Cara Agar Blog Banyak Pengunjung
unsplash.com

5 Cara Agar Blog Banyak Pengunjungnya, Cek Disini!

5 Cara Agar Blog Banyak Pengunjung

Semua blogger pasti ingin situs webnya memiliki pengunjung dan trafik yang banyak, karena itu diperlukan cara agar blog banyak pengunjung. Tidak bisa dipungkiri lagi memang semakin tinggi traffic situs web kita maka akan semakin banyak cuan yang kita dapatkan baik itu dari Google AdSense atau monetisasi web lainnya. Walupun belum ada cara yang pasti untuk meningkatkan trafik situs web kita, akan tetapi kali ini saya akan merangkum beberapa faktor yang mungkin dapat meningkatkan trafik blog Kamu.

5 Cara Agar Blog Banyak Pengunjung

Cara kali ini memang sangat familiar dengan Teknik SEO yang masih menjadi misteri selama ini untuk menaikkan trafik situs web kita. Updatenya algoritma mesin pencari serta misterinya google untuk menempatkan situs kita dihalaman pertamanya masih sangat misterius.

Bagaimana tidak kadang ada situs yang dimana tanpa melakukan optimasi SEO sama sekali tetapi bisa memperoleh rujukan halaman pertama di google. Bahkan banyak orang yang telah melakukan optimasi SEO mati-matian akan tetapi hasilnya masih nihil.

Kali ini saya akan memberikan tips dan 5 cara agar blog banyak pengunjung dengan mengesampingkan Teknik SEO. Berikut caranya :

1. Riset Kata Kunci (Keyword)

Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel Belajar SEO Pemula, riset kata kunci ini masih menjadi strategi jitu untuk mendongkrak trafik situs web. Dengan melakukan riset kata kunci yang pas maka konten Kamu akan lebih mudah ditemukan oleh pembaca pada mesin pencari.

Gunakanlah kata-kata kunci atau keyword yang banyak dicari oleh orang-orang di internet. Jika kamu sudah menemukan kata kunci yang tepat maka kamu juga harus mengetahui peta persaingan keyword tersebut. berapa tingkat kesulitan untuk berada di urutan pertama hasil pencarian Google serta artikel seperti apa yang berada di halaman pertama hasil pencariannya.

Akan lebih baik jika artikel kamu akan muncul dihalaman pertama hasil pencarian agar banyak dikunjungi oleh pembaca. Hal ini sesuai dengan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa 75 persen pencari hanya membuka artikel yang muncul pada halaman pertama pencarian. Dengan kata kunci yang tepat maka blog atau website akan semakin mudah berada di hasil teratas pencarian, karena itu sangat penting untuk meriset keyword.

2. Buat Profil Situs di Media Sosial

Buatkan facebook page (halaman facebook), twitter ataupun profil linkedin untuk situs Kamu yang nantinya bisa Kamu buat untuk melakukan promosi semua artikel yang telah di publikasikan pada web. Hal ini sangat penting untuk menaikan popularitas situs Kamu.

Saya ambil contoh jika Kamu seorang Food blogger, yang perlu Kamu lakukan adalah membagikan postingan blog tersebut di halaman facebook. Dengan begitu memungkinkan Google akan menjadikan artikel blog Kamu di halaman pertamanya.

3. Buat Artikel yang Berkualitas

Satu-satunya alasan pengguna internet mengunjungi website adalah karena isi artikelnya, karena itu cara agar blog banyak pengunjung selanjutnya, kamu bisa menulis artikel dengan kualitas tinggi, dapat dipercaya dan wajib tidak copy paste. Artikel yang berkualitas sangat disukai oleh mesin pencari dan sebaliknya, artikel copy paste sangatlah dibenci oleh mesin pencari. Pastikan Kamu tidak menulis artikel hasil copy paste karena hal ini sangat tidak baik untuk situs Kamu bahkan blog Kamu bisa saja di blokir oleh Google.

Selain itu pilihlah berita atau topik yang sedang populer dan trending karena pastinya akan banyak orang yang mencarinya, hal ini bisa menjadi peluang untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. Kemudian tulislah artikel dengan topik terbaru, jangan membahas berita yang sudah lama berlalu karena pastinya berita tersebut tidak akan dianggap menarik lagi.

Jika pembaca menyukai konten yang kamu tulis maka tentunya mereka akan membagikan artikel atau blog ke berbagai media sosial yang ia miliki, sehingga membuat kamu memiliki banyak backlink. Backlink inilah yang nantinya akan membuat semakin banyak orang yang melihat dan mengunjungi blog.

4. Jangan Lupa Memberi Nama dan Caption pada Gambar

Gambar diperlukan untuk mengilustrasikan dan memperjelas isi konten. Karena itu cara agar blog banyak pengunjung selanjutnya yaitu dalam menulis artikel jangan lupa untuk selalu menyertakan gambar yang paling relevan dengan isi konten. Pastikan juga untuk memberi nama dan caption pada setiap gambar. Hal ini karena selain menjadi media untuk mengkomunikasikan konten para pembaca juga menjadi rujukan untuk Google dalam menyeleksi informasi. Jika tidak memberikan judul dan caption yang jelas pada gambar maka tentu saja gambar tersebut tidak akan terbaca oleh Google.

5. Konsisten Update Konten

Cara agar blog banyak pengunjung yang terakhir yakni dengan cara konsisten untuk meng-update konten di situs Kamu, hal ini berpengaruh mengenai keaktifan situs terhadap robot crawl google, dengan hal ini google akan ternotice bahwa situs ini aktif dan sering memberikan informasi yang bermanfaat.

Baca juga: Bagaimana Backlink Bisa Meningkatkan Trafik ke Website Kita?

Tentang Abbox

Check Also

Cara Mengecek Ranking Blog di Alexa

Cara Mengecek Ranking Blog di Alexa

Dalam mengelola sebuah blog atau website, Tentunya Kamu butuh layanan untuk me-monitoring perkembangan dari blog …