call center PLN

Layanan Pengaduan Call Center PLN 24 Jam Bebas Pulsa

Untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelaggan, PLN memiliki call center PLN yang bisa dihubungi selama 24 jam. PLN atau Perusahaan Listrik Negara adalah Badan Usaha Milik Negara yang bertugas menyediakan pasokan listrik dan menyalurkannya ke seluruh Indonesia termasuk wilayah pelosok. Namun tak jarang terjadi masalah di beberapa daerah hingga berujung pemadaman bergilir untuk pemeliharaan. Jika mati lampu hari ini 2020 bisa jadi ada pemadaman yang dijadwalkan oleh PLN. Dimana daerah dan jadwal pemadaman biasanya telah disebar luaskan kepada masyarakat sebelumnya.

Jika hal tersebut terjadi, tidak perlu khawatir. Setidaknya kamu perlu mempersiapkan diri sebelum terjadi pemadaman bergilir. Namun jika terjadi mati listrik secara mendadak maka kamu bisa menghubungi nomor telepon PLN bebas pulsa maupun PLN Mobile.

Baca Juga : Cara Klaim Saldo BPJS TK: Hubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan

Cara Menghubungi Call Center PLN 24 Jam

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk bisa terhubung dengan call center PLN. Customer service PLN akan bekerja selama 24 jam melalui beberapa platform untuk mengatasi keluhan pelanggan dengan cepat. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk menghubungi nomor PLN:

  1. Contact Center PLN

Salah satu cara menghubungi PLN Jakarta Raya adalah dengan menelepon nomor 123. Nomor contact center PLN yang sangat mudah diingat diharapkan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menghubungi PLN. Kamu bisa mengajukan komplain, kritik maupun saran ke nomor CS PLN tersebut. Namun layanan contact center ini tidak gratis, melainkan dibebankan biaya telepon biasa. Jika kamu ingin menghubungi kantor cabang PLN agar penanganan lebih cepat, kamu bisa menghubungi beberapa nomor call center berikut ini untuk mengirimkan SMS pengaduan PLN:

  • Call center PLN Balikpapan: 0812 577 33322
  • Call center PLN Bandung: 022 5222043
  • Call center PLN Batam: 0778 463150
  • Call center PLN Bogor: 0251 8314200
  • Call center PLN Depok: 021 7706269
  • Call center PLN Surabaya: 031123
  • Call center PLN Tangerang: 021 73889320
  1. Call Center PLN Bebas Pulsa

Jika kamu ingin melaporkan PLN mati lampu hari ini secara gratis, kamu bisa menghubungi customer service PLN di layanan bebas pulsa. Caranya adalah menghubungi melalui alamat email PLN yaitu pln123@pln.co.id atau melalui akun sosial media resmi PLN seperti PLN Twitter dengan nama akun @pln_123 atau Facebook dengan nama PLN 123.

  1. PLN Mobile

PLN juga terus berkembang seiring perkembangan teknologi komunikasi, salah satunya dengan meluncurkan PLN mobile. Aplikasi PLN Mobile dapat di download secara gratis di Google Play Store. Kamu dapat melakukan pengecekan tagihan dan merekam aktivitas harian. Bahkan terdapat mode offline dan masih dapat digunakan saat tidak terhubung jaringan.

Cara Lain Menghubungi Call Center PLN Melalui Handphone

Kamu bisa dengan mudah menghubungi call center PLN melaui ponsel secara gratis maupun berbayar. Kemudahan akses komunikasi saat ini memungkinkan kamu melaporkan keluhan PLN melalui beberapa cara. Selain ketiga cara di atas kamu juga bisa menghubungi layanan customer call PLN 123 dengan beberapa cara berikut ini:

  1. Virtual Assistant

Cara lainnya untuk menghubungi call center PLN 24 jam bebas pulsa adalah melalui virtual assistant PLN 123. Kamu bisa mengakses virtual assistant dengan mengunjungi website resmi PLN123_official yaitu https://web.pln.co.id/kontak-kami#. Kamu bisa mengajukan pengaduan tagihan PLN, PLN mati lampu atau keluhan lainnya. Caranya juga sangat mudah, cukup dengan memasukan data diri berupa nama lengkap, nomor handphone, alamat email, ID pelanggan serta isi pesan, kritik, maupun keluhan yang ingin kamu sampaikan. Langkah terakhir adalah masukkan kode yang tertera di bagian bawah sebagai verifikasi.

