3 Cara Masuk ke Safe Mode Windows 11

Cara Masuk ke Safe Mode Windows 11

Cara masuk ke Safe Mode Windows 11 dibuat dengan tujuan untuk melakukan perbaikan atau memperbaiki berbagai macam trouble/masalah. Melalui Safe Mode, kamu bisa melakukan berbagai macam perbaikan pada program tertentu yang mengalami error.

Safe Mode memungkinkan kamu masuk ke dalam pengaturan serta program yang bermasalah dan tidak akan mempengaruhi atau menggangu aplikasi dan program lainnya atau sistem operasi secara keseluruhan.

Untuk masuk ke Safe Mode pada sistem operasi Windows 11 sangat mudah dan caranya juga sama persis dari windows pendahulunya, yakni windows 10. Pada postingan ini, saya akan membagikan cara masuk ke Safe Mode di Windows 11 yang paling mudah.

Cara Masuk Ke Safe Mode Windows 11

Berikut ini adalah cara masuk ke Safe Mode Windows 11 melalui Msconfig, pengaturan dan Shift+Restart

Melalui Msconfig

  1. Buka program Run dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard.
  2. Setelah itu ketik msconfig di kolom yang disediakan, lalu tekan Enter.
  3. Jendela System Configuration akan muncul, lalu Klik tab Boot lalu pilih Safe Boot > Minimal, lalu klik Apply.
  4. Setelah itu Restart laptop/PC Anda. Pada saat Booting berlangsung, Windows akan masuk ke Safe Mode secara otomatis, tanpa harus menekan tombol apapun pada keyboard.

Cara Masuk ke Safe Mode Windows 11

Jika kamu sudah memperbaiki error pada sistem atau aplikasi di Windows 11, jangan lupa untuk mengembalikan setingan msconfig ke pengaturan semula dengan cara menonaktifkan Safe Boot Minimal pada System Configuration(msconfig).

Melalui Pengaturan

Selain menggunakan cara masuk ke Safe Mode Windows 11 melalui msconfig, Anda juga bisa melalui pengaturan dan memilih opsi Safe Mode yang dibutuhkan seperti biasa, networking atau CMD. Berikut ini adalah cara lengkapnya:

  1. Pertama, pada kolom pencarian Windows ketikkan Settings kemudian buka jika sudah muncul.
  2. Setelah membuka Settings maka akan muncul berbagai menu seperti System, Devices, Phone, Personalization, Gaming dan masih banyak lagi. Bukalah menu Update & Security.
  3. Kemudian klik menu Recovery yang berada pada kolom sebelah kiri, lalu klik Restart Now yang berada pada kolom Advanced Startup.
  4. Setelah itu maka proses restart akan berjalan, tunggulah beberapa saat hingga prosesnya selesai. Jika sudah selesai maka Anda akan dialihkan ke halaman Option. Akan ada 3 pilihan yaitu Continue, Troubleshoot dan Turn off your PC, kemudian pilih Troubleshoot.
  5. Pada halaman Troubleshoot akan terdapat 2 pilihan yaitu Reset this PC dan Advanced options. Klik opsi Advanced Options.
  6. Cara masuk ke Safe Mode Windows 11 selanjutnya masuk ke menu pengaturan Startup Settings.
  7. Kemudian klik Restart untuk pindah ke menu selanjutnya.
  8. Anda akan melihat opsi untuk masuk ke Windows. Untuk masuk ke Safe Mode biasa Anda bisa menekan angka 4, jika ingin masuk ke Safe Mode Networking maka tekan angka 5 dan untuk Safe Mode CMD tekan angka 6.
  9. Tunggulah selama beberapa saat karena Windows akan restart secara otomatis. Jika prosesnya sudah selesai maka Windows akan masuk ke Safe Mode secara otomatis.

Melalui Shift +Restart

  1. Pada desktop Windows 11 klik Start dan pilih ikon Power lalu tekan tombol restart sambil menekan tombol Shift di keyboard.
  2. Tunggu proses loading selama beberapa saat dengan tetap menekan tombol Shift.
  3. Windows akan masuk ke menu Recovery, lalu Anda bisa memilih menu Troubleshoot-Advanced Options-Startup Settings dan klik tombol Restart.
  4. Anda bisa langsung memilih opsi Safe Mode yang Anda inginkan dengan menekan angka sesuai dengan panduan.
  5. Cara masuk ke Safe Mode Windows 11 selesai, Windows akan restart dan masuk otomatis ke Safe Mode.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, Semoga Bermanfaat.

Check Also

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Windows 11

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Windows 11

Sistem operasi Windows 11 yang dirilis oleh Microsoft pada pertengahan bulan oktober lalu, memiliki beragam …