Aplikasi WPS Office
pixabay.com

Aplikasi WPS Office, Ketahui 3 Fitur Canggihnya!

Aplikasi WPS Office merupakan singkatan dari Writer, Presentation, dan Spreadsheets. Aplikasi ini sebelumnya bernama Kingsoft. Salah satu paket sarana kerja perkantoran untuk Microsoft Windows, Linux, iOS, hingga Android OS.

Aplikasi ini secara garis besar sama dengan Microsoft Office. Adanya kemajuan teknologi dengan kelengkapan fitur semacam WPS, membuat kita bisa bekerja dimanapun dan kapan saja. Tentu tidak perlu membawa laptop kemana-mana.

Aplikasi WPS Office
pixabay.com

Ketahui Beberapa Fitur Lengkap Aplikasi WPS Office yang Bisa Anda Gunakan!

Seperti sudah tertera di atas tadi, aplikasi WPS serta Microsoft Office pada dasarnya sama. Hal yang membedakan terletak pada tampilannya. Kemampuan dalam dua aplikasi ini memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda. Untuk mengetahui perbandingan lainnya, bisa simak uraian di bawah ini.

  • Ukurannya lebih kecil, sehingga sistem dapat berjalan secara ringan.
  • Proses start up aplikasi WPS jauh lebih cepat, jika Anda bandingkan dengan Microsoft Office.
  • Memiliki User Interface yang hampir sama, namun WPS tampak lebih sederhana.
  • File WPS Writer akan tersimpan dengan format docx.
  • File WPS Spreadsheet akan tersimpan dengan format xlsx.
  • File WPS Presentation akan tersimpan dengan format pptx.

Apabila Anda ingin mencoba menggunakan aplikasi keren ini, silakan unduh menggunakan smartphone. Aplikasi WPS dapat Anda instal dengan mudah baik melalui Google Play Store maupun Apps Store.

Prosesnya tidak lama, cukup membuka toko aplikasi di ponsel pintar Anda, ketik WPS office pada kolom pencarian dan klik instal. Tunggu beberapa saat, hingga aplikasi terinstal dengan baik dan siap Anda gunakan.

Ini Dia 3 Fitur Canggih yang Tersedia di Aplikasi WPS Office

WPS Office memiliki beberapa versi, 3 fitur yang paling unggul di dalamnya yakni Writer, Spreadsheet, dan Presentation. Fitur tersebut memungkinkan Anda membuat dokumen, laporan keuangan, maupun presentasi dengan lebih praktis. Berikut ulasannya untuk Anda.

WPS Writer

Merupakan alat pengeditan teks dengan format yang dapat menyesuaikan keperluan Anda, untuk membuat dokumen secara maksimal. Fitur ini sudah lengkap dengan ratusan gaya font, warna, kolom, tabel, grafik, format paragraph, puluhan template dokumen, dan masih banyak lagi.

Writer sendiri mendukung format DOC, DOCX, TXT, HTM, DOT, DOTX yang kompatibel dengan Microsoft Word. Ini memungkinkan Anda membuka serta mengedit dokumen dari orang lain, kemudian menyimpannya langsung ke WPS Office. Nantinya, orang lain juga dapat membuka tanpa masalah apa pun.

Terdapat cek ejaan yang dapat menjaga dokumen Anda bebas dari kesalahan. Selain itu, aplikasi WPS Office memberi keleluasaan untuk menyimpan dokumen menjadi PDF.

WPS Spreadsheet

Fitur Spreadsheets di aplikasi WPS Office mendukung format file XLS, XLSX serta CSV. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuka dan mengedit lembar lajur dari orang lain, kemudian menyimpan langsung ke WPS Office.

Spreadsheets memberi keleluasaan untuk mengorganisasi dan menyajikan data. Fitur Ini lengkap dengan tabel, gaya sel bawaan, alat format lanjutan, pembekuan kolom dan baris hingga ratusan font, yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.

Selain itu, terdapat ratusan rumus dan fungsi yang umum digunakan serta terorganisir dalam puluhan kategori. Sehingga Anda akan lebih mudah menganalisa data yang kompleks. Kini, Spreadsheets mendukung 1.048.576 baris dan 16.384 kolom dalam 1 lembar kerja.

WPS Presentation

WPS Presentation mendukung file dengan format PPT serta PPTX. Fitur ini lengkap dengan ratusan font, teks WordArt, gaya slide bawaan, hingga puluhan template siap pakai.

Selain itu, ada pula transisi animasi dan slide tingkat lanjut. Anda bisa memasukkan hampir semua file multimedia, ke dalam lembar kerja presentasi ini. Seperti video, gambar, audio hingga Flash.