  1. Kode Area PLN

Nomor contact center PLN 123 dapat dihubungi melalui telepon maupun handphone. Namun jika kamu menghubungi call center menggunakan handphone, maka kamu perlu memasukkan kode area sebelum nomor 123. Misalnya untuk kamu yang tinggal di daerah Jakarta maka masukan nomor (021) 123 untuk menghubungi PLN Jakarta Raya. Cara mengetahui kode area PLN sangat mudah, kamu cukup mengetikan kata kunci “Kode Area (Nama Wilayah)” di kolom pencarian Google. Berikut beberapa daftar kode area PLN di Indonesia:

  • Kode area Bekasi: kode area PLN Bekasi yaitu 021
  • Kode area Bali: kode area PLN Bali yaitu diawali dengan nomor 03 dan berbeda untuk tiap kota/kabupaten
  • Kode area Bandung: kode area PLN Bandung yaitu 022
  • Kode area Bogor: kode area PLN Bogor yaitu 0251
  • Kode area Denpasar: kode area PLN Denpasar yaitu 0361
  • Kode area Jakarta: kode area PLN Jakarta yaitu 021
  • Kode area Jogja: kode area PLN Jogja yaitu 0274
  • Kode area Malang: kode area PLN Malang yaitu 0341
  • Kode area Pekanbaru: kode area PLN Pekanbaru yaitu 0761
  • Kode area Surabaya: kode area PLN Surabaya yaitu 031

Laporan yang Bisa Ditangani oleh Call Center PLN 123

Bukan hanya saat mati listrik di Bandung, mari listrik di Batam atau di daerah lain yang bisa dilaporkan melalui call center PLN. Namun kamu bisa mengajukan beberapa laporan ke nomor contact center PLN 123, antara lain:

  1. Gangguan Listrik

Tentu saja hal yang paling sering ditangani call center PLN Bandung 24 Jam atau di seluruh wilayah di Indonesia adalah gangguan listrik. Gangguan listrik ini sangat beragam, mulai dari mati lampu, voltase listrik yang melonjak akibat sambaran petir, tegangan listrik lebih atau kurang dari batas normal, frekuensi listrik yang tidak stabil, maupun turunnya voltase listrik secara mendadak dengan sangat cepat.

  1. Pemasangan listrik

Jika kamu ingin memasang sambungan baru atau pemasangan listrik sementara kamu bisa menghubungi nomor telepon PLN Depok atau kantor PLN terdekat di kotamu. Tentunya aka nada teknisi yang datang langsung dan melakukan pemasangan instalasi listrik ke rumah.

  1. Informasi Tagihan Listrik

Kamu juga bisa mencari tahu info tagihan listrik melalui PLN Mobile atau customer care PLN 123 tanpa harus ke kantor PLN Depok atau kantor cabang PLN di kotamu.

  1. Ubah Daya Listrik

Umumnya masyarakat yang ingin mengubah daya listrik adalah menambah daya menjadi lebih tinggi. Kamu tidak perlu repot-repot pergi ke kantor PLN, cukup telepon nomor customer service PLN. Maka teknisi PLN akan datang ke rumah untuk mengganti daya listrik sesuai keinginanmu.

  1. Migrasi Ke Prabayar

Apakah kamu pernah tiba-tiba mati listrik karena lupa membayar token listrik? Tentu sangat menjengkelkan bukan. Sekarang kamu bisa bermigrasi listrik PLN ke layanan prabayar. Sehingga penggunaan listrik bisa lebih efektif dan efisien sesuai kebutuhan.

Call center PLN hadir dalam beberapa platform komunikasi, salah satunya adalah WhatsApp. Hubungi PLN 123 WhatsApp di nomor 08122 123 123, kamu juga bisa melaporkan keluhan atau komplain ke nomor WhatsApp PLN tersebut dengan mengirim pesan “Hallo”.

Check Also

Bespoke CRM Solutions: The Ultimate Guide for Your Business Needs

🤝 Hello Reader Abbox, Let’s Talk About Bespoke CRM Solutions! 🤝 The world of business …