Cara Mengaktifkan Dark Mode di Windows 11
pixabay.com

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Windows 11

AVvXsEiWAYD8XmrLJtiO 6cKg1t6oE0hkdqjddNfI6pmg RKNIQ05NnX4ZKuwf02ZuN8msTZ0WzjHfmFxW8Sbnnyb lQKAASLgKvXRwPNObOQ3nzF cN4kEFb2a4T8JojbAXdkh6C Bzp0A9E9QkiQlxWGvxMkPfwzCPi8IZTOsu5VMZNIxRs7qCx6ZVi p=w640 h343

Sistem operasi Windows 11 yang dirilis oleh Microsoft pada pertengahan bulan oktober lalu, memiliki beragam fitur yang dapat Anda nikmati, salah satunya adalah Dark Mode yang dapat membuat pengguna lebih nyaman saat mengoperasikan perangkat. Namun, sudahkah Anda tahu bagaimana cara mengaktifkan dark mode?

Pada tampilan standar Windows 11 antarmuka memiliki nuansa warna biru langit yang cerah. Namun, Anda dapat mengubahnya ke Mode Gelap agar membuat pengguna lebih nyaman, terutama saat menggunakannya dalam kondisi kurang cahaya, lebih tepatnya malam hari.

Apa itu Dark Mode?

Fitur Dark Mode (Mode Gelap) adalah fitur yang akan mengubah tampilan antar muka, atau user interface Windows 11, menjadi lebih gelap dan minim cahaya. Dengan begitu Fitur Dark Mode di Windows 11 ini cukup membantu mata Anda menjadi nyaman, saat melakukan aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan sehari-harinya di depan komputer atau laptop.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Windows 11

Untuk mengaktifkan Dark Mode di sistem operasi Windows 11, Pertama-tama Anda dapat membuka komputer, dan pada tampilan utama layar (desktop) klik kanan dan pilih menu Personalize.

  1. Klik kanan pada Desktop – pilih Personalize.
  2. Setelah itu, masuk ke menu Colors.
  3. Pada bagian Choose your mode, pilih Dark.
  4. Selesai.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Windows 11

Cara Paling Mudah untuk Mengaktifkan Dark Mode di Windows 11

  1. Klik kanan pada Desktop – pilih Personalize.
  2. Setelah itu, Pilih theme Windows Dark, yang berada tepat di kanan atas.
  3. Selesai.
AVvXsEhgTLviNTN3NOOibVEFD5vCCenfaheXBZJ2Mu7 GqEBNvgHol1yvzrpHg8Q5s2cg45X1GuRWvuuP54sKFCJ764mFMvcsMM6a4slKNnQ3brU88K03vYZF3eTUePR3LdW31JVbhl8xWil0xZHJb6zZokcv6U QXVFIoAGwcEnxNvZqeekO6jncU JGyVg=s16000

Baca juga: Cara Mengaktifkan Fitur HDR di Windows 11

Cara mengaktifkan dark mode bukanlah hal yang sulit, karena jika sudah mengetahuinya, maka semuanya akan terasa sangat mudah dan praktis. Mode gelap alias dark mode ini adalah menu yang banyak dimiliki oleh perangkat dan sistem operasi, termasuk Windows 11.

Seperti yang kita tahu bahwa Windows 11 ini telah hadir dengan perombakan desain antarmuka yang luar biasa. Pasalnya pada saat yang sama, beberapa fitur yang ada pada Windows 10 atau generasi sebelumnya juga dipertahankan dengan peningkatan terbaik.

Sebut saja seperti adanya fitur mode gelap yang jauh lebih berkesan sebab efek transparan yang lebih menyatu. Bahkan saat ini pun dark mode di Windows 11 juga sudah lebih konsisten lagi sebab tidak hanya diterapkan pada antarmuka sistem saja.

Melainkan juga pada semua aplikasi yang sama-sama telah mendukung fitur dark mode tersebut. Terlebih Windows 11 sudah menyediakan opsi tema yang bahkan sebelumnya tidak ada pada Windows 10.

Jadi opsi tema itu tidak hanya bisa mengubah tampilan background maupun latar belakang sja, namun juga bagian yang lain. Mulai dari efek transparan, warna tombol hingga opsi suara dan kursor mouse.

Beralih ke Dark Mode

Cara mengaktifkan dark mode sebenarnya sangat mudah, hanya saja ada beberapa pengguna yang ternyata belum bisa menggunakannya. Langkah pertama adalah dengan masuk saja ke fitur Personalization melalui menu Pengaturan atau Setting.

Jadi pertama-tama Anda bisa klik menu pada WIndows 11 lalu lanjutkan lagi dengan memilih opsi Settings. Namun jika tidak ada opsi Settings, maka Anda dapat menggunakan form pencarian untuk mencari menu tersebut.

Langkah berikutnya pilih opsi personalization kemudian fitur Colours dan Anda bisa merubah fitur setelah Choose your mode. Dari yang tadinya Light menjadi Dark agar pindah ke tampilan yang gelap.

Sehingga dengan demikian maka antarmuka Windows 11 akan berubah menjadi gelap seperti keinginan Anda. Selain hanya pilihan dark mode saja, ternyata Anda juga dapat melakukan perubahan lain, lho!

Kesimpulan

Mode gelap (dark mode) tidak memberikan perbedaan besar pada masa pakai baterai device Anda.

Setelah tahu cara mengaktifkan dark mode pada Windows 11, kin Anda bisa langsung melakukannya sendiri. Mudah bukan?

Check Also

3 Cara Masuk ke Safe Mode Windows 11

Cara masuk ke Safe Mode Windows 11 dibuat dengan tujuan untuk melakukan perbaikan atau memperbaiki …