cara mengatasi laptop ngehang
pexels.com

Ketahui 4 Cara Mengatasi Laptop Ngehang dan Apa Saja Penyebabnya

Bingung gimana cara mengatasi laptop ngehang? Jangan khawatir kamu bisa memperbaikinya sendiri dirumah dengan memperhatikan penjelasannya di bawah ini. Dengan hal tersebut, kamu tak perlu susah payah datang ke tempat service.

Semakin hari keberadaan laptop makin dibutuhkan untuk membantu aktivitas sehari-hari. Mulai sebagai sarana pembelajaran, urusan pekerjaan, edit foto serta video, hingga bermain game untuk mengisi waktu luang. Jadi tak heran zaman sekarang ini hampir setiap orang mempunyai laptop.

Tapi pernahkah kamu mengalami saat sedang menggunakan laptop, tiba-tiba jadi ngehang, error, atau not responding? Pastinya kebanyakan dari kalian pernah mengalami kondisi tersebut. Dan tentunya hal tersebut menjadi penghambat aktivitas yang sedang kamu jalankan saat itu. Nah, sebenarnya kamu jangan terlalu panik karena hal tersebut masih bisa ditangani sendiri. Untuk kamu yang masih kebingungan dalam menghadapi kondisi laptop ngehang, simaklah penjelasannya berikut ini.

cara mengatasi laptop ngehang
pexels.com

Cara Mengatasi Laptop Ngehang Agar Lancar Kembali

Penasaran bagaimana cara mengatasi laptop tiba-tiba ngehang? Kamu pastinya sudah panik terlebih dahulu, bahkan terkadang merasa jengkel. Sebenarnya cara mengatasi kondisi tersebut cukup mudah untuk dilakukan. Kamu bisa mengikuti cara-caranya berikut ini.

1. End Task Atau Tutup Semua Aplikasi yang Berjalan

Untuk pertolongan mengatasi laptop ngehang yaitu dengan cara menekan tombol CTRL+ALT+DEL. Cara tersebut akan memunculkan program Task Manager, lalu langkah berikutnya yaitu pilih End Task. Nah, hal tersebut akan membuat semua program tertutup secara otomatis, sehingga kembali seperti semula.

2. Hapus BIOS Cache

Laptop sering hang biasanya dipicu karena cache di laptop yang terlalu banyak, jadi kamu perlu menghapus cache tersebut. cara mengatasi laptop ngehang yaitu dengan melakukan Force Shutdown terlebih dahulu. Lalu masuk ke BIOS dengan menekan tombol F12, F11, F8 atau F2. Setelah itu klik Advanced BIOS Features. Nah, nantinya akan muncul Disable BIOS Cache lalu tekan enter setelahnya. Dengan melakukan hal tersebut akan membantu memulihkan laptop kamu dari hang.

3. Booting Atau Shutdown Secara Paksa

Langkah yang satu ini menjadi cara alternatif untuk mengatasi laptop kamu macet total. Biasanya dalam keadaan tersebut, kursor menjadi tidak dapat bergerak serta sistemnya ngefreeze. Sehingga jalan satu-satunya yaitu dengan booting atau shutdown secara paksa. Caranya yaitu dengan berikut ini.

  1. Tekan Tombol CTRL+ALT+DEL hingga muncul menu. Apabila sudah muncul kamu bisa memilih menu Restart, Sign Out atau Log Off sesuai yang kamu butuhkan.
  2. Jika cara tersebut belum berhasil, kamu bisa melakukan shutdown secara paksa dengan menekan tombol power hingga laptop kamu mati. Namun cara tersebut jangan dilakukan secara terus-menerus karena nantinya akan beresiko.

4. Melakukan Safe Mode

Cara mengatasi laptop ngehang yang bisa kamu andalkan yaitu dengan cara masuk ke Safe Mode. Hal tersebut dapat mengatasi laptop error serta pada kondisi ngehang. Untuk langkah-langkahnya yaitu berikut ini.

  1. Nyalakan perangkat laptop kamu terlebih dahulu, lalu tekan F8 saat sedang proses booting.
  2. Pilih “Safe Mode”,apabila sudah masuk gunakan perangkat sebentar setelah itu lakukan restart untuk mendeteksi apakah laptop sudah kembali normal.

Nah itulah beberapa cara mengatasi laptop ngehang yang bisa kamu lakukan untuk langkah awal. Namun apabila kamu sudah memperbaikinya akan lebih baik untuk mengantisipasi agar tidak ngehang lagi. Hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi kondisi laptop ngehang yaitu sebagai berikut.

Solusi Tepat Untuk Mengantisipasi Terjadinya Hang Pada Laptop

1. Menginstall Antivirus

Menginstall antivirus merupakan hal yang sangat penting sebagai upaya pencegahan hang serta eror pada laptop. Hal itu karena perangkat pada laptop yang menggunakan sistem operasi Windows rentan terkena virus. Apabila ada virus yang tidak bisa diatasi dapat membahayakan serta merusak file dan menyebabkan hang hingga laptop mati. Sehingga langkah tersebut juga menjadi alternatif cara mengatasi laptop ngehang.

