Cara Daftarkan Blog di Google Search Console untuk Pemula
pixabay.com

3 Cara Daftarkan Blog di Google Search Console untuk Pemula, Cek Disini!

Cara Daftarkan Blog di Google Search Console untuk Pemula

Cara daftarkan blog di Google search console – Setelah artikel sebelumnya yang membahas mengenai kesalahan blogger pemula, disana saya singgung sedikit terkait dengan Google Webmaster Tools ini, lalu seberapa pentingkah bagi kita untuk mendaftarkan blog ke Google Search Console (GSC).

Sebelum melangkah lebih jauh lagi mari kita mengenal sedikit tentang Google Search Console/Google Webmaster Tools itu apa? Webmaster Tools atau sekarang yang lebih dikenal sebagai Google Search Console merupakan tools gratis dari google yang wajib digunakan oleh setiap pelaku website termasuk blogger.

Apa Itu Google Search Console?

Google Search Console merupakan layanan atau tools yang disediakan gratis oleh google untuk mendaftarkan serta memverifikasi blog kita, agar nantinya kita bisa meninjau serta menjaga kesehatan situs atau blog. Tentu saja dengan Google Search Console, kita dapat meminta pengindeksan artikel secara manual yang memungkinkan agar artikel blog kita dapat lebih cepat terindeks oleh mesin pencari Google.

Cara Daftarkan Blog di Google Search Console

Sebenarnya cara daftarkan blog di Google search console sangat mudah kok, untuk kalian para pengguna hosting blogger/blogspot, biasanya tidak diperlukan lagi untuk mendaftarkannya asal masih menggunakan akun gmail yang sama.

1. Buka Google Search Console

Silahkan buka link berikut ini Google Search Console , kemudian kamu akan disuguhkan kedalam tampilan google search console, pastikan sebelumnya kamu sudah login dengan akun google, jika belum bisa login terlebih dahulu baru klik link di atas.

2. Input URL Blog

Cara daftarkan blog di Google search console selanjutnya, silahkan masukkan url blog kamu, dan klik Add Property. Kemudian akan dilanjutkan ke halaman dasbor dari google search console tadi.

3. Verifikasi Blog

Setelah melakukan tahapan sebelumnya, Langkah berikutnya adalah mem-verifikasi blog kita dengan menambahkan sedikit kode, hal ini berlaku untuk pengguna blog dengan self-hosted seperti wordpress. (untuk blogger tidak berlaku).

Silahkan verifikasikan dengan opsi yang kamu pilih, disini ada beberapa opsi yang bisa dipilih diantaranya HTML Tag, Domain Name Provide, Google Analytics, Google Tag Manager. Untuk opsi ini kamu bisa memilih HTML Tag kenapa?, karena opsi ini diguanakan untuk mengambil meta tag kode yang akan kita pasang di situs blog kita.

<meta name=”google-site-verification” content=”kodeverifikasi”>

Kode itulah yang nantinya akan kita masukan ke kolom verifikasi google di wordpress kita, jangan lupa untuk pasang juga plugin google search console di wordpress kamu.

Fungsi Mendaftarkan Blog ke Google Search Console

Banyak keuntungan yang kita peroleh setelah sukses mengikuti cara daftarkan blog di google webmaster tools, berikut beberapa fungsi maupun fitur yang bisa kita gunakan setelah sukses mendaftarkan blog ke Google Search Console.

  1. Fungsi Google Indeks
  2. Fungsi Penelusuran
  3. Fungsi Perayapan

Keuntungan dari Mendaftarkan Blog ke Google Search Console

Bagaimana cara daftarkan blog di Google search console? Ketika kamu mendaftarkan akun blog ke google search console, maka akan ada banyak keuntungan yang diperoleh.  Selain itu salah satu hal yang sangat diwajibkan kepada setiap blogger adalah, mereka harus mendaftarkan blog ke Google search console. Hal tersebut diutarakan oleh blogger pemula, atau yang sudah berpengalaman sekalipun.

1. Kamu dapat memantau perkembangan blog secara langsung

Google search console adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh pihak google, dengan tujuan untuk menyediakan data tentang performa sebuah blog. Dengan melihat google search console tersebut, maka kamu juga dapat melihat trafik pengunjung blog yang datang ke mesin pencarian. Data yang mereka perlihatkan sangat update, dan selalu bisa dipercaya.

2. Kamu Mampu Menemukan Trend Pencarian

Google search console juga menyediakan beberapa data jumlah pencarian, yang tentunya menggunakan kata kunci. Data yang dituliskan tersebut akan membantu seorang blogger, untuk melihat trend apa yang sedang banyak dicari. Hal tersebut tentu akan membantu kamu, supaya dapat membuat konten baru yang sesuai dengan keyword.

3. Kamu Dapat Menemukan Masalah

Fasilitas google search console pasti akan memberikan kamu notifikasi, apabila ada sebuah halaman yang tidak tayang dengan baik di perangkat pengguna. Mereka juga akan memberikan penjelasan, mengenai masalah apa yang sebenarnya terjadi. Tentunya informasi tersebut sangat berguna untuk setiap blogger, supaya mereka lebih mudah menemukan kelemahan dari situs bloggernya. Ketika mereka sudah berhasil menemukan bloggernya, maka selanjutnya akan dilakukan perbaikan sebagaimana yang diperlukan.

4. Dapat Mengetahui Kecepatan Loading Laman

Kecepatan saat internetan, tentu menjadi hal yang paling utama bagi sebuah website. Karena semakin cepat waktu loadingnya, maka akan lebih banyak juga pengunjung yang datang. Masalah dalam percepatan loading dapat kamu hindari, dengan cara mengamati bagian data web inti. Karena fitur tersebut akan memperlihatkan data secara real, yang hasilnya diperoleh dari perangkat pengguna.

Kamu yang penasaran dengan cara daftarkan blog di Google search console, maka dapat menyimak rangkuman artikel di atas.

Check Also

Wajib Coba 3 Fitur Aplikasi Face Play yang Viral di TikTok

Wajib Coba 3 Fitur Aplikasi Face Play yang Viral di TikTok

Mungkin belakangan ini sering banyak orang yang membahas mengenai, aplikasi Face Play. Hal tersebut karena …