaran bagaimana cara mengatasi laptop no bootable device? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Ganti Kabel dan Hardisk

Terjadinya laptop no bootable device karena stored atau hardisk tidak bisa membaca. Untuk mengecek hardisk tersebut terbaca atau tidak yaitu dengan cara masukkan ke bios. Setiap merek mempunyai shortcut berbeda-beda saat masuk ke bios.

Sesudah itu, masuk ke menu tab boot. Jika sudah masuk, nantinya akan muncul HDD model name dan serial number hardisk. Ketika muncul hal semacam itu, bisa disimpulkan hardisk masih bisa terbaca.

Jika nantinya muncul tulisan None menandakan hardisk tersebut tidak terbaca. Solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah cabut dan pasang kembali kabel hardisk.

Kemudian, ganti kabel yang baru. Kabel harddisk tersebut bernama Sata. Selain itu Anda juga bisa mengetes hardisk di komputer ataupun laptop lain, bisa meminjam kepada teman ataupun yang lainnya. Jika solusi tersebut benar-benar tidak bisa maka silahkan Anda ganti hardisk aja.

Perbaiki Sistem Corrupt

Tidak hanya itu saja cara mengatasi laptop no bootable device. Sebab, terkadang penyebabnya itu adanya kerusakan data sistem.

Kita bisa melihat kerusakan tersebut karena adanya tanda file ketika dibuka mengalami gangguan. Bukan hanya itu saja tetapi laptop juga tidak dapat menjalankan proses booting, sehingga akan muncul notifikasi no bootable device found

Perlu Anda ketahui pada dasarnya kerusakan data pada sistem itu disebabkan oleh banyak faktor. Contohnya kerusakan data secara fisik ataupun digital.

Maka upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya hal tersebut adalah load setup operasi sistemnya. Kemudian tekan menu repair komputer yang berada di bagian bawah kiri, setelah itu lihat operasi sistemnya.

Berikutnya, jika menggunakan Windows 10 klik “troubleshoot”, lalu command prompt. Berbeda lagi jika Anda menggunakan Windows 7, maka gunakan saja “system recovery options” dan pilih command prompt.

Setelah itu, pilih perintah bootrec yang meliputi bootrec/fixmbr, bootrec/fixboot, bootrec/scanos, bootrec/rebuildbcd. Langkah selanjutnya, lakukan restart dan silahkan coba untuk memastikan apakah masalah mengenai laptop no bootable device sudah terselesaikan atau belum.

Gunakan Antivirus

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi terjadinya masalah laptop no bootable device adalah menggunakan antivirus. Tanpa disadari, terkadang munculnya no bootable device adalah karena terdapat virus di dalam laptop.

Disamping itu, virus juga bisa menyebabkan performa laptop tidak bisa bekerja seperti biasanya dan mempengaruhi program lainnya. Masuknya virus tersebut ke dalam laptop juga karena adanya unsur ketidaksengajaan bahkan tanpa sepengetahuan dari si pemilik laptop.

Sedangkan salah satu faktor pemicu masuknya virus tersebut adalah melakukan transfer data yang kurang aman. Untuk itu, alangkah lebih baiknya gunakan antivirus di laptop.

Sebab, dengan memasang antivirus pada laptop, ketika virus-virus nanti muncul akan ada notifikasi. Kemudian, Anda bisa membersihkannya dengan lebih mudah dan cepat pastinya.

Namun, ada juga cara mengatasi laptop no bootable device dengan reinstall Windows. Mungkin cara ini cocok untuk mengatasi adanya masalah tersebut yang disebabkan karena kerusakan pada Windows.

Dengan melakukan reinstall tersebut, data lama akan terhapus diganti dengan data yang baru. Sehingga reinstall Windows tersebut menjadi hal yang wajib dilakukan, akan tetapi dengan catatan Anda sudah memastikan bahwa hardisk masih terbaca dan Masih normal.

Ketiga cara mengatasi laptop no bootable device tersebut sama baiknya. Maka dari itulah, silahkan pilih cara yang sekiranya paling mudah menurut Anda.

Check Also

Cara Mengirim Video Ukuran Besar Lewat WA

Cara Mengirim Video Ukuran Besar Lewat WA Paling Mudah

Abbox ID – Cara mengirim video ukuran besar lewat WA berikut ini bisa Anda terapkan …