Terdapat dukungan desktop yang luas, sehingga ketika terhubung ke monitor TV atau proyektor, jangkauannya bisa Anda sesuaikan. Hal ini memungkinkan pengguna dapat melihat catatan, tulisan, gambar hingga pratinjau slide dengan mudah ketika presentasi.

Keunggulan Aplikasi WPS Office

Setelah mengetahui fungsi WPS Office di atas, Anda juga perlu memahami keunggulan aplikasi ini. Sehingga dapat dengan mudah membandingkan aplikasi WPS Office dengan yang lain. Berikut ringkasan yang bisa Anda pahami.

  1. WPS memiliki bentuk tampilan navigasi serta layout, yang bisa Anda scroll ke bawah maupun ke atas.
  2. Memungkinkan Anda untuk mengubah mode baca seperti flip, dengan gerakan membalik seperti sedang membaca buku.
  3. Aplikasi WPS ini jauh lebih ringan, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai sistem yang lambat.
  4. Tidak memakan banyak ruang internal. Aplikasi WPS Office hanya butuh kurang lebih 350 MB saja di kartu memori.
  5. Memiliki banyak fungsi tombol sejenis dengan Microsoft Office.
  6. Tersedia fasilitas lengkap seperti convert, yang membantu Anda merubahnya ke file apapun seperti PDF.
  7. Memungkinkan Anda memilih font sesuai kebutuhan, karena terdapat ratusan pilihan di dalamnya.
  8. Proses start up dan reader yang jauh lebih cepat.
  9. Memungkinkan Anda terkoneksi dengan cloud. Hal ini membuat semua data terhubung dengan akun Google Drive, sehingga Anda bisa menyimpan file ke dalamnya.
  10. Aplikasi WPS Office ini mempunyai tampilan layar yang dapat Anda perbesar dan perkecil. Dengan tulisan yang bisa Anda wrap. Sehingga tulisan pada lembar kerja, tidak akan terpotong oleh tepi-tepi di layarnya.
  11. Mengingat aplikasi ini bisa Anda install di smartphone, sehingga bisa memudahkan pengguna mengerjakan berbagai keperluan kerja dimanapun dan kapan saja.
  12. Aplikasi ini sangat user friendly. Bahkan pengguna yang masih awam bisa dengan mudah mengenali fiturnya.
  13. Anda bisa mengatur bullet serta memberi format nomor dengan mudah, meskipun melalui perangkat mobile atau HP.

Kekurangan Aplikasi WPS Office

Selain memahami kelebihan yang tertera pada penjelasan di atas, sebaiknya Anda juga mengetahui beberapa kekurangannya. Seperti aplikasi lain, WPS tentu juga memiliki beberapa kekurangan, yang terkadang hal ini menjadi hambatan bagi para pengguna.

  1. Dengan mencermati lebih detail, nantinya bisa membuat Anda lebih teliti dalam melakukan pekerjaan dengan WPS Office. Berikut beberapa kekurangan yang harus Anda ketahui.
  2. Terdapat beberapa hambatan yang pengguna alami saat ingin menampilkan PPT. Hal ini berkaitan dengan kegagalan memproses halaman, tulisan maupun gambar di PPT yang tidak muncul.
  3. Apabila mengalami kegagalan seperti di atas, Anda perlu klik berkali-kali untuk memunculkan satu per satu. Sehingga menjadi kurang fleksibel.
  4. Adanya iklan yang kadang kala mengganggu proses kerja pengguna.
  5. Penyimpanan online seringkali terkendala sinyal.
  6. Pembaruan di aplikasi ini bisa menghilangkan file penting yang tersimpan di dalamnya.
  7. Adanya tombol yang bisa Anda pakai untuk menampilkan keyboard maupun aplikasi lainnya. Namun, hal ini mengharuskan Anda mengetuk-ngetuk layar hingga keyboardnya tampil. Ketukan tersebut seringkali menggeser kursor beralih ke posisi yang tidak seharusnya, sehingga membuat kerusakan pada dokumen yang Anda buat.

Nah, itu tadi penjelasan tentang aplikasi WPS Office, lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya. Semoga informasi ini bisa memberi tambahan referensi yang bermanfaat untuk Anda!

Check Also

Cara Menggunakan Aplikasi Bibit

Ini Dia 8 Cara Menggunakan Aplikasi Bibit untuk Investasi

Cara menggunakan aplikasi Bibit sebenarnya mudah bagi yang sudah mengerti. Namun, bagi yang belum paham …