pexels jeshootscom 442584

Bagaimana Backlink Bisa Meningkatkan Trafik ke Website Kita?

Bagaimana Backlink Bisa Meningkatkan Trafik ke Website Kita?

Ketika membuat sebuah website, biasanya seorang CEO terlalu fokus pada optimalisasi keyword dan berbagai cara SEO (search engine optimization) lainnya dan biasanya mereka mengabaikan pentingnya backlink.

Beberapa pakar industri memperkirakan backlink berkontribusi 80 persen atas peningkatan rangking sebuah website pada search engine. Jadi, backlink sangat berpotensi meningkatkan rangking situs kita.

Apa itu Backlink?

Pengertian paling mendasar dari “link” adalah hubungan antara 2 page dalam sebuah website. Kita pasti mempunyai link internal diantara page berbeda didalam website atau link yang menghubungkan kita ke web lainnya. Link yang ditujukan ke salah satu page dalam website kita datang dari website orang lain disebut backlink.

Mengapa Kita Harus Memperhatikan Backlink?

Dari segi perspektif SEO, link menunjukkan popularitas dari sebuah website. Pada dasarnya, setiap kali sebuah website berhubungan dengan page kita. Itu melambangkan website kita direkomendasikan oleh pembaca di website tersebut. Ketika mesin search engine menemukan website dengan banyak link yang menuju ke website kita maka mereka akan beranggapan website kita menyediakan informasi yang berkualitas sehingga mereka akan memberikan rangking yang tinggi.

Ada beberapa ciri backlink yang mempengaruhi susunan rangking website. Sebagai contoh, sebuah backlink dari situs yang memiliki ranking yang tinggi akan dihitung dengan nilai yang lebih banyak dibandingkan dengan website yang mempunyai ranking rendah. Link yang berasal dari situs yang relevan dengan industri kita juga akan mendapatkan nilai tambah.

Tetapi ketika search engine sudah susah mengakses kualitas setiap situs secara manual. Mereka akan mengandalkan jumlah dari backlink yang mengarah ke website serta kualitas dari link untuk menentukan isi dari sebuah situs.

Bagaimana Cara Membangun Backlink?

Jika kita membuat konten yang menarik, itu mungkin akan menarik link untuk ke situs kita. Tetapi hanya dengan cara tersebut, sangat sulit untuk bersaing di mesin pencari. Kita harus lebih proaktif untuk membangun backlink.

Ingat beberapa kriteria dalam membangun backlink dibawah ini:

  1. Backlink harus datang dari website yang bersangkutan dengan website kita dan harus berkualitas.
  2. Mereka tidak boleh dibayar karena apabila dibayar maka itu merupakan strategi black hat yang akan bernilai buruk dalam penghitungan ranking.
  3. Backlink harus dibangun dengan perlahan – lahan. Jika kita membuatnya terlalu cepat, kita akan terlihat memanipulasi rangking dan akan diberikan penalti oleh mesin pencari.

Untuk menemukan situs yang berpotensi menjadi backlink, pertama lihat website yang berhubungan dengan situs competitor kita. Kita dapat melihat url competitor kita dengan Majestic SEO atau Open Site Explorer. Setelah menemukan situs yang memberikan link back kepada kompetitor kita, temukan bagaimana caranya agar situs tersebut mau memberikan linkback kepada kita juga.

Menggunakan Microdata untuk Bisa Meningkatkan SEO Website

Cara lainnya dengan melacak website yang secara tidak resmi memberikan backlink kepada kita. Seperti contoh situs orang lain yang memberikan link kita sebagai referensi atau mengambil salah satu dari artikel kita tanpa memberikan kontribusi backlink. Dengan melacak nama brand dan keyword lainnya dengan google alert, kita bisa memonitor peluang backlink yang hilang dan menghubungi pemilik situs untuk membenarkan link ke situs kita.

Selain itu terdapat beberapa cara seperti dibawah ini:

  1. Menulis di situs lain. Tawarkan diri untuk menulis di situs lain. Ini akan bisa membantu kita untuk meningkatkan eksposur dan backlink.
  2. Press release Jika kita mempunyai berita yang penting untuk dibagikan, sebuah press release online bisa meningkatkan backlink.
  3. Social networking.

Ketika kita aktif pada situs jejaring sosial, kita tidak hanya membranding diri kita sebagai pakar tetapi kita juga mendapatkan beberapa backlink yang berkualitas.

Meskipun beberapa strategi meningkatkan backlink dapat membantu dalam peningkatan ranking di mesin pencari, kita tetap harus melacak hasil dari setiap teknik SEO yang kita gunakan. Seiring waktu, pembangunan link secara konsisten akan menghasilkan peningkatan ranking dan traffic secara signifikan.

Baca juga: Cara Membuat Backlink Profil Dofollow Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published.