Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi Pasti Berhasil!
pixabay.com

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi Pasti Berhasil!

Cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi sangat mudah. Setiap individu pasti memerlukan laptop karena sudah menjadi suatu kebutuhan. Perkembangan suatu teknologi membuat laptop berfungsi untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Seperti pekerjaan, pendidikan, sampai bermain game saat ini bisa kamu lakukan dengan satu perangkat saja.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi Pasti Berhasil!
pixabay.com

Bagaimana Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi?

Secara umum kendala yang terjadi pada sebuah laptop yaitu soal baterai. Laptop sangat tergantung terhadap baterai walaupun penggunaannya tetap bisa kamu lakukan dengan mencolokkan laptop pada stop kontak. Tetapi, dari tahun ke tahun kinerja baterai laptop akan mengalami penurunan seiring dengan penggunaannya. Hal itu dapat mengakibatkan laptop akhirnya tidak bisa mengisi daya lagi karena ada masalah pada baterainya.

Biasanya usia baterai laptop dengan pemakaian wajar bisa bertahan tiga sampai lima tahun. Jika baterai mengalami kendala dan tidak bisa kamu isi dayanya, ada beberapa cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi mulai dari memeriksa kondisi kabel charger sampai mengganti baterai. Tetapi, ada juga yang mengatakan jika baterai laptop bisa bermasalah sebelum jangka waktu tersebut. Hal tersebut mungkin terjadi jika laptop kamu isi daya sambil menggunakannya walaupun baterai laptop telah terisi penuh.

Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi yang dapat kamu lakukan:

1. Periksa Kabel Charger

Cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi yang pertama yaitu dengan memeriksa kabel charger. Ada kemungkinan kabel tersebut mengalami masalah maka dari itu pastikan kabel dalam kondisi yang baik. Tetapi jika tidak ada masalah pada kabel charger, cobalah untuk memindahkan mencolok kabel pengisi daya pada stop kontak yang lain.

Kamu juga bisa memperhatikan apakah ada bagian kabel yang berkerut, terbuka, atau longgar. Lupa untuk cek bagian colokan charger ke laptop, jika ada kotoran atau debu bisa membuatnya tidak berfungsi dengan maksimal. Jika menemukan kotoran, kamu bisa membersihkan secara perlahan dengan tusuk gigi.

2. Pakai Kabel Original

Penting untuk kamu menggunakan kabel pengisi daya yang original. Jika tidak menggunakan kabel original, dapat cepat merusak kondisi baterai. Kabel pengisi daya yang palsu memiliki buah tidak sesuai dengan kabel charger asli sehingga tidak cocok untuk kamu gunakan. Maka dari itu, pastikan kamu memakai kabel charger yang original bukan palsu.

3. Lepas Baterai Laptop

Cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi selanjutnya yaitu dengan melepas baterai. Kamu bisa cek kondisi baterai dengan melepasnya dari perangkat laptop. Lalu coba colokan pengisi daya tanpa memasang baterai tersebut.

Jika laptop menyala, kemungkinan yang mengalami masalah yaitu baterainya. Kamu juga bisa membersihkan material material kuningan pada baterai kemudian pasang kembali. Namun, jika belum juga berfungsi baterai laptop mengalami kerusakan dan harus kamu ganti.

4. Melepas Baterai Laptop Kemudian Tekan Power

Cara ini bisa kamu coba, khususnya jika baterai laptop bisa dilepas. Matikan laptop kemudian lepas baterainya kemudian, tekanlah tombol power laptop selama 15 detik kemudian isi baterai laptop masih belum terpasang. Selanjutnya Isilah daya laptop dengan keadaan baterai belum terpasang. Jika laptop tetap menyala maka masalah ada pada baterainya bukan charger.

5. Periksalah Lubang Pengisian Daya Laptop

Cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi selanjutnya yaitu dengan memeriksa lubang pengisian daya. Laptop yang sering kamu gunakan akan membuat lubang pengisian daya tersebut bisa menjadi kotor sehingga menghambat aliran listrik. Pastikan konektor kabel pengisian daya tidak longgar saat mencolokkannya kedalam lubang. Kabel pengisi daya longgar bisa terjadi karena adaptor tertarik saat posisi pengecasan yang tidak pas.