2. Update Driver

Kamu perlu memperbarui atau mengupdate Driver ke yang lebih baru. Hal tersebut dapat memperlancar sistem pada laptop juga sehingga meminimalisir terjadinya hang. Untuk langkah-langkahnya, kamu bisa menyimak di bawah ini.

  1. Klik menu “Start” lalu ketik “Device Manager”, setelah itu kamu perlu membukanya.
  2. Langkah selanjutnya kamu harus memilih Driver mana yang ingin di update. Pada umumnya untuk mengantisipasi adanya hang pada laptop, kamu perlu memilih “Disk Drives” lalu pilih opsi yang “Update Driver Software”.
  3. Apabila kamu pengguna Windows 7, fitur untuk mengupdate Drive dapat kamu temukan di pilihan menu Properties.

3. Uninstall Aplikasi/Program

Kebanyakan aplikasi pada laptop seringkali dapat memicu laptop menjadi hang atau macet juga. Jadi sebaiknya uninstall aplikasi yang tidak perlu atau jarang digunakan. Hal ini tentunya juga menjadi salah satu alternatif cara mengatasi laptop ngehang.

4. Upgrade RAM

Kondisi laptop yang sering mengalami hang bisa juga disebabkan karena RAM yang bermasalah. Kamu perlu mengecek RAM tersebut apakah bersih atau kotor. Selain itu apabila kapasita RAM yang sedikit juga dapat memicu sistem kinerja laptop ketika menjalankan program yang sedikit besar menjadi tidak lancar. Sehingga kamu perlu mengupgrade memori RAm dengan kapasitas yang lebih besar atau dengan memasang RAM ke slot lainnya yang tersedia.

5. Install Ulang laptop

Menginstall ulang pada laptop pastinya juga akan memperbarui sistem operasi pada Windows. Sehingga masalah seperti hang, bug, atau error dapat dihilangkan. Kamu bisa menerapkan install ulang pada Windows 7, 8, 10.

Nah, apabila kamu sudah mengetahui cara mengatasi laptop ngehang serta solusi untuk mengantisipasinya, kamu juga perlu mengetahui apa saja penyebabnya. Untuk itu kamu bisa menyimak penjelasannya dibawah ini.

Penyebab Laptop Sering Hang Atau Error

1. Aplikasi dan Program yang Terlalu Banyak

Semakin banyak aplikasi yang kamu install tentunya juga akan mempersempit sisa memori yang digunakan. Sehingga hal tersebut sering memicu laptop ngehang.

2. Menggunakan Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Apabila semakin banyak aplikasi yang digunakan secara bersamaan sampai seperti deretan yang memanjang, kinerja prosesor pada laptop menjadi berkurang. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan laptop ngehang bahkan macet total.

3. Kapasita RAM yang Kurang Cukup

Apabila ruang penyimpanan yang kurang cukup, tentu saja akan memberatkan RAM untuk membuka serta membaca program-program yang kamu jalankan. Dan tentunya laptop menjadi lemot bahkan ngebug. Kamu perlu menambah kapasitas RAM sebagai pilihan cara mengatasi laptop ngehang

4. Overheat Pada Laptop

Apabila kamu menggunakan laptop dalam jangka yang panjang, tentunya akan membuat laptop kamu menjadi panas. Sehingga dapat memicu hang serta macet pada laptop juga. Jadi kamu perlu memasang pendingin untuk mengantisipasi hal tersebut.

5. Adanya Virus, Malware, Serta Spyware

Ketiga hal tersebut sudah lama menjadi musuh para pengguna PC atau laptop. Pasalnya apabila tidak dibersihkan tentunya akan membuat kinerja pada laptop menjadi berkurang bahkan dapat menyebabkan laptop mati.

6. Penumpukan Temporary File

Apabila temporary file semakin menumpuk tentunya juga akan menyebabkan hang serta macet pada laptop. Pasalnya file tersebut sebenarnya merupakan sampah dari proses sistem operasi yang sudah tidak dipakai.

Nah itulah ulasan tentang cara mengatasi laptop ngehang, cara mengantisipasinya serta penyebab yang memicu kondisi laptop menjadi seperti itu. Jadi kamu tidak perlu was-was dan repot-repot untuk datang ke tempat servis yang nantinya akan mengeluarkan biaya juga. Apabila masalah tidak terlalu parah, kamu bisa memperbaikinya dari rumah.

Check Also

6 Cara Menampilkan Icon Baterai di Laptop yang Hilang!

6 Cara Menampilkan Icon Baterai di Laptop yang Hilang!

Icon baterai menjadi hal yang ada di perangkat elektronik menggunakan baterai seperti laptop, Kamera, smartphone, …