pexels brett sayles 3803517

Cara Kompres File PDF Jadi Lebih Kecil

Cara Kompres File PDF Jadi Lebih Kecil

Banyak cara untuk mengecilkan ukuran file PDF, biasanya orang-orang akan mencari tutorial cara kompres file pdf pada saat pembukaan CPNS. Karena pada proses pendaftaran, calon harus mengupload berkas scan yang sudah panitia tentukan, ukuran file pdf tidak boleh kurang dan lebih.

File PDF yang ukurannya terkadang lumayan besar. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan kompresi pada file PDF. Perlu diketahui bahwa kompresi merupakan teknik mengecilkan ukuran data file yang besar menjadi lebih kecil tanpa mengubah kualitas isi dari file tersebut.

Tujuannya yaitu untuk menghemat pemakaian data storage dan menjaga agar kapasitasnya selalu cukup untuk menyimpan data lainnya, dan yang paling penting untuk memenuhi syarat upload seperti keperluan data scan CPNS.

Cara Kompres File PDF

Berikut ini adalah cara mengecilkan ukuran file PDF tanpa mengurangi kualitas isi dari file tersebut.

Cara kompres PDF tanpa aplikasi pertama yakni melalui situs SmallPDF. Dari namanya saja sudah bisa menjelaskan fungsinya, yakni memperkecil ukuran file PDF. Situs ini bisa kamu akses kapan saja dengan mudah. Kamu tidak perlu melakukan pendaftaran pada situs tersebut ataupun melakukan syarat apapun, cukup buka situsnya lalu kompres file PDF sesuai kebutuhan.

Langkah-langkahnya :

  1. Buka situs SmallPDF.
  2. Klik “pilih file”, lalu drop file PDF yang ingin kamu kompres dari PC atau langsung dari smartphone.
  3. File kemudian otomatis dikompres. Tunggu proses hingga 100%.
  4. Setelah proses kompres selesai, pilih “Unduh File Sekarang”. Hasilnya file akan berkurang ukurannya tanpa merubah isi di dalamnya.

Baca juga: Cara Menghubungkan OVO ke PayPal

Tentang Abbox

Check Also

pexels cottonbro 3943730201

Daftar Kata Kunci CPC Tinggi 2022

Daftar Kata Kunci CPC Tinggi 2022 – CPC kependekan dari Cost Per Click atau dalam …