6. Ubahlah Posisi Pengisian pada Windows

Pada sistem operasi Windows ada pengaturan yang mengatur pengisian daya bisa berhenti otomatis pada posisi tertentu. Misalnya pada pengisian daya kamu atur berhenti saat baterai mencapai 90%. Jika sudah diatur seperti itu, daya tidak akan bekerja lagi saat mencapai angka tersebut. Untuk dapat merubah peraturan itu, kamu bisa membuka peraturannya pada Windows pojok kiri bawah. Caranya seperti berikut:

  • Pilihlah menu sistem.
  • Kemudian pilih menu power & sleep.
  • Selanjutnya, tekan additional power setting pada bagian kanan layar.
  • Kamu bisa memilih menu change plan setting dan atur menjadi default atau sesuai dengan keinginan.

7. Hindarilah Penggunaan Aplikasi yang Banyak

Cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi selanjutnya yaitu dengan tidak menggunakan banyak aplikasi. Penggunaan aplikasi yang banyak pada laptop bisa menyebabkan baterai cepat rusak. Kondisi laptop saat kamu gunakan dengan banyak aplikasi akan cepat panas. Hal inilah yang akan membuat laptop tidak bisa mengisi daya dengan cepat.

Kamu bisa mengatasi dengan membuka task manager dan menekan ctrl + shift + ESC atau bisa juga mencarinya pada menu pencarian. Selanjutnya tekan menu more details untuk masuk pada process. Nanti akan muncul sedang berjalan dan membuat laptop bekerja lebih keras. Hentikanlah aplikasi berjalan tersebut yang sedang tidak kamu gunakan.

8. Tahan Tombol Power Selama 30 Detik

Walaupun tidak biasa terdengar namun, banyak orang yang sering mencobanya dan berhasil. Kamu bisa mematikan laptop lalu melepas baterainya terlebih dahulu. Kemudian, pasang kembali baterai pada laptop dan tekanlah tombol power lalu tahan selama 30 detik. Setelah itu lepas dan nyalakan laptop dengan menekan tombol power seperti biasa.

9. Buat Laptop Kamu Menjadi Dingin

Laptop akan mengalami overheat dan dapat berpengaruh terhadap baterai jika sering menyala terlalu lama dalam sehari. Baterai laptop sangat rentan terhadap suhu panas dan dapat mempengaruhi kinerja sensornya. Temperatur yang panas tersebut dapat membuat sensor baterai membaca bahwa baterai sudah terisi penuh sehingga akan menyebabkan masalah saat mengisi daya.

Kamu bisa mengatasinya dengan mengistirahatkan laptop, matikan beberapa waktu hingga suhunya menjadi dingin. Kamu juga harus memastikan ventilasi atau sistem cooling pada laptop bersih tidak ada kotorannya.

10. Install Ulang atau Update Driver Baterai

Bila laptop sudah menggunakan Windows 10, update baterai bisa kamu lakukan dengan cara seperti berikut:

  • Klik kanan pada ikon Windows kemudian pilih Device Manager.
  • Perluas menu baterai sampai muncul pilihan Microsoft AC Adapter dan Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery.
  • Selanjutnya, klik kanan pada setiap opsi tersebut kemudian pilih menu properties.
  • Lalu, masuklah ke pilihan driver lalu klik update driver.
  • Restart laptop kamu lalu pasangkan lagi dengan kabel charger.

11. Uninstall Software Management Power Laptop

Jika kamu telah cek kondisi baterai dan laptop, tetapi masih belum juga dapat mengisi daya. Mungkin software mengalami masalah. Kamu bisa cek laptop jika memiliki software yang berhubungan dengan manajemen power.

Misalnya, seperti pada laptop lenovo biasanya sudah ada Lenovo Energy Management dari bawaannya. Laptop memilikinya, kamu bisa uninstall software tersebut lalu restart. Jika berhasil, maka indikator baterai bisa menunjukkan angka kenaikan daya.

Nah, itu dia beberapa ulasan tentang cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi yang dapat kamu lakukan. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkahnya dengan benar agar masalah dapat teratasi.